Saat kuliah, pasti kita pernah bertemu dengan mata kuliah atau dosen yang membosankan. Tidak jarang hal tersebut membuat mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut mengantuk. Mengantuk, selain membuat konsentrasi kita menurun, namun juga berpotensi dimarahi oleh dosen yang bersangkutan. Nah, lalu bagaimana Tips ampuh agar tidak mengantuk saat kuliah? Berikut Mamikos berikan tips-tipsnya!

Aktif bertanya di kelas

Aktif di kelas akan membuat ngantuk anda berkurang karena anda menjadi engage dengan aktivitas kelas. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah selalu bertanya pertanyaan yang bagus. Bagus di sini maksudnya jangan tanyakan pertanyaan yang tidak relevan atau yang jawabannya sudah dibahas berkali-kali oleh dosen. Kuncinya adalah dengan memerhatikan pelajaran saat kuliah.

Ambil kursi paling depan

Cara agar tidak mengantuk di kelas

Ketika mengambil kursi paling depan, anda akan dipaksa agar tidak mengantuk dan memperhatikan. Kenapa? Sebab jika anda tidur pun pasti akan terlihat dan dimarahi oleh dosen, selain itu biasanya dosen akan lebih memperhatikan dan bertanya kepada mahasiswa yang duduk di depan

Makan permen

Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk saat Kuliah

Ini trik klasik. Bawalah permen kopi atau mint ke dalam kelas agar rasa ngantuk anda menghilang. Namun trik ini ada kelemahannya, terutama jika dosen tidak mengizinkan mahasiswa makan di dalam kelas. Jika begitu, coba pertimbangkan cara lain untuk mengurangi rasa kantukmu di kelas. Meskipun biasanya dosen akan mengerti jika anda mengantuk dan memakan permen dalam kelas, asal jangan makan permen karet karena itu sangat menarik perhatian dosen.

Pergi ke toilet

cara agar tidak mengantuk saat kuliah

Salah satu tips ampuh agar tidak mengantuk saat kuliah adalah dengan mencuci muka. Izin kepada dosen untuk mencuci muka lebih baik daripada tertidur di dalam kelas. Biasanya, beberapa dosen pun akan menyuruh anda untuk ke toilet jika anda kepergok tidur dalam kelas. Bawalah sapu tangan atau tisu saku untuk mengelap wajah anda sehabis dari kamar mandi. Anda tidak ingin kan datang ke kelas kembali dengan basah kuyup?

Mengatur jadwal tidur

Kadang ada waktu di mana kuliah tidak membosankan, namun kita mengantuk karena tidur kita tidak cukup. Mungkin semalam ada pertandingan bola el classico atau anda mesti begadang mengerjakan tugas. Nah, usahakan untuk memiliki dan melaksanakan jadwal tidur dengan baik dan mengurangi begadang. Lebih baik mencicil mengerjakan tugas dan menunda menonton bola daripada harus dimarahi dosen karena tertidur di kelas, kan? :)) Namun, jika memang anda sangat terpaksa begadang, anda harus membayar hutang tidur anda segera! Jangan ditunda karena ngantuk bisa jadi merepotkan anda dalam melaksanakan aktivitas.

Kategori: Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk saat Kuliah

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost BandungDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877 38 72 4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

Tips Ampuh Agar Tidak Mengantuk saat Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =