Jika anda ada di halaman ini, besar kemungkinannya bahwa anda sedang merencanakan, atau mungkin mempertanyakan jurusan yang akan anda pilih atau sudah anda pilih. Tentunya, selain alasan pekerjaan, passion, dan sebagainya, kepribadian juga memegang peranan penting dalam pemilihan jurusan. Bagaimana peran kepribadian dalam pembagian jurusan? Simak beberapa tips memilih jurusan berdasarkan kepribadian berikut ini!

Tips Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian Menggunakan MBTI

Untuk mengetahui jurusan yang tepat, tentunya kita perlu mengetahui tipe kepribadian kita terlebih dahulu, kita dapat menggunakan MBTI. Apa itu MBTI? MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang sudah umum dipakai oleh orang-orang untuk menentukan bidang orang tersebut. MBTI membagi kepribadian kita menjadi 16 jenis dari campuran 8 traits. Traits tersebut di antaranya adalah:

I / E = Introversion / Extraversion

N / S = Intuition / Sensing 

F / T = Feeling / Thinking

P / J = Perception / Judging

Nah, nantinya dari 8 traits itu akan dipilih 4 yang sesuai dengan kita lalu digabung, misal INFP, artinya kamu orangnya (I)ntrovert, (I)ntuitif, (F)eeler, dan (P)erceiving. Muncullah 16 jenis kepribadian, apa kepribadian anda dan bidang yang cocok untuk anda? Simak lagi ulasan di bawah!

ISTJ

\

ISTJ itu orangnya tekun, rajin, dan goal-oriented. Dikenal berpegang teguh pada aturan, oleh karena itu baiknya ISTJ ini berada di jurusan yang menjunjung tinggi kedisiplinan atau berkaitan dengan banyak deadline dan tugas.

Jurusan: Manajemen, Akademi Polisi, Ilmu Hukum Kedokteran, Akuntansi, Sistem informasi

ISFJ

ISFJ hampir sama seperti di atas, namun perbedaannya, ISFJ itu orangnya lebih mementingkan perasaan daripada logika. Jadi pertimbangan keputusannya melibatkan perasaan juga. Akhirnya ISFJ mempunyai sikap ‘care’ kepada orang lain dengan tetap tekun menjalankan tugas.

Jurusan: Arsitek Desain interior, Keperawatan, Sekretariat, Bimbingan konseling, dan Ilmu Perpustakaan

INFJ

Nah, kalau INFJ ini orangnya sangat mengerti orang lain. Pintar juga dalam menganalisa orang lain. Karena itu INFJ cocoknya bekerja menjadi psikolog, konselor, atau guru.

Jurusan: Pendidikan (Guru), Psikologi, Kedokteran, dan Bimbingan Konseling.

INTJ

INTJ merupakan seorang pemikir sejati. Konsep-konsepnya biasanya di luar kepala orang-orang biasa, cocok menjadi inovator, peneliti, dan banyak pekerjaan yang menggunakan analisa logika dan pemikiran.

Jurusan: Ilmu Eksak (Matematika, Fisika, dsb.), Arsitektur, Teknik, dan Statistika.

ISTP

ISTP itu orangnya pragmatis, suka hal-hal yang bisa dipraktekan dan tidak menyukai pelajaran teori. Oleh karena itu cocoknya menjadi teknisi, insinyur, dan atlet olahraga.

Jurusan: Kriminologi, Teknik informatika, Teknik, Akademi Pilot, dan Ilmu Olahraga

ISFP

Kalau ISFP ini orangnya sangat menyukai seni, dari aktor, desain grafis, sampai dengan penyanyi cocok deh. Pokoknya pekerjaan yang hanya bisa dinilai secara subjektif cocok untuk ISFP.

Jurusan: Desain, Seni Rupa, Psikolog, Bimbingan Konseling, Guru, Artis

INFP

INFP ini orangnya cenderung perfeksionis, selain itu INFP juga memiliki idealisme yang tinggi. Tidak heran banyak INFP yang menjadi penulis, sastrawan, dan tokoh pendidikan.

Jurusan: Jurnalistik, Sastra, Pendidikan, Seni rupa, dan Agama.

INTP

INTP ini orangnya sangat mendewakan logika dan algoritma! Sangat cocok sekali bermain dengan ilmu eksak, bilangan biner, programming. Pokoknya semua yang berkaitan dengan logika.

Jurusan: Ilmu eksak, Informatika, Ilmu Komputer, Jurnalistik, dan Teknik.

ESTP

Kalau orang ini sifatnya terkesan spontan dan berani mengambil risiko. Oleh karena itu, ia cocok menjadi entrepreneur atau sales dan marketing.

Jurusan: Marketing, Bisnis, dan Ilmu Ekonomi.

ESFP

ESFP ini enak dan asik diajak bergaul dan suka hangout. Cocok deh kalau bekerja di bagian tour guide, perhotelan, atau bahkan menjadi aktor.

Jurusan: Perhotelan, Pariwisata, Aktor, dan Desain.

ENFP

Inilah juara dari semuanya dalam berkomunikasi dan menempatkan diri. Orang-orang ENFP ini cocok dalam pekerjaan yang berkaitan dengan diplomasi atau komu

Jurusan: Ilmu komunikasi, Psikolog, Pendidikan, Hubungan Internasional, Jurnalistik, dan Hubungan Masyarakat.

ENTP

Yang satu ini paling jago dalam masalah debat, dia cocok deh kalau meyakinkan orang tentang hal yang ia yakini benar. Makannya orang ini cocok jadi pengacara atau marketing

Jurusan: Ilmu Hukum, Marketing, Konsultan.

ESTJ

ESTJ ini terkenal konservatif dan sangat disiplin dengan segala hal. Cocok kalau ditempatkan di tempat yang membutuhkan kedisiplinan atau ketelitian yang tinggi.

Jurusan: Akademi Militer, Akademi Polisi, Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi

ESFJ

ESFJ ini orangnya rajin dan care dengan orang lain, memiliki ketekunan yang hampir setara dengan ESTJ, namun lebih ramah kepada orang lain. Sangat cocok dalam bidang finance atau keperawatan.

Jurusan: Finance, Keperawatan, Bimbingan Konseling, dan Kesekretariatan.

ENFJ

ENFJ ini orangnya meyakinkan, mudah bergaul serta selalu dapat memenuhi target dengan baik. Selain itu ENFJ itu tipe orangnya menyukai kritik yang konstruktif, jadi bekerja dengan dia pasti enak. Cocok di bidang komunikasi atau yang membutuhkan skill active listening.

Jurusan: Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Marketing, dan Event organizer.

ENTJ

Tips Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

Nah, orang yang satu ini dijuluki ‘komandan’. Sifatnya keras dan sangat rasional, sangat ambisius untuk mencapai hasil yang terbaik. Cocok menjadi pemimpin perusahaan besar atau memimpin proyek besar. Hitler, Steve Jobs, dan Soeharto merupakan beberapa contoh orang dengan tipe ENTJ.

Jurusan: Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Bisnis.

|| Baca juga : 8 jurusan paling banyak diminati di indonesia ||

Tips Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Tips Memilih Jurusan Berdasarkan Kepribadian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − nine =