Mengetahui profil dan biaya kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau ISI Yogyakarta untuk tahun ajaran 2017/2018 ini tentunya penting bagi siswa yang besok pengen kuliah di jurusan seni. Entah itu seni musik, seni tari, atau jenis kesenian yang lainnya, ISI bisa jadi kampus yang tepat untukmu. ISI Yogyakarta memang sudah terkenal sebagai salah satu universitas negeri yang menyediakan tempat belajar bagi mahasiswa yang ingin menimba ilmu di bidang kesenian. Kalau kamu pengen besok kuliah di ISI Yogyakarta setelah lulus SMA/SMK, simak dulu nih info tentang profil dan biaya kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta di bawah ini.

  1. Sejarah ISI Yogyakarta

Sebelum ISI berdiri, dulu di Indonesia banyak sekali kampus-kampus seni yang menjadi tempat bagi orang-orang untuk mempelajari berbagai macam kesenian mulai dari seni tari hingga seni lukis. Namun, atas usulan dari pemerintah dan juga dorongan dari masyarakat untuk meleburkan kampus-kampus seni tersebut menjadi satu, maka lahirlah ISI Yogyakarta pada tanggal 30 Mei 1984. ISI Yogyakarta ini merupakan leburan dari tiga kampus seni yaitu Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), dan Akademi Musik Indonesia (AMI). ISI Yogyakarta sendiri kemudian diberi status sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) oleh pemerintah dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu yaitu Prof. Dr. Nugroho Notosusanto.

 

  1. Visi, Misi, dan Tujuan ISI Yogyakarta

Visi dari kampus ISI Yogyakarta ini adalah menjadi perguruan tinggi seni yang mempelopori pendidikan seni yang kreatif, unggul, dan inovatif berdasarkan Pancasila. Untuk misi ISI Yogyakarta, kampus yang gedung utamanya terletak di Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul ini memiliki misi untuk selalu menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat terkait kesenian dan bidang seni. ISI Yogyakarta juga memiliki tujuan untuk selalu mencetak sarjana-sarjana seni dan seniman-seniman yang kompeten di bidangnya dan memiliki integritas tinggi.

  1. Jenjang Pendidikan di ISI Yogyakarta

ISI Yogyakarta membuka program studi untuk jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3. Untuk jenjang S2 dan S3 (pasca sarjana), ISI Yogyakarta memiliki gedung kampus tersendiri yang terletak di Jl. Suryodiningratan Yogyakarta sedangkan gedung kampus di Jl. Parangtritis khusus untuk mahasiswa D3, D4, dan S1.

  1. Program Studi yang Diselenggarakan ISI Yogyakarta

ISI Yogyakarta memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, dan Fakultas Seni Media Rekam. Berikut adalah informasi tentang ketiga fakultas tersebut dan program studi-program studi di dalamnya.

  • Fakultas Seni Rupa

Karena ISI Yogyakarta dulunya adalah gabungan dari 3 kampus seni yang salah satunya adalah kampus ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia), maka kini ISI Yogya juga memiliki Fakultas Seni Rupa (FSR). Di Fakultas Seni Rupa ada 4 jurusan yaitu Jurusan Seni Murni, Jurusan Seni Kriya, Jurusan Tata Kelola Seni, dan Jurusan Desain. Berikut daftar program studinya dan juga perkiraan prospek pekerjaannya setelah lulus.

|| Baca : 5 Alasan Kenapa Harus Jadi Mahasiswa Ambisius

Program Studi Jurusan Prospek Pekerjaan
Seni Rupa Murni (S1) Seni Murni Pelukis, Peneliti Seni, Kurator Seni, Kritikus di bidang Seni Rupa Murni, Pegrafis, Perupa Intermedia
Desain Interior (S1) Desain Desainer Interior
Desain Produk (S1) Desain Desainer produk, Creator of needs
Desain Komunikasi Visual Desain Desainer Komunikasi Visual
Batik dan Fashion (D3) Kriya Perancang Batik dan Busana
Kriya (S1) Kriya Kriyawan, Instruktur Kriya, Konsultan Kriya, Desainer Kriya, Peneliti Kriya
Tata Kelola Seni (S1) Tata Kelola Seni Manajer Seni, Kurator Seni di bidang Seni Media Rekam, Seni Rupa, dan Seni Pertunjukan.
  • Fakultas Seni Pertujukan

Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) adalah fakultas dengan jurusan dan program studi terbanyak di ISI Yogyakarta. Berikut daftar program studinya dan juga perkiraan prospek pekerjaannya setelah lulus.

Program Studi Jurusan Prospek Pekerjaan
Seni Musik (S1) Musik Musikolog, Pengkaji Musik
Etnomusikologi (S1) Etnomusikologi Komposer dan Peneliti Musik Etnik
Penciptaan Musik (S1) Penciptaan Musik Komposer, Kritikus Musik, Pengaransemen Musik, Ilustrator Musik untuk Film dan Iklan.
Pendidikan Musik (S1) Pendidikan Musik Pengajar Musik, Perancang Kurikulum Musik.
Seni Teater (S1) Teater Sutradara, Penata Sanggar Seni, Penulis Naskah, Pemeran, Dramaturg
Seni Tari (S1) Tari Penari, Peneliti Tari, Koreografer
Seni Karawitan (S1) Karawitan Komposer Karawitan, Peneliti Karawitan, Pengrawit
Seni Pedalangan (S1) Pedalangan Dalang, Peneliti Pedalangan
Sendratasik (S1) Sendratasik Instrutur atau Pelatih Seni Drama, Tari, Musik, Pengelola Sanggar Seni.
Penyajian Musik (D4) Penyajian Musik Pemain Musik, Pelatih Vokal, Pelatih Instrumen Musik, Pengaransemen Musik, Penyanyi
  • Fakultas Seni Media Rekam

Di era modern seperti ini, ISI Yogyakarta juga memberikan kesempatan pada mereka yang ingin memadukan kualitas intelektual dan kepekaan estetik dengan kecanggihan teknologi. Di Fakultas Seni Media Rekam ini, terdapat dua jurusan yaitu Jurusan Fotografi dan Jurusan Televisi. Berikut daftar program studinya dan juga perkiraan prospek pekerjaannya setelah lulus.

Program Studi Jurusan Prospek Pekerjaan
Fotografi (S1) Fotografi Fotografer Dalam Bidang Komersial, Fotografer Dalam Bidang Jurnalistik, Fotografer Dalam Bidang Seni (Ekspresi), Penyelia Foto, Wirausaha Fotografi, Peneliti Foto
Televisi dan Film (S1) Televisi Produser Film dan Televisi, Sutradara Film dan Televisi, Penulis Skenario Film, Penulis Naskah Film, Sinematografer, Videografer, Penata Artistik Film dan Televisi, Penata Suara, Penyuting Gambar
Animasi (D3) Televisi Desainer Animasi Game, Desainer Film Animasi
  1. Biaya Kuliah di ISI Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Di artikel ini, kamu bisa tau tentang profil dan biaya kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kamu sudah tau tentang profil ISI, sekarang saatnya kamu baca tentang berapa biaya kuliah yang harus kamu keluarkan seandainya kamu kuliah di ISI. Karena ISI Yogyakarta termasuk kampus negeri, sistem uang kuliah menggunakan sistem UKT atau uang kuliah tunggal. Biaya yang wajib dibayarkan oleh mahasiswa yang kuliah di ISI Yogyakarta berkisar antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 3.500.000,-. ISI Yogyakarta juga membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing yang ingin mempelajari kesenian Indonesia. Untuk mahasiswa asing, biaya pendidikan yang harus dibayarkan adalah Rp 8.000.000,- per semesternya. Untuk lebih jelasnya simak tabel di bawah ini.

  1. Beasiswa di ISI Yogyakarta

Bagi mahasiswa yang berprestasi maupun kurang mampu dalam hal finansial, ISI memiliki banyak program beasiswa untuk meringankan beban biaya pendidikan. Beberapa contoh beasiswa yang ada di ISI Yogyakarta antara lain adalah: Beasiswa Pemprov DIY, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Pemprov Kaltim, Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Pemprov DKI, Beasiswa Supersemar, Beasiswa BNI, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan profil dan biaya kuliah Institut Seni Indonesia Yogyakarta? Untuk kamu yang memang punya passion di bidang seni dan ingin kuliah di bidang seni, ISI ini adalah kampus yang rasa-rasanya paling cocok untukmu.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 29,470 times, 1,245 visits today)
Profil dan Biaya Kuliah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta TA 2017/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *