Seputar SBMPTN 2017 – Gaes, buat kalian yang sudah dinyatakan lulus dari bangku kelas 3 SMA/SMK/ atau MA, selamat ya, ini bukan ahir dari segalanya, justru ini adalah langkah dimana kamu akan memulai dunia baru dengan menyimpan rapat-rapat dunia sekolah semana Menengan Atas. Untuk kamu yang akan melanjutkan kuliah, kamu tentu akan berhadapan dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jika yang tidak lolos SNMPTN. Namun jika SBMPTN juga belum bisa lulus, masih ada seleksi lain.

Jadwal pelaksanaan SBMPTN antara lain:

  • Pendaftaran online dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB
  • Penutupan pendaftaran tanggal 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB
  • Pelaksanaan ujian tulis tanggal 16 Mei 2017
  • Pelaksanaan ujian keterampilan tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017
  • Pengumuman Hasil SBMPTN 2017 tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB

Jika kamu akan mengikuti SBMPTN, lakukan 5 hal wajib berikut ini.

1. Tingkat Kesulitan

Hanya untuk gambaran, tingkat kelulusan Ujian Nasional rata-rata setiap tahunnya berkisar antara 98 – 99 %. Lalu bagaimana dengan SBMPTN? antara 15 – 18 %. Setidaknya dari perbandingan ini ada gambaran untukmu antara kesulitan soal Ujian Nasional dibandingkan SBMPTN. Biasanya, dari tahun ke tahun SBMPTN dikomposisikan :

  • Sekitar 25 % soal mudah
  • Sekitar 50 % soal yang gampang-gampang susah

2. Passing Grade

Apa itu passing grade? merupakan sebuat ukuran standar yang diperoleh dari perhitungan sederhanan hasil ujian SBMPTN yang menggambarkan seorang peserta dapat mencukupi urutan kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya tersebut. Jadi, secara umum nilai passing grade tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota dan banyaknya peminat pada prodi tersebut di tahun itu. Oleh karenanya, nilai Passing Grade setiap tahunnya fluktuatif, bisa naik bisa turun. So, kamu perhatikan passing grade di tahun sebelumnya.

3. Jenis Tes

Perlu kamu ketahui jenis-jenis tes yang akan diujikan saat SBMPTN. Ada 3 jenis yaitu Tes Kemampudan dan Potensi Akademik (TKPA) yang berperan 50% dalam menentukan kelulusan di SBMPT. Soal ini mengukur kecerdasan kamu dalam menggunakan logika dan penalaran. Kemudian kamu akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang berperan sebanyak 30% untuk menentukan kelulusan kamu di SBMPTN. Terakhir adalah tes bidang studi yang berbeda antara jurusan IPA, IPS, atau keduanya. Tes bidang studi menunjang kelulusan sebesar 20%.

Untuk jurusan IPA, kamu akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek yang meliputi bidang studi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Untuk jurusan IPS kamu akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum dengan bidang studi Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Sedangkan untuk kamu yang mengambil campuran (IPA dan IPS) maka kamu akan mengikuti seleksi IPC yang terdiri dari paket soal IPA dan juga IPS.

4. Ujian Keterampilan

Selain ujian tertulis, untuk jurusan tertentu panitia seleksi SBMPTN menggelar ujian keterampilan dengan waktu yang berbeda. Ujian keterampilan ini dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Bobot tes ini mencapai 50% tapi hanya khusus ditujukan untuk program studi tertentu saja.

5. Penilaian

Kamu harus benar-benar yajin dengan setiap jawaban yang dipilih karena TPA maupun TKD memiliki sistem penilaian yang sama. Usahakan jawab pertanyaan sebaik mungkin dan jika terdapat kesalahan maka poinmu akan dikurangi -1, sedangkan jika benar maka akan dikalikan 4. Jadi jika kamu tidak yakin dengan jawaban, lebih baik tidak diisi.

So, sebelum pelaksanaan tes berlangsung, pelajari berbagai soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya, pahami setiap kunci materi yang diujikan di setiap poin. Rajinlah belajar, jika perlu ikuti berbagai pelatihan/les di lembaga terdekat.

Penting!! 5 Informasi yang wajib kamu tahu Seputar SBMPTN 2017

Nah selain informasi mengenai Penting!! 5 Informasi yang wajib kamu tahu Seputar SBMPTN 2017, untuk Anda yang sedang mencari info kost sekitar lingkungan kampus untuk memudahkan aktivitas sehari-hari bisa lihat link berikut ini.

Rute Transjakarta Bekasi

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Penting!! 5 Informasi yang wajib kamu tahu Seputar SBMPTN 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 15 =