Kuota Kursi Penerimaan SBMPTN – SBMPTN menjadi salah satu jalur alternatif seleksi masuk perguruan tinggi negeri selain SNMPTN, UM-PTKIN dan jalur Mandiri. Bedanya dari seleksi-seleksi lain, SBMPTN ini dilakukan dengan ujian tertulis dan ujian keterampilan.

Kuota Kursi Penerimaan SBMPTN

Peminat SBMPTN itu sendiri sangatlah banyak, bisa jadi teman-teman kalian yang sebelumnya mengikuti tes SNMPTN namun tidak lolos, mereka ikut daftar SBMPTN sehingga total pendaftar melunjak. Bahkan bagi lulusan sebelum tahun 2017 mereka bisa mendaftar yaitu lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016. Perhatikan juga universitas peminat terbanyak sbmptn 2016 sebagai perbandingan di tahun 2017 ini.

Setiap perguruan tinggi baik negeri memiliki daya tampung berbeda-beda setiap tahunnya dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN baik untuk daya tampung sbmptn 2016 atau sebelumnya maupun daya tampung sbmptn 2017. Disamping itu, kamu juga perlu mengecek universitas dengan peminat terbanyak sbmptn 2016 hingga prodi favorit karena hal ini penting untuk diketahui untuk gambaran di tahun ini apakah jurusan yang kamu pilih banyak peminatnya atau tidak.

Di tahun 2017 ini, pendaftaran SBMPTN telah dibuka sejak tanggal 11 April 2017 lalu dan ditutup pada 5 Mei 2017. Saat ini sebanyak 85 kampus menyediakan sekitar 128.244 kursi untuk seleksi penerimaan mahasiswa melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sementara, jadwal ujian tertulis dan keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 Mei 2017 dan pengumuman kelulusan pada tanggal 13 Juni 2017.

Untuk adik-adik yang sempat mengikuti tes SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tapi belum lolos, masih bisa ikut mendaftar tes SBMPTN dan jangan sampai telat karena tidak ada penambahan waktu pendaftaran sesuai dengan himbauan Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2017, Raviki Karsidi. Beliau menjelaskan ada sebanyak 2.954 program studi yang akan siap menampung calon mahasiswa yang mengikuti tes SBMPTN.

Diantara pembagian program studi tersebut ialah sebanyak 1.663 program studi berbasis sains, dan 1.391 lainnya untuk jurusan sosial dan hukum. Menurut Raviki Karsidi, jurusan sains menyediakan sekitar 63.685 kursi dan 64.559 kursi untuk program studi sosial dan hukum.

|| Baca Juga : Download Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN  ||

Informasi penting juga yang disampaikan ketua panitia bahwa kalian jangan sesekali tergiur dengan tawaran pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab seperti membayar joki. Karena panitia telah memiliki sistem yang cangih untuk mendeteksi kecurangan tersebut dan akan langsung mencoret siswa yang bersangkutan kemudian si joki akan dilaporkan ke pihak penegak hukum.

Penipuan masih saja terjadi di berbagai perguruan tinggi bahkan hampir semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bahkan di tahun lalu ada korban yang tertipu hingga mencapai Rp. 400 juta.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online dan kalian para siswa kelas XII maupun alumni SMA sederajat bisa mulai mempelajari tatacara pendaftaran dengan melihat laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Ketentuan Umum dan Persyaratan SBMPTN

Perhatikan ketentuan umum serta persyaratan yang harus dipatuhi dalam melaksanakan SBMPTN.

1. Ketentuan Umum

SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

2. Persyaratan

Pendaftaran

  • SBMPTN diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016 harus memiliki ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Sumber:https://sbmptn.ac.id

Jenis Ujian

Tambahan informasi, untuk adik-adik yang belum mengetahui apa saja mata ujian untuk SBMPTN, mami berikan informasi berikut ini yang terdiri dari ujian tertulis dan ujian keterampilan.

1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  • TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

2. Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan ini diikuti oleh para peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga yang terdiri dari :

  • Seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  • Seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara).
  • Seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara).
  • Seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara), dan
  • Bidang olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.

Peserta SBMPTN dapat mengikuti Ujian Keterampilan di Perguruan Tingi Negeri terdekat yang memiliki program studi sesuai dengan pilihan kalian.

Kelompok Ujian

Jika diantara adik-adik sekalian belum mengetahui apa saja kelompok ujian SBMPTN yang terbadi dalam tiga jenis, berikut informasinya:

  • Saintek (Sains dan Teknolohi), materi ujiannya adalah TKPA dan TKD Saintek.
  • Soshum (Sosial Humaniora), materi ujiannya adalah TKPA dan TKD Soshum.
  • Campuran, materi ujiannya adalah TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum.

Selain informasi yang sudah mami berikan, kamu juga bisa mencari informasi di internet mengenai daya tampung unpad 2017/2018, daya tampung sbmptn 2017, daya tampung snmptn ui 2016, daya tampung unpad 2017 snmptn, daya tampung ugm 2016, daya tampung ptn 2016, daya tampung unpad 2016, atau daya tampung snmptn unsri 2017.

Kuota Kursi Penerimaan SBMPTN

Selain informasi kuota kursi penerimaan SBMPTN, info yang satu ini juga tak kalah penting apalagi untuk kalian yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan kampusnya berada di luar kota, pasti membutuhkan kost-kostan. Tips yang tepat untuk memilih kost yaitu salah satunya pilih kost di sekitar kampus untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Inilah informasi kost di sekitar kampus pilihan teman-teman semua.

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Kuota Kursi Penerimaan SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =