Beruntung kita tinggal di Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali ragam bahasa, budaya, dan daerah. Tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan berbagai kebiasaan dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kebiasaan unik adalah daerah kota Bandung. Ingin tahu kebiasaan uniknya? Simak kebiasaan unik warga Bandung yang perlu kamu tahu!

Tidak bisa bilang ‘F’ dan ‘V’ (Hanya bisa bilang ‘P’)

Wah ‘pitnah’! Begitulah kata orang Bandung ketika dituduh tidak bisa menyebut huruf F dan V. Meskipun begitu, memang sebetulnya kata F dan V adalah kata resapan dari barat lho. Jadi memang bahasa asli daerah Indonesia itu tidak ada F dan V-nya. Dan tradisi ini sepertinya diteruskan oleh orang Sunda.

Kreatif membuat singkatan-singkatan

Kebiasaan Unik Warga Bandung yang Perlu Kamu Tahu

Ini beberapa contoh singkatan makanan khas di Bandung

Batagor = Baso tahu goreng

Cilok = Aci dicolok

Cireng = Aci digoreng

Comro = Oncom dijero (di jero = di dalam)

Cilor = Aci jeung telor (Aci dengan telur)

Cirbum = Cireng bumbu (Sudah disingkat, disingkat lagi pula, dasar ya orang Bandung! :p )

Pokoknya banyak deh singkatan-singkatan makanan buatan orang Bandung. Bahkan kasus makanan ringan yang sedang “in” kali ini, yaitu Bikini (Bihun kekinian) adalah singkatan hasil pikiran orang Bandung

Lebih terbiasa bicara bahasa sunda daripada “gue-elu”, meskipun sedang tinggal di luar Bandung

“Aduh gue mah gak terbiasa da pake bahasa gue elu teh

Orang Bandung akan sulit memakai bahasa gaul gue-elo karena memang pada dasarnya sudah terbiasa dengan logat dan ciri bahasa orang Bandung seperti “teh”, “mah”, “da”, dan sebagainya. Sehingga menggunakan bahasa gaul tidak akan seluwes orang-orang dari daerah lain. Sama seperti penulis yang juga orang Bandung, meskipun sudah setahun kuliah di Depok, tetap saja logat Bandung masih terasa kental.

Banyak makan makanan mentah

Ya, makanan seperti lotek, karedok, bahkan mie bakso pun seringkali dimakan bersamaan dengan sayuran mentah. Entah kenapa ini masih menjadi tradisi beberapa orang sunda. Kalau mendengar perkataan orang tua yang asalnya dari Bandung, katanya sayuran mentah itu sudah jadi kebiasaan makanan orang sunda dan bagus dimakan karena gizinya tidak hilang saat dimasak. Mungkin itulah yang membuat orang sunda cantik dan ganteng ya? Hehehe.

Kebiasaan Unik Warga Bandung yang Perlu Kamu Tahu

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Kebiasaan Unik Warga Bandung yang Perlu Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − 1 =