Rokok Elektronik (Elektronik Nicotine Delivery Systems atau e-Cigarette) adalah sebuah inovasi baru dari rokok konvensional menjadi rokok modern. Rokok elektrik kali pertama diluncurkan pada tahun 2003 oleh salah satu peruhsahaan yang berasal dari Beijing, Cina. hingga baru akhir-akhir ini sedang booming rokok elektrik terutama di kalangan mahasiswa.

Sistem kerja pada rokok elektrik berbeda dengan rokok konvensional yang cara kerjanya membakar tembakau sehingga menghasilkan asap. tetapi untuk rokok elektrik ini membakar cairan dengan menggunakan daya dari baterai yang menghasilkan energi listrik lalu direaksikan dengan senyawa kimia yang ada didalamnya sehingga terjadilah reaksi keluarnya uap dan rasa manis yang sama saat anda merokok konvensional.

Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik
Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik

Ada beberapa perokok yang cenderung lebih suka terhadap rokok konvensional dan ada juga yang malah beralih ke rokok elektrik yang lebih modern dan kekinian. nah bagi anda yang belum tahu pastinya anda akan bertanya-tanya tentang Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik untuk kamu yang masih Mahasiswa! Nah langsung saja kita bahas mulai dari kelebihan rokok elektrik yang kataya diklaim lebih sehat daripada rokok konvensional :

  1. Menghasilkan uap bukan asap, jika anda mengira yang keluar dari rokok elektrik itu asap maka salah besar.
  2. Lebih ramah lingkungan, karena kelebihan rokok elektrik yang paling terlihat adalah ramah lingkungan dan tidak meninggalkan abu sisa pembakaaran seperti rokok konvensional.
  3. Lebih hemat biaya, pengguna rokok elektrik diperkirakan lebih menghemat 25% setiap harinya jika dibandingkan dengan rokok tembakau. karena pengguna rokok elektrik tidak selalu menyala seperti rokok tembakau yang selalu menyala. jadi ini menjadi pilihan yang pas untuk anak kost.
  4. Tidak mengandung zat aditif, berbeda dengan rokok tembakau yang mengandung nikotin yang membuat kita kecanduan. jadi rokok elektrik ini bagus orang yang ingin berhenti merokok.
  5. Menjadi gaya hidup, dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka rokok elektrik menjadi pilihan yang lebih modern ketimbang rokok tembakau atau konvensional.
  6. Memiliki banyak varian rasa dan aroma, berbeda dengan rokok tembakau yang memiliki pilihan rasa yang sedikit, untuk rokok elektrik tersedia banyak varian rasa yang bisa anda coba.

Nah setelah kita membahas tentang kelebihan rokok elektrik, mari kita lanjutkan untuk membahas bahaya rokok elektrik terutama untuk mahasiswa :

  1. Berbahaya bagi perokok pasif, uap yang dikeluarkan oleh rokok elektrik ini diklaim oleh WHO lebih berbahaya ketimbang asap yang berasal dari rokok tembakau.
  2. BPOM mengingatkan kepada masyarakat bahwa rokok elektrik yang beredar saat ini masih ilegal, belum diketahui kandungan zat berbahaya yang ada didalamnya.
  3. Penyebab kanker, senyawa nitrosamine yang ada pada rokok elektrik dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh manusia terutama pada bagian paru-paru.
  4. Membuat pernafasan terganggu, kandungan dietilen glikol yang ada pada rokok elektrik membuat nikotin tetap cair sehingga ikut masuk ke saluran pernafasan anda.
  5. Penyebab kerusakan otak, senyawa Tetrametthylpyarazine yang terkandung dalam rokok elektrik inilah yang menjadi penyebabnya.
  6. penyebab penyempitan arteri keseluruh tubuh, akibat dari nikotin inilah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri sehingga pasukan oksigen yang masuk menjadi berkurang keseluruh tubuh.

Nah bagaimana sudah jelas atau belum tentang Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik? jika sudah maka sebaiknya anda mengurangi kegiatan merokok anda apapun itu bentunya mau elektrik atau konvensional, syukur-syukur bisa berhenti merokok dan menerapkan pola hidup sehat.

Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik untuk Kamu yang Masih Mahasiswa

 

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi: 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik untuk Kamu yang Masih Mahasiswa!

2 thoughts on “Kelebihan dan Bahaya Rokok Elektrik untuk Kamu yang Masih Mahasiswa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + three =