Sebagai mahasiswa, kita memiliki pengaturan waktu yang berbeda dibanding SMA. Ya, kita memiliki kebebasan waktu. Jika saat SMA semua kegiatan sudah terjadwal, di kuliah kita dapat menentukan sendiri akan menyibukan waktu kita dengan hal apapun, baik kuliah, organisasi, atau mungkin kerja part time. Namun, dengan kebebasan tersebut, terkadang kita menjadi sulit dalam manajemen / mengatur waktu. Nah, Mamikos akan membantu kamu nih dengan membagikan tips manajemen waktu untuk mahasiswa baru. Check this out!

1. Tentukan prioritasmu

Tips manajemen waktu untuk mahasiswa

Di tahun pertama masuk, anda harus segera menentukan prioritasmu, apakah kuliah? Organisasi? Atau pekerjaan? Jika sudah menentukan mana prioritas yang paling tinggi, dari sana anda bisa menentukan mana aktivitas yang tidak bisa diganggu gugat dan juga aktivitas yang dapat ditunda jika ada sesuatu terjadi. Ingat, pikirkan baik-baik prioritasmu, biasanya mahasiswa berkutat di tiga hal ini, antara kuliah, organisasi, atau bisnis / pekerjaaannya. Pilihlah satu / dua yang menurutmu paling penting.

2. Buatlah to-do-list

Setelah menentukan prioritas, buatlah to-do-list yang selalu kamu update secara berkala. Setiap ada agenda, tuliskanlah di to-do-list tersebut. To-do-list bisa berupa software dalam gadget ataupun buku agenda. Terserah anda mau menggunakan yang mana, karena masing-masing jenis mengandung kelebihan dan kekurangan. Contohnya, jika anda memilih to-do-list di software, kelebihannya anda akan mudah membawa ke mana-mana, namun akan hilang ketika baterai habis, sebaliknya untuk buku agenda yang ukurannya cukup besar dibandingkan gadget anda.

3. Gunakan aplikasi untuk mempermudah

Terdapat banyak sekali aplikasi untuk mempermudah kamu me-manage jadwal sebagai mahasiswa. Aplikasi yang penulis sarankan adalah Google Calendar atau To-do-ist. Selain ringan, namun juga dapat disinkronisasi dengan laptop, komputer, tablet, dan hp. Jadi semua gadget anda akan menyinkronkan jadwal anda. Tentu masih banyak lagi aplikasi bagus di luar sana yang dapat anda coba selain kedua aplikasi tersebut.

4. Singkirkan semua distraksi

Ingat, untuk dapat manajemen waktu dengan efektif, selalu singkirkan distraksi saat jadwal anda berlangsung. Contohnya, ketika sudah waktunya belajar, jangan menggunakan hp anda, alangkah baiknya untuk mematikan hp anda untuk sementara waktu agar jadwal anda terpakai dengan efektif dan efisien.

5. Jalankan aktivitas dengan semangat!

Terakhir, selalu jalankan aktivitas dengan semangat! Ingat, menjadi mahasiswa bukan saatnya untuk malas-malasan, disiplinlah dengan jadwal anda maka tujuan anda pun akan tercapai. Selamat menjalankan tips manajemen waktunya ya! (Tips manajemen waktu untuk mahasiswa baru)

Kategori: tips manajemen waktu untuk mahasiswa

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost BandungDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877 38 72 4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

 

Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + sixteen =