Pada umumnya, saat kita masuk dan berkuliah di jurusan manajemen, kita akan dihadapkan ke pemilihan peminatan. Ilmu manajemen sangat luas cakupannya. Oleh karena itulah diadakan beberapa peminatan secara fungsional untuk posisi kerja nanti. Apa saja prospek kerja jurusan manajemen? Berikut Mamikos sajikan kepada anda prospek kerja secara umum di jurusan Manajemen. Namun perlu diketahui bahwa peminatan di setiap universitas berbeda-beda, oleh karena itu mungkin saja terjadi perbedaan antara list prospek kerja Mamikos dengan beberapa universitas. Check this out!

10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen:

1. Akuntan

Peminatan saat kuliah di jurusan manajemen

Jika anda termasuk orang yang teliti dan suka mengatur uang, tidak ada salahnya untuk menjadi akuntan setelah lulus dari jurusan manajemen. Biasanya yang menjadi akuntan adalah mahasiswa yang mengambil peminatan manajemen keuangan. Namun, meskipun begitu, karir ini banyak pesaingnya, terutama dari jurusan Akuntansi. Namun, jika anda memiliki kapabilitas yang cukup, pasti anda akan diterima bekerja sebagai akuntan.

2. Konsultan Bisnis

Banyak mahasiswa jurusan manajemen yang setelah lulus bekerja sebagai konsultan bisnis. Ada juga yang ke luar negeri dan melamar perusahaan multinasional. Gajinya bervariasi, tergantung perusahaan. Jika anda beruntung diterima di perusahaan besar, maka gajinya pun biasanya relatif besar juga, sebaliknya jika anda melamar ke startup atau perusahaan yang tidak terlalu besar.

3. Marketing

Konsenstrasi manajemen pemasaran sesuai namanya terletak pada marketing. Bagaimana mengelola pemasaran produk, periklanan, target pasar, dan sebagainya. Intinya, anda akan dilatih menjadi seorang marketer perusahaan agar orang-orang dapat membeli produk perusahaan anda.

4. Finance

Finance mirip dengan akuntan, karena sama-sama mengatur uang. Namun, pekerjaan yang dilakukannya berbeda. Finance fokus di mendapatkan dan menerima uang, sedangkan akuntansi lebih ke pencatatan dan pengelompokan segala transaksi yang dilakukan oleh finance. Finance biasanya memang satu departemen dengan akuntansi.

|| Baca : Contoh Soal Psikotes Umum

5. Recruiter

Jika anda mengambil konsentrasi manajemen SDM, maka recruiter juga termasuk salah satu prospek kerja jurusan manajemen / pekerjaan yang bisa anda ambil. Meskipun begitu, kadang kita harus bersaing dengan sarjana Psikologi dalam bidang ini

6. Human Resources

Konsentrasi manajemen SDM sesuai dengan namanya akan berurusan dengan sumber daya manusia dan bagaimana cara menjadikan sumber daya manusia di sebuah perusahaan menjadi efektif dan efisien, serta bekerja secara optimal. Meningkatkan kebahagiaan karyawan, kapasitas karyawan, penghubung antara karyawan dan pihak atas, dan sebagainya. Intinya, konsentrasi manajemen SDM ini tidak akan jauh dari mengurus dan mengefektifkan sumber daya manusia di sebuah organisasi / perusahaan.

7. Operasi

Konsentrasi manajemen operasi biasanya terkait dengan terjadinya proses produksi. Yakni pembuatan produk atau pelaksanaan jasa dalam suatu perusahaan. Anda akan belajar bagaimana cara agar operasi yang dilakukan perusahaan terkait sebuah jasa atau produk menjadi efektif, efisien, dan optimal. Jadi faktor produksi yang ada tidak akan terbuang sia-sia.

8. Konsultan Perbankan

Konsultan perbankan berkaitan dengan segala hal tentang perbankan. Jika konsultan bisnis biasanya menangani bisnis secara umum, konsultan perbankan dikhususkan bekerja dengan bank.

9. Front Officer Bank

Kalau konsultan tadi termasuk back-officer, jurusan manajemen juga bisa mendaftar di bagian front-officer seperti teller dan customer service. Ini juga cocok untuk lulusan manajemen, namun biasanya, jurusan lain juga berminat dalam menjadi front officer.

10. Entrepreneur

Nah, di urutan terakhir adalah bekerja sebagai entrepreneur. Ya, membuat bisnis sendiri. Pada saat kuliah, memang jurusan manajemen dilatih untuk memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi. Jika anda adalah orang yang tidak suka bekerja sebagai karyawan, maka jadilah entrepreneur dan memulai bisnis sendiri dari awal.

Begitulah beberapa prospek kerja jurusan manajemen. Jadi, sudah tahu mau pilih yang mana?

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost BandungDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877 38 72 4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =