Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau lebih dikenal dengan singkatan SBMPTN merupakan salah satu metode penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN dengan menggunakan ujian tertulis yang dilakukan serentak seluruh Indonesia. Bagi para calon mahasiswa yang ingin masuk ke PTN favorit yang diinginkan, ini merupakan sebuah kesempatan emas yang bisa sangat langka, karena seleksi SBMPTN ini hanya dilakukan sekali dalam setahun.

Pembahasan soal SBMPTN
Pembahasan soal SBMPTN

Soal SBMPTN dari tahun ketahun mengalami perubahan, termasuk soal SBMPTN tahun 2016 kemarin. Perubahan ini sampai membuat para calon mahasiswa sampai geleng-geleng karena soal yang diberikan semakin sulit. Perubahan ini memang tujuannya agar siswa yang lolos SBMPTN adalah mereka yang benar-benar bibit unggul dari seluruh siswa lulusan SLTA sederajat.

Dari total 721.326 peserta yang mengikuti SBMPTN tahun 2016 kemarin, hanya 126.804 peserta yang dinyatakan lolos atau sekitar 17,5% dari keseluruhan. Sehingga ada 594.522  peserta yang tidak diterima di PTN pilihan mereka. Artinya ada 592.522 peserta yang tidak bisa diterima di PTN pilihan mereka. Ujung-ujungnya jika tidak masuk ke Perguruan Tinggi Swasta mereka akan menunggu SBMPTN tahun depannya, tetapi untuk menunggu tahun depannya termasuk kurang efektif karena anda akan menganggur selama 1 tahun hanya untuk menunggu seleksi  SBMPTN lagi.

Nah agar anda tidak termasuk kedalam 592.522 peserta yang tidak lolos SBMPTN, anda harus mempersiapkan matang-matang sejak awal. Belajar menguasai materi SBMPTN tidak bisa dilakukan secara sistem kejar semalam, anda harus belajar tersus-menerus bila perlu diulang-ulang sampai anda memahaminya.  Memang banyak hal yang harus anda pelajari dan kuasai karena saingan yang akan anda hadapi adalah semua lulusan-lulusan SLTA sederajat terbaik yang ada di Indonesia.

Cara lolos SNMPTN 2017 - peluang lolos SBMPTN tinggi
Cara lolos SNMPTN 2017

Bagi anda yang sekarang akan menghadapi selekse SBPTN pastinya penasaran sebenarnya seperti apa tipe soal SBMPTN 2016 kemarin. Nah pada kesempatan kali ini Mami akan memberikan contoh-contoh soal SBMPTN yang bisa anda download mulai dari soal Tes Kemampuan dan Potensi Akademin SBMPTN,  Tes Kompetensi Dasar SAINTEK serta Tes Kompetensi Dasar SOSHUM.

TKPA SBMPTN

Soal SBMPTN TPA 2016

Soal SBMPTN Matematika Dasar (MatDas) 2016

Soal SBMPTN Bahasa Inggris 2016

Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2016

TKD SAINTEK SBMPTN

Soal SBMPTN Matematika IPA 2016

Soal SBMPTN Fisika 2016

Soal SBMPTN Biologi 2016

Soal SBMPTN Kimia 2016

TKD SOSHUM SBMPTN

Soal SBMPTN Sejarah 2016

Soal SBMPTN Sosiologi 2016

Soal SBMPTN Geografi 2016

Soal SBMPTN Ekonomi 2016

Belajar dengan soal SBMPTN tahun sebelumnya adalah langkah awal yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan gambaran tentang soal SBMPTN yang akan dikerjakan nantinya. Memang soalnya nanti akan ada beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya tetapi memang tidak banyak perbedaanya.

Baca juga : Kumpulan Latihan Soal SBMPTN 2017

Soal SBMPTN ini harus kamu kuasai supaya peluang lolos SBMPTN tinggi

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Soal SBMPTN ini harus kamu kuasai supaya peluang lolos SBMPTN tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =