Membangun Kos kosan atau Kontrakan – Bisnis kost menjadi fokus banyak orang saat ini karena hal ini merupakan sebuah investasi yang menjanjikan untuk jangka panjang. Membangun kos kosan atau kontrakan tiada lain tujuan ke depannya adalah untuk berbisnis. Meskipun Anda adalah seorang pekerja di kantoran tapi tidak menutup kemungkinan sebagai tambahan penghasilan memiliki bisnis kos atau kontrakan.

Membangun Kos kosan atau Kontrakan
Tampilan Kos –
Membangun Kos kosan atau Kontrakan

Sebelum menentukan pilihan mana yang tepat antara membangun kost atau kontraka, Anda perlu mengetahui kelebihan serta kekuragan dari bisnis kost atau kontrakan. Namun bagaimana perbandingannya dengan bisnis kontrakan? lebih menguntungkan mana antara membangun kost atau kontrakan? Berikut penjelasannya.

Kelebihan membangun kos kosan

Ketika Anda akan membangun kos yang tidak lain untuk disewakan kepada para pencari kost, tentu sebelumnya harus mempersiapkan banyak hal mulai dari budget, lokasi, target, tarif, dll. Seperti contoh, pilih lokasi yang mudah dijangkau serta dimanakah pangsa pasar berada? jika yang jadi tujuan pasar Anda adalah mahasiswa sebaiknya pilih lokasi kost yang dekat dengan kampus atau berada di lingkungan kampus.

Sementara jika pangsa pasar Anda adalah pekerja, maka tentukan lokasi kost di sekitar perkantoran atau bisa saja di sekitar kampus karena tidak menutup kemungkinan ada dosen atau karyawan yang berasal dari luar kota dan lebih memilih tinggal di kost ketimbang rumah sendiri khususnya yang masih single.

Dalam berbisnis kost, perlu Anda ketahui beberapa kelebihan membangun kost yang tiada lain untuk bisnis, diantaranya:

1. Permintaan akan rumah kost yang tinggi. Mengapa demikian? pangsa pasar berupa mahasiswa atau karyawan yang setiap saat bertambah akan meningkatkan aset dari bisnis kost Anda.

Untuk mencapai hal ini pun tidak semuanya serba instan, harus ada usaha dan trik bagaimana caranya agar kost selalu ramai oleh para penyewa. Salah satu triknya, bangunlah sebuah kost di sekitar kawasan kampus atau kantor karena dengan demikian, akan memudahkan para penyewa kost kemudian mereka akan banyak mencari kost yang dekat dengan kampus atau kantor.

2. Memberikan penghasilan rutin dan jangka panjang. Bagaimana tidak, dengan peraturan setiap penyewa harus membayar setiap bulan sekali atau per tahun maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari semua penyewa kamar.

Bayangkan saja jika Anda memiliki lebih dari 10 kamar dan setiap kamar misal di tarif 300 ribu dalam satu bulan Anda mendapatkan penghasilan 3.000.000 dengan tanpa mengeluarkan tenaga kasar. Mungkin untuk mengganti listrik, air, perawatan tidak akan sampai menghabiskan uang 2.000.000.

3. Pengelolaan kost relatif mudah. Tidak perlu setiap hari Anda membersihkan atau merawat kost yang Anda miliki. Ada banyak cara agar kost tetap terjaga pengelolaannya tanpa langsung dari tangan Anda.

Anda bisa mempekerjakan orang yang bisa dipercaya mengelola kost. Tapi untuk masalah keuangan sebaiknya Anda langsung yang turun tangan.

4. Peluang membuka usaha yang lain. Hal lain yang menjadi kelebihan dalam bisnis kost adalah Anda bisa membuka usaha lain yang bisa disediakan di kost dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagi para pencari kost, apalagi kost yang disediakan kosongan Anda bisa membuka toko perlengkapan kost, atau dengan membuka laundry, warung kelontong dimana disediakan kebutuhan pokok orang-orang, atau kantin/warung makan.

Selain kelebihan, dalam bisnis kost pun ada kekurangannya, diantaranya:

1. Anda pemilik kost harus menyediakan waktu khusus untuk memanage kost tersebut seperti terkait pembayaran, perbaikan ketika ada kerusakan, dan jangan sampai Anda kalah dengan penyewa yang tidak membayar uang sewanya.

2. Harus telaten ketika jatuh tempo pembayaran kost di depan mata. Mayoritas penyedia rumah kost menggunakan harga sewa bulanan sehingga Anda harus rutin menarik uang sewa setiap bulan. Jangan lupa untuk selalu mantau listrik, air, kebersihan setiap saat atau bila perlu Anda buatkan jadwal rutin agar lebih ter-manage.

Setelah mengenal kelebihan dan kekurangan kos kosan, saatnya sekarang mengenal kelebihan dan kekurangan bisnis kontrakan.

Kelebihan Membangun Kontrakan

Jika Anda lebih memilih ingin berbisnis rumah kontrakan, hal yang perlu Anda ketahui yaitu beberapa kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihannya?

1. Membangun kontrakan memiliki market yang sangat besar jika dibandingkan dengan membangun bisnis kost. Anda dapat menyewakan rumah dalam jangka waktu minimal 1 tahun atau 3 hingga 6 bulan dengan memberikan DP dalam jangka waktu yang telah disepakati.

2. Biasanya harga sewa rumah kontrakan memiliki kenaikan minimal 5% dari harga sewa tahun sebelumnya. Jadi uang yang akan Anda terima akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya apalagi jika rumah kontrakan yang dibangun tidak hanya satu.

3. Kelebihan selanjutnya yaitu, untuk rumah kontrakan semua akan dibayar di muka. Jadi untuk mengontrol tagihan akan lebih minim dibandingkan bisnis kost yang setiap bulan harus di pantau dan tagih. Belum lagi ada penyewa yang tidak tanggungjawab dan tidak tertib dalam administrasi pembayaran.

Baca juga : Hal yang harus dipersiapakan untuk berbisnis kost

Kekurangan Membangun Kontrakan

Dalam membangun dan bisnis kontrakan, selain ada kelebihan ada juga kekurangannya, diantaranya:

1. Bisnis ini membutukan banyak kepercayaan dari sang penyewa, maksudnya yaitu kontrol perawatan harus terjaga dan bisa bertanggungjawab tanpa harus di pantau oleh pemiliki kontrakan. Tidak sedikit, rumah kontrakan yang kita bangun jika sudah melewati masa sewa oleh para penyewa hancur atau ada bagian bangunan yang rusak karena tidak ada perawatan yang khusus kecuali dia yang menyewa memiliki rasa tanggungjawab.

2. Harus menyediakan dana yang besar untuk perawatan setelah selesai masa kontraknya. Jadi bagi penyewa baru dia akan merasa aman dengan tempat yang akan ia huni.

3. Membangun rumah kontrakan tentu akan memiliki harga yang sedikit berbeda dengan membangun rumah kost apalagi jika kost dengan kamar yang banyak tentu memiliki penyewa yang banyak dan penghasilan banyak pula. Bisnis kost bisa lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis rumah kontrakan.

Nah dari kelebihan dan kekurangan masing-masing antara kos kostan dan kontrakan yang telah Anda ketahui, waktunya Anda menentukan lebih Pilih Mana antara Membangun Kos kosan atau Kontrakan? semua dikembalikan ke kebutuhan dan budget serta kemampuan masing-masing.

Membangun Kos kosan atau Kontrakan memang harus memerlukan mental yang kuat apalagi bisnis besar haruslah dibarengi dengan bimbingan orang-orang profesional.

Jika sudah memilih mana yang pas antara kos kosan atau kontrakan Anda dapat memulainya dengan menyicil hal apa yang harus dilakukan agar bisa ter-manage dan terorganisir dengan baik.

Pilih Mana Membangun Kos kosan atau Kontrakan ?

Bingung Sewa Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Pilih Mana Membangun Bisnis Kos kosan atau Kontrakan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − twelve =