Pasti masih ada beberapa orang yang kebingungan antara perbedaan Ujian Sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandart Nasional. Ditambah lagi berikta kahir-akhir ini yang banyak mengembor-gemborkan bahwa Ujian Nasional sudah dihapuskan oleh Mendikbud. Memang UN ini sudah dihapuskan untuk tahun ini tetapi diganti dengan yang namanya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Ujian Soal - Perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional
Ujian Soal

Ujian menurut pengertiannya adalah serangkaian tes yang dilakukan yang memiliki tujuan untuk menentukan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pelajar apakah sudah memenuhi kriteria atau bahkan belum sama sekali. Nah pada jenjang pendidikan sekolah mulai dari yang kelas dasar sampai kelas atas semuanya sudah menggunakan yang namanya ujian. Ada yang namanya Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Dari kedua ujian tersebut pastinya ada beberapa perbedaan yang dimiliki keduanya, langsung saja kita bahas mengenai perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Ujian Sekolah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi bagi para pelajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan guna untuk mengetahui kemampuan pelajar selama menerima materi, selain itu ujian sekolah bisa digunakan untuk pengakuan atas prestasi yang sudah dicapai setelah menempuh pendidikan selama waktu yang sudah ditentukan. Ujian sekolah ini juga menjadi persyaratan untuk kelulusan setiap pelajar. Mata pelajaran yang diujikan pada ujan sekolah ini adalah mata pelajaran yang tidak diujikan pada saat UN maupun USBN berlangsung.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah Ujian akhir yang dilakukan pada tingkat akhir satuan pendidikan, untuk dari segi yang diujikan memang sama tetapi dari kualitasnya sudah diupgrade menjadi lebih baik dengan menggunakan standart nasional. Untuk mata pelajaran yang diujikan berbeda dengan yang diujikan pada saat Ujian Nasional berlangsung.

Jadi secara garis besar perbedaan keduanya terletak pada :

  • Waktu pelaksanaannya
  • Jumlah mata pelajaran yang diujikan
  • Tingkat kesusahan soal
  • Pengelolaan soal
  • Kualitas soal yang diujikan
  • Keterlibatan pihak sekolah
  • Menentukan lulus dan tidaknya siswa

Nah demikanlah pembahasan mengenai perbedaan antara ujian sekolah dengan ujian sekolah berstandar nasional. Jangan lupa untuk selalu belajar agar nanti saat menghadapi ujian tidak menemui kendala sedikitpun dan sehingga mendapatkan nilai yang memuaskan.

Perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 8 =