Tips makan sehat selama Lebaran memang banyak dicari oleh orang-orang, terutama kaum wanita Udah bukan rahasia lagi kalau Lebaran identik dengan tradisi silaturahmi ke rumah keluarga, tetangga, dan kerabat kemudian makan bersama di momen tersebut. Nah, banyak makanan khas Lebaran yang mengandung kandungan lemak yang cukup tinggi. Opor ayam, semur, sambal goreng ati, dan masih banyak makanan khas Lebaran lainnya yang memang gampang banget bikin kita gemuk kalau kita kalap makannnya.

Makanya, banyak kan tuh wanita yang mengeluh berat badannya melonjak drastis setelah Lebaran. Gak heran sih. Soalnya emang makanan-makanan yang tersaji pada saat Lebaran lezat-lezat semua. Belum lagi ditambah camilan kue kering dan kacang yang ada di meja tiap-tiap rumah. Berpotensi banget tuh bikin tubuh kamu jadi gemuk. Terus harus gimana dong? Masak enggak makan pas momen Lebaran. Ya gak gitu juga. Banyak cara biar kamu tetap bisa makan makanan enak selama lebaran tanpa harus takut gemuk. Kamu akan tetap sehat meski pas Lebaran makanan makanan-makanan yang kebanyakan berlemak. Gimana caranya? Simak tips makan sehat selama Lebaran di bawah ini.

  1. Minum Air Putih Sebelum Makan

    Sebelum kamu mulai menyantap hidangan Lebaran yang disajikan oleh keluarga atau sanak saudara, lebih baik kamu minum air putih dulu. Minumlah air putih satu hingga dua gelas sebelum mulai makan. Selain akan melancarkan sistem pencernaan, minum air putih sebelum mulai makan juga akan mencegah tubuh untuk makanan berlebihan. Setelah minum air putih, perut akan terasa sedikit lebih terisi. Jadi, kamu gak akan makan kebanyakan deh. Selain air putih, buah-buahan juga bisa digunakan untuk melakukan “trik” ini. Seperti halnya air putih, buah memiliki kandungan air dan serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuat perut terisi. Dengan makan buah atau minum air putih sebelum makan, porsi makan kamu akan terjaga. Kamu gak akan kalap ngambil makanan di meja makanannya.

    2. Tetap Makan pada Waktunya

    Tubuh kita sudah terbiasa dengan waktu makan kita yang tiga kali sehari. Maka, pada saat hari Lebaran, jangan aji mumpung dan makan tiap dua jam gara-gara di setiap rumah yang kamu kunjungi ada makanannya. Memang sih, kadang ada rasa gak enak hati sama yang punya rumah karena udah menyediakan tamunya makanan. Tapi, kalau di tiap rumah kamu ikutan makan, kamu bukan cuma tambah gemuk nantinya tapi juga bakalan begah kekenyangan. Usahakan makan di pagi hai, siang hari, dan malam hari saja. Kalau kamu ditawari untuk makan di antara jam-jam ini, kamu bisa mencoba menolak dengan halus atau kamu juga bisa memakan panganan ringan atau jajanan yang disajikan. Jadi gak makan berat, tapi tetap mencicipi yang dihidangkan. Dengan cara ini, tubuh kamu gak bakan overload dengan makanan berat dari setiap rumah.

  2. Ambil Porsi Kecil Makanan Saja

    Saat tiba jam makan kamu, okelah kamu bisa makan berat. Tapi porsinya tetap dijaga, ya. Jangan sampai karena kamu sudah membayangkan nikmatnya rasa rendang, semur, opor ayam, ayam goreng, dan lain sebagainya terus kamu mengambil semua lauk-pauk tersebut dalam satu piring. Selain bikin kekenyangan, kamu juga akan makan terlalu banyak kandungan lemak dari semua lauk-pauk tersebut. Belum lagi ditambah nasi, kan? Bisa dibayangkan betapa besar porsi makan yang kamu ambil. Kalau begini, sudah bisa dipastikan deh kamu bakal tetep gemuk setelah Lebaran. Lebih baik ambil porsi kecil saja setiap kali makan. Ingat, di hari Lebaran akan banyak makanan dan camilan yang tersaji. Jangan takut nanti lapar, ya.

  3. Seimbangkan Komponen Makanan

    Hampir semua menu khas Lebaran lekat dengan makanan pedas, berlemak, dan bersantan. Kalau kamu gak hati-hati, kamu bisa mengonsumsi terlalu banyak lemak dan kolesterol lho. Karenanya, tiap kali makan, jangan lupa seimbangkan komponen makananmu. Karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan lemak semuanya harus berimbang. Jangan lupa hindari mengambil lauk terlalu banyak atau nasi/ketupat terlalu banyak. Hal yang terpenting adalah jangan lupa melengkapi makanan kamu dengan sayur dan buah-buahan. Kalau tuan rumah tidak menyediakan menu sayur, setidaknya kan masih ada lalapan atau buah-buahan yang tersedia.

  4. Makan Buah Nanas dan Apel

    Salah satu tips makan sehat selama Lebaran yang paling terkenal adalah dengan makan buah nanas dan apel. Nanas dan apel sangat baik dimakan sebelum dan sesudah makan karena keduanya kaya akan serat. Alhasil, mereka membuat perut lebih cepat kenyang. Buah apel memiliki fungsi untuk membuang racun dari tubuh, termasuk lemak jahat. Jadi, kalau ada buah apel atau nanas tersaji di meja makan, ada baiknya tuh mereka dimakan sebelum dan sesudah menyantap sajian Lebaran. Dijamin deh, berat badan tetap aman sesudah Lebaran.

  5. Hindari Sirup dan Soda

    Selain makanan yang mengandung lemak tinggi, sebenarnya banyak yang berat badannya naik setelah Lebaran karena terlalu banyak  minum minuman mengandung gula seperti sirup dan soda. Sirup dan soda memang umum disajikan saat Idul Fitri. Keduanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga berbahaya bagi tubuh jika dikonsumi terlalu banyak. Batasi konsumsi kedua jenis minuman tersebut untuk mencegah naiknya berat badan yang terlalu drastis setelah lebaran.

  6. Hindari Bagian Daging yang Berlemak

    Tips makan sehat selama Lebaran  yang terakhir adalah hindarilah bagian daging yang berlemak. Bukan rahasia lagi kalau pas Lebaran, lauk-lauk di meja makan akan didominasi oleh olahan berbagai jenis daging. Mau daging ayam, sapi, kambing, biasanya ada semua tuh di meja makan. Untuk menjaga kadar kolesterol dan lemak di tubuh, ada baiknya tuh kamu memilih bagian daging yang gak ada lemaknya. Misalnya, saat kamu makan ayam, lebih baik kamu makan bagian dada ayam, jangan bagian paha atau sayapnya. Hindari juga bagian kulit karena di sinilah akan banyak sekali lemak yang terkandung. Begitu pula saat kamu makan daging sapi. Pilih bagian daging yang paling sedikit lemaknya. Dengan menjalankan tips makan sehat selama Lebaran yang satu ini, yakin deh kamu gak akan mendadak gemuk setelah Lebaran.

    Lebaran memang hari kemenangan yang harus dirayakan dengan meriah. Tapi, gak terus kamu harus mengorbankan kondisi tubuh kamu dong. Kamu bisa kok tetap langsing dan sehat setelah lebaran dengan menjalankan beberapa tips makan sehat selama Lebaran di atas. Jangan biarkan momen Lebaran yang penuh berkah ini jadi momok buatmu gara-gara kamu takut gemuk setelahnya. Asal bisa kontrol saja, semuanya bakal baik-baik saja, kok. Selamat berhari raya ya gaes!

Pengen Tetap Langsing Setelah Lebaran? Ikuti 7 Tips Sehat ini Ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =