Peta jalur mudik 2017 pastinya sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh kalian yang Lebaran tahun ini rencana mau mudik ke kampung halaman. Mudik atau pulang kampung sudah merupakan tradisi tahunan di Indonesia di mana para perantau kembali ke kota asalnya untuk merayakan hari raya Idul Fitri atau Lebaran bersama keluarganya. Pemudik biasanya berbondong-bondong pulang kampung dari kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya menju ke kota-kota asalnya.

Musim mudik yang terjadi mulai seminggu sebelum hari H Lebaran biasanya akan membuat jalanan semakin macet. Hal ini dikarenakan banyak pemudik yang memilih pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Karena kemacetan banyak yang tak terkendali, sebenarnya pemerintah sudah menyarakan pemudik untuk menggunakan kendaraan umum saja seperti kereta api, bus, kapal, maupun pesawat. Namun, keterbatasan tiket membuat banyak orang tetap mudik menggunakan kendaraan pribadi.

|| Baca : 10 Hal yang Bisa Diberikan pada Ponakan saat Lebaran Selain Uang

Selain kemacetan, dampak lain dari pemudik yang memenuhi jalan raya dengan kendaraan pribadinya selama masa mudik adalah kecelakaan. Tingkat kecelakaan meningkat tajam selama masa-masa mudik. Hal inilah yang mendorong Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk meluncurkan peta jalur mudik tiap tahunnya. Peta ini berfungsi untuk memberitahu masyarakat tentang jalan-jalan mudik baik yang utama maupun alternatif yang bisa digunakan. Jadi, volume kendaraan tak hanya tumpah di ruas-ruas jalur utama saja. Untuk tahun ini, peta jalur mudik 2017 sudah diluncurkan mulai dari H-10 kemarin, peta jalur mudik ini diluncurkan baik dalam versi offline (cetak) maupun versi online.

Meski sekarang sudah ada aplikasi peta yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat, peta jalur mudik 2017 ini akan sangat membantu masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Jadi, jangan meremehkan peta ini, ya. Berikut adalah beberapa informasi tentang peta ini yang perlu kalian ketahui.

  1. Dapat Digunakan oleh Semua Kalangan

Menurut kepala Badan Informasi Geospasial atau BIG, Hasanudin Abidin, peta jalur mudik 2017 ini memang bisa digunakan oleh semua kalangan pemudik, terutama oleh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat pada pemudik terkait dengan jalur-jalur yang akan mereka lalui. Peta yang lengkap informasinya dan gampang dipahami ini bisa didapatkan dengan mudah sehingga siapapun bisa mendapatkannya dan menggunakannya selama musim mudik 2017 ini.

  1. Menyediakan Informasi Lengkap dan Detail

Peta jalur mudik 2017 sangat memudahkan pemudik di perjalananan. Hal ini dikarenakan peta ini menyediakan informasi yang lengkap dan detail. Informasi yang disediakan oleh peta ini antara lain adalah informasi jalur tol yang akan dibuka selama musim mudik. Hal ini tentunya akan mempermudah pemudik dengan kendaraan pribadi selama perjalanan mudik. Mereka tidak harus bingung menebak-nebak jalur tol mana yang dibuka selama masa mudik. Selain informasi jalur tol yang akan dibuka selama musim mudik, peta ini juga menyediakan informasi bencana. Di peta, daerah-daerah rawan bencana yang biasa dilalui selama jalur mudik akan ditandai sehingga pemudik bisa lebih waspada ketika melewati jalur tersebut. Selain rawan bencana, peta juga menyediakan informasi kawasan rawan kecelakaan. Pemudik bisa lebih berhati-hati lagi selama melewati jalur tersebut. Peta ini juga menyediakan informasi fasilitas umum dan tempat peristirahatan yang lengkap dan terbaru. Pemudik tak perlu lagi pusing mencari di mana ada pom bensin, tempat makan, posko mudik, rumah sakit, dan lain sebagainya. Semuanya sudah terpampang jelas di peta jalur mudik 2017.

  1. Lebih Akurat dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Peta mudik 2017 ini dibuat berdasarkan Informasi Geospasial (IG). Hal ini membuat peta ini memiliki nilai akurasi yang tinggi. Selain dinilai lebih akurat, peta ini juga memiliki akurasi lokasi objek yang lebih bisa dipertanggungjawabkan. Pemudik tidak usah khawatir tersesat saat menggunakan peta ini. Peta ini sudah menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh pemudik, termasuk info fasilitas umum di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa, untuk memastikan pemudik bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

|| Baca : 10 Tips Mudik Naik Kereta Api Agar Tetap Aman dan Nyaman

  1. Informasi Detail Tentang Jalur Alternatif

Kemacetan sudah menjadi hal yang lumrah selama musim mudik. Karenanya, di peta jalur mudik 2017 ini, jalur alternatif sudah disediakan dan diberi tanda tersendiri sehingga pemudik bisa dengan mudah mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Untuk jalur mudik yang biasanya sering dilanda kemacetan parah adalah daerah-daerah seperti Tol Pelabuhan Merak, Suramadu, jalan-jalan menuju Bandung, jalur Semarang-Bawen-Kertosono, dan Pejagan-Semarang. Untuk jalur-jalur seperti itu, sudah ada jalur alternatifnya tersendiri di peta ini.

  1. Semua Sudah Tervalidasi

Sebelum peta dibuat dan diluncurkan ke masyarakat, semua hal yang tertulis di peta sudah divalidasi terlebih dahulu. Proses validasi dilakukan pada jalur utara. Baik jalanan dengan jalur tol maupun non tol sudah dicocokkan dengan peta. Jalur tengah dan jalur selatan Pulau Jawa juga sudah dipastikan sesuai dengan yang tertulis di peta. Jalur-jalur tersebut menag merupakan jalur yang terbilang paling sering dilalui oleh para pemudik selama musim mudik lebaran.

Untuk kamu yang belum memiliki peta jalur mudik 2017 seperti yang dibicarakan di atas, kamu bisa lihat petanya di bawah ini:

Bagaimana? Petanya sudah cukup lengkap, kan? Jangan lupa bawa peta tersebut saat kamu mudik besok, ya. Jangan lupa juga lakukan persiapan yang matang sebelum kamu mudik, apalagi dengan kendaraan pribadi. Salah satunya adalah persiapkan kendaraanmu dengan baik. Gak lucu banget kan kalau kendaraan kamu macet atau kehabisan bensin di tengah kemacetan? Makanya, pastikan kendaraan layak jalan, ya. Kendaraan yang gak layak jalan juga menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan. Jadi, jangan remehkan kondisi kendaraan kamu ya.

Selain itu, pastikan juga kamu dalam kondisi yang segar, tidak mengantuk, dan fit saat mudik. Apalagi kalau kamu nyetir mobil atau motor sendiri saat mudik. Kalau kendaraan yang gak layak jalan saja bisa jadi penyebab kecelakaan, apalagi kalau pengemudinya ngantuk atau gak konsen. Pasti membahayakan diri kamu sendiri dan orang lain tuh.

Persiapkan perjalanan mudikmu dengan baik ya, gaes. Stay safe! Keluarga menanti di rumah untuk berlebaran bareng. Jangan lupa tuh tadi peta jalur mudik 2017 di atas kamu download ya.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Mau Mudik? Pahami Dulu Peta Jalur Mudik 2017 Ini
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + fifteen =