Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui – Sebenarnya apa sih perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi? kata-kata ini selalu terdengar di dunia kampus tapi masih ada yang belum memahami secara jelas apa sebenarnya perbedaan ketiganya. Penjelasan berikut ini bisa jadi pengantar untuk adik-adik yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi supaya lebih paham.

Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui

|| Baca Juga: Jurusan Paling Diminati di UNAIR dan Passing Grade 2016 ||

Sebagai calon mahasiswa atau bahkan kamu yang sedang menjadi mahasiswa saat ini belum mengetahui apa yang membedakan ketiganya. Sebelumnya, bagi adik-adik yang saat ini masih menggunakan seragam putih abu mungkin tidak asing lagi mendengar kata “jurusan”. Tapi jika sudah berada di perguruan tinggi, kata ini akan berbeda makna. Saat berada di sekolah, jurusan yang dipahami adalah “IPA, IPS, dan Bahasa”. Sedangkan ketika masuk perguruan tinggi, untuk memilih jurusan, kamu harus masuk ke fakultas dimana jurusan itu berada.

Sebagai contoh, misalnya di rumahmu memiliki banyak kamar yang disediakan orang tuamu dan kamu harus memilih satu untuk ditempati. Gambarannya, rumahmu sebagai fakultas dan jurusan sebagai kamar yang kamu pilih. Nah di perguruan tinggi, jurusan biasa disamakan dengan prodi yaitu ilmu khusus yang akan kamu ambil seperti di Universitas Gadjah Mada ada jurusan Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Psikologi, dll.

|| Baca Juga: 10 Jurusan Paling Sepi Peminat SBMPTN 2016 ||

Sebelum mendaftar ke perguruan tinggi, sebaiknya mempersiapkan dari sekarang fakultas, jurusan atau prodi apa yang akan ditempuh. Rajin-rajinlah mencari informasi ter-update agar tidak tertinggal informasi. Di beberapa kampus, saat kamu memulai perkuliahan hingga 5 semester (ada yang beda) belum ditawarkan jurusan/prodi. Misalnya, adik-adik memilih kuliah di fakultas hukum, maka setelah beberapa semester kamu akan diminta memilih jurusan/prodi hukum tersebut misalnya Pidana, Perdata dan Kenegaraan.

Perlu diingat kembali bahwa tidak semua perguruan tinggi menerapkan sistem seperti ini. Ada pula kampus yang menyediakan pilihan langsung misalnya, saat daftar kuliah kemudian memilih fakultas, dan saat itu juga kamu diminta untuk memilih jurusan/prodi langsung. Selain itu ada juga kampus yang tidak memiliki fakultas, namun lebih menerapkan kepada jurusan/prodi langsung. Maka kamu harus bersedia memilih apa yang disediakan oleh universitas/perguruan tinggi tersebut.

Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui

Bingung sewa kost murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 22,160 times, 3,010 visits today)
Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *