Bisnis properti kost- kostan merupakan salah satu peluang usaha yang dapat kita maksimalkan guna mendapatkan passive income. Untuk saat ini usaha di bidang kost-kostan kian menjamur, khususnya di lokasi yang berdekatan dengan kampus, sekolah, ataupun tempat kerja dan perkantoran usaha yang kini sangat banyak di temukan. Namun menjalankan usaha kost tentu tidak mudah. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kost cukup besar, sehingga dibutuhkan kehati-hatian sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam bisnis kost. Bagi anda yang ingin memulai bisnis kost atau ingin menambah property kost dengan beli rumah kost baru, Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost berikut ini :

1. Pendanaan

Pendanaan- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis kost adalah dana atau modal untuk beli rumah kost. Ada beragam cara untuk mendapatkan dana, bisa dari tabungan pribadi, pinjaman dari keluarga dan relasi, namun yang paling umum adalah dengan meminjam dana dari bank. Saat ini sangat banyak bank yang menawarkan kredit investasi atau kredit pemilikan rumah dengan jangka waktu yang cukup panjang dan suku bunga yang kompetitif.

2. Lokasi

Lokasi- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Salah satu faktor kunci paling penting ketika memilih untuk beli rumah kost- kostan adalah lokasi. Kata kunci ini begitu penting karena lokasi rumah akan menentukan sukses atau tidaknya usaha anda. Sebaiknya beli rumah kost di lokasi yang pemintanya memang tinggi seperti di area kampus, sekolah, tempat kerja, perkantoran dan sebagainya, sebaliknya hindari membeli rumah kost yang lokasinya terlalu jauh dan sulit di akses. Semakin dekat lokasi kost dengan kampus atau perkantoran, semakin tinggi pula tarif kost tersebut.

3. Target Konsumen

Sebelum memutuskan untuk beli rumah kost, penting untuk mengetahui target konsumen. Hal ini berguna untuk menganalisa potensi pendapatan, dan kelancaran usaha kost- kostan anda.

4. Kondisi Bangunan

Kondisi Bangunan- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Point yang satu ini penting untuk anda perhatikan, sebelum beli rumah kost, perhatikan terlebih dahulu kondisi bangunan, apakah bebas banjir, dan tidak banyak kerusakan. Bangunan tua yang sudah lebih dari 20 tahun biasanya akan menimbulkan banyak pengeluaran untuk biaya perawatan dan renovasi. Untuk itu sebaiknya pilihlah rumah kost yang kondisi bangunannya masih oke, dan tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk perawatan.

5. Air

Air- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Air adalah sumber kehidupan. Walaupun lokasi rumah kost di lingkungan elit tapi sumber airnya kotor, berwarna atau berbau sedangkan jaringan PDAM kita belum ada, tentu sangat merepotkan. Untuk memasak, minum,, mencuci, mandi dan lain-lain kita terpaksa harus membeli air. Serasa hidup di Gurun bukan? Perlu dicek apakah sumber aliran air lancar atau tidak. Selain itu air yang berasal dari sumur sendiri akan lebih menghemat pengeluaran daripada air yang berasal dari PDAM.

6. Harga

Beli rumah kost-kostan merupakan salah satu investasi yang berpotensi bersar menghasilkan passive income setiap bulannya secara terus-menerus, namun sebelum memutuskan untuk investasi sebaiknaya petimbangkan terlebih dahulu besar biaya yang anda kelauarkan untuk membeli rumah kost tersebut dengan potensi penghasilan dan ROI (Return Of Investment) yang akan anda dapatkan.

7. Cashflow positif

Cashflow positif- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Dan menurut saya hal paling utama yang harus  kita perhatikan ketika memutuskan untuk beli rumah usaha kost-kostan adalah adanya cashflow postitif. Caschflow positif adalah penghasilan yang lebih besar jika di banding dengan pengeluaran setiap bulan. Sebagai contoh jika penghasilan (income) dari rumah kost anda lebih besar setelah di potong pengeluaran (expenses) seperti pembayaran KPR, biaya air listrik dan perawatan setiap bulannya maka rumah kost tersebut layak anda pertimbangkan untuk di beli. Lebih lanjut juga cashflow positif juga harus sebanding dengan besar uang yang anda kelaurkan untuk mempercepat pengembalian modal awal atau ROI.

8. Jumlah Kamar Mandi

Ketersediaan kamar mandi sangat penting bagi penghuni kost. Jangan sampai Anda menerima komplain karena jumlah kamar mandi yang sangat sedikit. Pertimbangkan jumlah kamar mandi dan potensi kamar mandi yang bisa dibangun. 1 kamar mandi untuk 1 kamar merupakan komposisi yang terbaik, namun 1 kamar mandi yang digunakan bersama oleh 3 – 5 orang penghuni kost merupakan pilihan yang paling efisien.

9. Lahan Parkir

Lahan Parkir- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Ketersediaan lahan parkir juga harus diperhatikan. Umumnya area parkir motor wajib tersedia di sebuah rumah kost. Jumlah motor yang bisa masuk ke area parkir tersebut minimal sama dengan jumlah kamar kost. Lahan parkir mobil tidak wajib, namun akan menjadi sebuah nilai tambah bagi penghuni kost dan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.

10. Keamanan Lingkungan

Keamanan Lingkungan- Pertimbangkan 10 Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost - Beli Rumah Kost

Kondisi keamanan di sekitar rumah kost sangat penting. Jangan sampai Anda mendapatkan tuntutan ganti rugi karena ada barang milik penghuni kost yang rusak atau hilang. Tanyakan kepada tetangga di sekitar properti tersebut mengenai kondisi keamanan di daerah itu.

Kategori : Beli Rumah Kost

Buat kamu yang lagi pusing cari info kost, kost jogja, kost depok, kost bebas, kost murah, kost eksklusif, atau kost AC cek yuk ke mamikosDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877 38 72 4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Kost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =