Setelah lulus SBMPTN – Ingat ya gaes, jangan sampai lupa jadwal Pengumuman Hasil SBMPTN 2017 karena masih ada tahapan lain yang harus kamu lakukan. Untuk kamu para peserta yang sudah mengikuti tes SBMPTN kemarin, siap-siap tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB nanti kalian akan melihat hasilnya. Apapun hasilnya, harus siap menerima terutama untuk kamu yang belum lolos SBMPTN.

Nah untuk kamu yang lolos sesuai apa yang diharapkan, selamat ya, perjuanganmu belum selesai, justru ini adalah awal dari semua yang kamu cita-citakan. So, langkah apa yang harus dilakukan setelah lulus SBMPTN? yuk simak bersama…

1. Bersyukur

Jangan karena terlalu bahagia, ahirnya kamu melupakan rasa syukur atas nikmat yang kamu terima. Tanpa bantuan Tuhan, kamu tidak akan menikmati rasa bahagia karena bisa memulia langkah untuk menggapai apa yang kamu harapkan dan kamu salah satu dari ribuan peserta yang beruntung masuk dalam kuota SBMPTN.

2. Cetak Bukti Kelulusan

Langkah berikutnya, silahkan cetak bukti kelulusan kemudian simpan baik-baik. Meskipun saat itu dibutuhkan atau tidak, bukti lulus SBMPTN 2017 ini menjadi dokumen yang sangat penting, apalagi untuk daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru.

3. Cek Website PTN 

Setelah hasil SBMPTN diumumkan, segeralah cek website Perguruan Tinggi Negeri yang menerimamu. Cari tahu jadwal serta proses registrasi untuk mahasiswa baru. Perhatikan apakah tersedia formulir online yang harus dilengkapi atau tidak karena biasanya formulir tersebut bertujuan untuk menentukan kelompok UKT (Uang Kuliah Tunggal). Selain itu, perhatikan langkah yang harus kamu penuhi sesuai dengan intruksi yang diberikan pihak kampus.

4. Siapkan Dokumen Registrasi

Dokumen ini amatlah penting. Setelah ada pengumuman kamu keterima di PTN yang dipilih, tidak akan langsung kuliah, melainkan masih ada tahap yang harus dilakukan, salah satunya daftar ulang. Karenanya, siapkan dokumen lengkap untuk memenuhi persyaratan saat registrasi. Pada umumnya, dokumen yang harus kalian siapkan adalah:

  1. Kartu tanda peserta SBMPTN
  2. STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
  3. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
  4. Kartu keluarga
  5. Pas foto terakhir
  6. Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima (sesuai format yang diunduh dari sistem) Asli
  7. Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus)
  8. Slip gaji atau rincian pendapatan orangtua/wali
  9. Fotokopi Bukti pembayaran Biaya Pendidikan
  10. Bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB)
  11. Fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan (bagi yang sudah memiliki) atau kartu asuransi kesehatan lainnya.

5. Verifikasi Data

Setelah registrasi, calon mahasiswa akan diminta untuk melakukan verifikasi data dengan cara langsung datang ke kampus. Selain itu, akan dilakukan tes kesehatan. Ingat ya sob, jadwal registrasi dan verifikasi setiap PTN itu berbeda-beda, jadi kamu harus selalu mencari informasi terbaru dari kampus yang kamu pilih.

6. Berpenampilan Rapi

Bagi calon mahasiswa baru, biasakanlah dari sekarang untuk berpenampilan rapi. Kamu akan menjadi mahasiswa sob, bukan anak SMA lagi dimana bukan lagi seragam sekolah yang dipakai, melainkan setelan bebas namun rapi. Saat kamu akan melakukan daftar ulang ke kampus, unakan kemeja berkerah dan sepatu, serta jagalah ketertiban karena akan ada banyak calon mahasiswa yang lulus SBMPTN untuk melakukan proses serupa.

7. Cari Kost-kostan

Ini dia yang tidak boleh kamu lewatkan. Khusus yang kuliah di luar kota, kamu tentu sangat membutuhkan kostan sebagai tempat tinggal. Tidak jarang, calon mahasiswa baru terlalu disibukkan dengan persiapan kuliah namun tempat tinggal belum terpikirkan. Sebenarnya, kamu bisa mencari kostan dari jauh-jauh hari bahkan sebelum ada pengumuman. Caranya, cari kost yang bisa menerima fasilitas booking sehingga jika terjadi pembatalan tidak ada masalah dan kamu sudah tidak perlu lagi mencari. Namun, kami berikan solusi untuk mendapatkan kost dengan mudah, dengan mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 7,665 times, 70 visits today)
Langkah yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lulus SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *