Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah – Beda negara, beda pula adat atau kebiasaan atau budayanya. Tidak hanya dari segi makan, pakaian, budaya kelulusan setiap negara pun berebeda-beda. Setelah menempuh studi selama 3 tahun lamanya kemudian akan ditentukan oleh waktu yang sangat singkat kini murid-murid harus bertempur dengan mental untuk menunggu saat-saat yang sangat dinantikan adalah pengumuman kelulusan sekolah.

Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah

Berbagai cara dilakukan baik oleh murid-murid yang lulus atau dari pihak sekolahnya sendiri mulai dari syukuran hingga berpesta dengan orang-orang tercinta baik teman sekelas hingga saudara ataupun genk yang sama-sama berjuang dalam menempuh studi selama 3 tahun dan ahirnya lulus bersama. Perasaan yang tak bisa dibendung saking senannya ahirnya bisa keluar dari bangku sekolah, meskipun ada banyak cerita baik sedih atapun senang, dan momen yang tak bisa dilupakan itu semua menjadi sebuah hadiah yang bisa disimpan hingga kapanpun.

Nah, bicara masalah kelulusan sekolah, di setiap negara memiliki keunikan tradisi tersendiri. Tidak hanya Indonesia yang memiliki kebiasaan corat-coret baju atau nyemplung di kolam saat kelulusan tiba, negara lain berikut ini ternyata memiliki budaya unik saat kelulusan tiba untuk mengungkapkan rasa senang atas penyelesaiannya menempuh pendidikan selama 3 tahun lamanya. Negara apa saja yang memiliki keunikan saat kelulusan? mari kita simak bersama.

1. Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah Indonesia

Pengumuman Kelulusan Sekolah - Tradisi Indonesia
Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah – Tradisi Indonesia

Sudah tentu kita semua tahu bahwa tradisi di Indonesia saat pengunuman keluusan sekolah sangatlah unik. Tidak hanya corat-coret yang menjadi kebiasaan pada murid-murid, ada beberapa kegiatan lain yang mereka lakukan seperti konvoi di jalan, berdoa bersama, hingga nyebur ke air. Tradisi yang paling banyak dilakukan ialah corat-coret seragam menggunakan pilox kemudian mereka konvoi di jalan.

Dalam wana-warni yang mereka ciptakan tersemat beragam cerita dan tulisan serta tanda tangan yang mewakili selama tiga tahun lamanya mereka bersama. Kegiatan konvoi di jalan dilakukan menggunakan kendaraan motor hingga mobil milik orang tuanya, kecuali bagi yang sudah miliki mobil sendiri tentu akan sangat bangga bisa memperlihatkan bahwa mereka bisa lulus.

Tidak sedikit dari kegiatan ini menimbulkan konflik yang cukup serius seperti tawuran, karena yang merayakan kelulusan begitu banyak sehingga tidak heran jika hal ini bisa terjadi.

2. Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah di Jepang

Tradisi Kelulusan Sekolah - Jepang
Tradisi Kelulusan Sekolah – Jepang

Jika di Indonesia memiliki tradisi corat-coret seragam sekolah, berbeda halnya dengan di Jepang. Di Negeri Sakura ini memiliki tradisi yang sangat unik dan penuh makna. Para laki-laki di Jepang, saat pengumuman kelulusan sekolah ditandai dengan tradisi melepas kancing baju sebanyak dua kancing teratas dari seragam mereka. Jika sudah dilepas, maka mereka akan memberikannya kepada gadis yang disukainya semasa sekolah.

Mengapa harus mengambil dua kancing teratas? karena dua kancing tersebut lebih dekat dengan hati dan seragam adalah pakaian yang mereka pakai selama tiga tahun lamanya. Jadi, dua kancing tersebut bisa dibilang mewakili perasaan tiga tahun yang sudah mereka emban hingga lulus sekolah. Unik dan romantis kan? kalau kamu pengen seperti itu, sekolah aja di Jepang.

3. Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah di Swedia

Tradisi Kelulusan Sekolah - Swedia
Tradisi Kelulusan Sekolah – Swedia

Jika di Indonesia memiliki tradisi corat-coret dan di Jepang penuh dengan keromantisan, berbeda dengan negara yang satu ini. Sebagai negara yang brwibawa, tradisi kelulusan dilakukan secara formal dan teratur. Perayaan kelulusan tidak hanya melibatkan murid saja melainkan para guru dan orang tua ikut serta dalam kegiatan ini. Para murid mengenakan pakaian formal dan mengenakan topi pelaut putih bernama studentmossa.

Pakaian tersebut sebagai pakaian selebrasi yang nantinya akan berfoto bersama dengan keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan acara keliling kota menggunakan truk dan traktor. Di sepanjang jalan mereka berteriak, menyanyi, menari sebagai ungkapan rasa senang atas kelulusan yang mereka raih. Tak hanya sampai disitu, ratusan orang ikut merayakan momen ini dengan berjalan kaki dan memegang bunga, balon dan juga boneka warna-warni.

4.  Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah di Norwegia

Tradisi Kelulusan Sekolah - Norwegia
Tradisi Kelulusan Sekolah – Norwegia

Masih membahas tradisi unik saat pengumuman kelulusan Sekolah, kini beranjak ke negara yang memiliki pendidikan gratis bagi siapapun dan di level apapun yaitu Norwegia. Para Russ (sebutan bagi siswa SMA tingkat akhir) merayakan kelulusan dengan menggunakan celana panjang dan topi merah dari tanggal 1 Mei hingga 17 Mei yang diperingati sebagai hari konstitusi.

Puncak perayaan Russ inilah terjad pada malam tanggal 16 Mei. Para Russ menyewa mobil atau bis untuk melakukan pesta didalam mobil. Pesta dilakukan dengan meminum alkohol kemudian memutar musik yang keras. Saat esok hari, mereka tanpa mandi dan berganti pakaian kembali membaur bersama masyarakat untuk merayakan hari konstitusi Norwegia.

5. Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah di Argentina

Tradisi Kelulusan Sekolah - Argentina
Tradisi Kelulusan Sekolah – Argentina

Terakhir, kita ke negara kelahirannya Diego Maradona nih yaitu Argentina. Disana juga ternyata memiliki cara berbeda dalam perayaan kelulusan sekolah. Jika di beberapa negara sebuah hadiah seperti bunga, atau hadiah lain sebagai tanda atau ucapan selamat diberikan kepada orang yang mendapatkan kebahagiaan, di Argentina jangan harap semua itu ada. Jadi jika kamu sekolah di Argentina jangan banyak berharap diberi hadiah saat kelulusan tiba.

Tradisi di Argentina justru sebaliknya, perayaan kelulusan ditandai dengan lemparan bahan makanan seperti perayaan ulang tahun di Indonesia. Mereka biasanya menggunakan tepung, susu, mayonaise, telur mentah, dan lain-lain untuk bisa dilempar kepada semua teman. Sebagian orang melihat tragisi ini memang “gila” tapi hingga sekarang belum ada yang mengatakan bahwa tradisi seperti ini baik untuk dilakukan.

Itulah ke-lima negara yang memiliki tradisi unik dan berbeda di setiap perayaan kelulusan Sekolah.

Nah, disamping tradisi kelulusan dari berbagai negara, informasi tambahan yang cukup penting yaitu informasi seputar kost. Untuk adik-adik yang saat ini sedan mencari kost di sekitar kampus bisa lihat link berikut ini. Temukan kost idaman disekitar kampus pilihanmu. Cekidot…

 

5 Negara ini Memiliki Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

5 Negara ini Memiliki Tradisi Unik saat Pengumuman Kelulusan Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 5 =