Beberapa orang, bahkan termasuk orang tua terkadang meragukan pilihan anaknya yang berkuliah di jurusan sastra, karena dianggap akan sulit mendapatkan kerja. Namun sebetulnya, jurusan sastra, terutama sastra inggris memiliki peluang yang cukup besar dalam pekerjaan. Pertanyaan yang sering diajukan orang-orang adalah, “memangnya lulusan sastra inggris kerja di mana?”. Well, Mamikos akan menjawabnya sekarang! Berikut peluang kerja bagi jurusan Sastra Inggris.

Sastra Inggris Kerja di Mana?

1. Bidang Jurnalisme (Reporter, Editor, Wartawan, dan sebagainya)

Sastra inggris kerja di mana

Biasana lulusan sastra inggris akan bekerja di bidang Jurnalisme, tentunya yang berbahasa Inggris. Apalagi, di zaman Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini di mana peluang kerja ke luar negeri sudah sangat amat mudah. Sudah pasti jurnalis dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni akan banyak dicari, sebab bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dipakai oleh hampir semua negara di dunia.

2. Public Relations (Humas)

 

Jika anda adalah mahasiswa sastra Inggris dan menargetkan ingin bekerja di perusahaan, biasanya anda akan ditempatkan di bagian public relations. Tugasnya adalah untuk menjalin relasi dengan perusahaan lain. Untuk lulusan sastra inggris, sudah pasti akan berurusan dengan klien atau perusahaan asing yang menggunakan bahasa Inggris juga. Jelas ini merupakan sebuah keunggulan bagi jurusan sastra Inggris. Gajinya pun tidak sedikit lho. Dan bisa jadi anda akan banyak jalan-jalan dan meeting di tempat-tempat keren.

3. Periklanan

Saat kuliah, mahasiswa sastra Inggris biasanya akan belajar copywriting serta menulis untuk periklanan. Bagi anda yang mungkin berkuliah di jurusan sastra inggris dan ingin merambah ke dunia periklanan dan marketing, anda tetap bisa melakukannya. Terutama untuk perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan pencitraan yang baik dalam bentuk bahasa Inggris.

4. Penerjemah & Interpreter

Masih bertanya sastra inggris kerja di mana? Sekali lagi, di zaman MEA ini penerjemah ataupun interpreter banyak dibutuhkan. Baik di kalangan akademisi yang ingin menerjemahkan penelitiannya menjadi bahasa Inggris ataupun interpreter untuk pejabat-pejabat seperti walikota, gubernur, atua bahkan presiden saat berdiplomasi dengan orang luar yang tidak berbahasa Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris.

5. Pendidikan

Anda bisa menjadi seorang guru bahasa Inggris di berbagai institusi pendidikan seperti SD, SMP, ataupun SMA. Cocok untuk anda yang memang ingin kerja santai sambil mengurus anak atau hal lain. Anda bisa juga menjadi freelancer, tutor privat, ataupun guru les.

|| Baca : Download Soal CPNS

6. Pariwisata

Di bidang pariwisata, anda bisa menjadi tour guide orang-orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia. Anda sangat dibutuhkan karena secara umu, turis luar negeri akan menggunakan bahasa Internasional, yakni bahasa Inggris. Tentunya anda harus fasih berbahasa Inggris baik secara oral maupun tertulis, namun bukankah kemampuan tersebut sudah pasti dimiliki mahasiswa lulusan sastra inggris? 🙂

Tuh kan, siapa bilang peluang kerja jurusan sastra inggris hanya sedikit?

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost BandungDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

 

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

Lulusan Sastra Inggris Nanti Kerja di Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 17 =