Akhir-akhir ini setelah Menteri Pendidikan digantikan oleh yang baru yaitu Muhadjir Effendi muncul kabar bahwa Ujian Nasional atau UN akan dihapuskan. Berita ini sontak membuat para  siswa yang akan menghadapi ujian menjadi riang gembira karena UN sudah dihapuskan. Memang setelah melalui rapat dengan komisi X DPR RI 1 Desember 2016 menghasilkan bahwa UN akan dihapuskan dan gantinya dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), tujuannya untuk mengukur pencapaian hasil belajar dari siswa tingkat akhir.

UN versus USBN - Perbedaan UN dan USBN
UN versus USBN

Penghapusan UN diganti menjadi USBN ini membuat para siswa menjadi kebingungan, karena memang ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan sehingga banyak siswa yang belum mengetahuinya. Penghapusan ini menindaklanjuti dari arahan Presiden Indonesia tentang Nawacita yang  kedelapan yaitu berhubungan dengan pendidikan. Karena jika kita semua masih menggunakan UN  maka hanya ranah kognitif dan beberapa mata pelajaran saja yang lebih difokuskan daripada yang lainnya. Karena UN dulu patokannya adalah mata pelajaran yang diujikan tersebut nilainya harus memenuhi standart, jika kurang maka tidak bisa lulus ke jenjang diatasnya.

Pergantian dari UN ke USBN ini membuat pro dan kontra, termasuk juga bagi para orang tua siswa yang semakin bingung dengan pembelajaran anaknya. Tetapi bagi sebagian orang ini merupakan langkah bagus karena memang UN sejak dulu tidak efektif dan banyak menimbulkan masalah.  Antara UN dan USBN memang memiliki perbedaan diantara keduanya, Berikut pembahasannya :

1.  Ruang lingkup materi

Jika soal UN secara nasional sama, tetapi untuk USBN soalnya berbeda, pembuatan soal dilakukan di tingkat provinsi dengan muatan soal 75% dari provinsi dan 25% dari nasional.

2. Mata pelajaran yang diujikan

Untuk UN hanya beberapa mata pelajaran saja yang diujikan, tetapi untuk USBN hampir semua soal diujikan kecuali mata pelajaran muatan lokal yang tidak diujikan.

3. Jenis soal yang dikerjakan

Untuk UN soalnya biasanya semua adalah pilihan ganda, maka untuk USBN soalnya ada yang pilihan ganda dan essay.

4. Tingkat kesulitan soal

UN lebih susah - Perbedaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional
UN lebih susah

Untuk UN tingkat kesulitan soal sama semuanya, tetapi untuk USBN tingkat soal antar  wilayah akan berbeda-beda, tetapi soal yang diujikan harus diatas standar nasional yang dibuat.

5. Pengelolaan soal

Jika UN adalah pemerintah pusat yang mengelolanya, maka untuk USBN adalah pemerintah daerah tetapi dengan pengawasan langsung dari pemerintah pusat.

Nah demikian pembahasan mengenai perbedaan antara UN dengan USBN. Jangan lupa untuk terus belajar agar nanti saat menghadapi ujian tidak ada kendala dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Terima kasih

Perbedaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Perbedaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − eight =