Jadwal dan Proses SBMPTN 2017 – yang dituggu-tunggu anak SMA/SMK/MA udah bisa diketahui nih sekarang. Bagi kalian yang pengen banget melanjutkan pendidikan ke universitas atau perguruan tinggi negeri, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini adalah kesempatan yang bisa kalian manfaatkan.

Jadwal dan Proses SBMPTN 2017

Seperti diketahui, ada tiga jalur utama masuk ke perguruan tinggi negeri. Selain SBMPTN, ada juga SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SM (Seleksi Mandiri). SNMPTN dilaksanakan serentak, seperti halnya SBMPTN. Namun, perbedaan paling mendasar dari keduanya adalah SNMPTN menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik untuk landasan seleksi sedangkan SBMPTN menggunakan tes.

Tidak semua siswa berkesempatan untuk ikut SNMPTN karena memang kuota peserta dari tiap sekolah terbatas. Hanya siswa-siswi berprestasi saja yang bisa ikut SNMPTN. Karenanya, jalur seleksi berdasarkan tes atau SBMPTN inilah yang lebih diminati.

Selain semua siswa-siswi bisa ikut, peluang masuk universitas atau perguruan tinggi melalui jalur ini juga tahun ini lebih besar. Hal ini dikarenakan kuota SBMPTN yang ditambah di tiap kampus yaitu berkisar setidaknya 40% dari daya tampung universitas untuk mahasiswa baru bisa lihat juga jadwal sbmptn 2017. Jadwal tersebut akan banyak kamu temukan di internet hususnya halaman pendaftaran.sbmptn.ac.id 2017 . Dengan mengetahui jadwal pendaftaran sbmptn tentunya harus siap segala hal mulai dari persyaratan sbmptn, tanggal pendaftaran sbmptn 2017, dll.

Jenis Ujian dalam SBMPTN

SBMPTN tahun 2017 ini akan dilakukan dengan ujian tertulis dan ujian ketrampilan. Ujian tertulis terdiri dari Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT).  PBT dilaksanakan menggunakan soal ujian yang tercetak di kertas dan peserta menjawab dengan cara menghitamkan lingkaran jawaban yang dipilih pada lembar jawaban.

Sedangkan CBT dilaksanakan menggunakan komputer. Peserta tinggal klik jawaban yang benar pada setiap pertanyaan saat test. Ujian tertulis PBT dan CBT terdiri dari soal-soal ujian yang dirancang untuk mengukur kemampuan dasar siswa. Ujian tertulis juga akan berdasarkan pada penguasaan bidang studi dasar baik untuk peserta di bidang dan sains dan teknologi (saintek) dan peserta di bidang sosial dan humaniora (soshum).

Untuk tahun 2017 ini, ujian tertulis akan lebih banyak menggunakan sistem CBT. Ditargetkan akan ada 30,000 peserta SBMPTN yang mengikuti ujian tertulis dengan sistem CBT. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi seleksi dan juga menghemat waktu seleksi. Selain itu, sistem CBT dinilai minim dari resiko human error seperti salah menghitamkan jawaban atau resiko lembar jawaban yang kotor, sobek, atau basah. Karena hal-hal inilah, tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya sistem CBT akan makin ditingkatkan untuk SBMPTN yang lebih efektif.

Selain mengikuti ujian tertulis, akan ada juga ujian ketrampilan. Ujian ketrampilan ini diberlakukan bagi peserta yang memilih program studi ilmu seni dan keolahragaan. Dengan menguji ketrampilan dasar siswa dalam bidang yang dipilihnya, panitia dapat mengukur kemampuan peserta berkaitan dengan bidang studi yang dipilihnya. Bagi peserta yang mengikuti ujian ketrampilan seni rupa, materi ujian akan berupa tes menggambar dan tes wawasan seni rupa.

Peserta yang mengikuti ujian ketrampilan seni tari, materi ujian akan berupa tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak tari, dan tes wawasan seni tari. Bagi peserta yang mengikuti ujian ketrampilan seni musik, materi ujian akan berupa tes praktik instrumen, tes musikalitas, dan tes wawasan seni musik. Bagi peserta yang mengikuti ujian ketrampilan seni teater, materi ujian akan berupa tes praktik monolog, tes pantomim, dan tes wawasan seni teater. Sedangkan untuk peserta yang mengikuti ujian ketrampilan olahraga, materi ujian akan berupa tes kesehatan dan tes ketrampilan motorik.

Peserta SBMPTN 2017

Siapa sajakah yang bisa ikut SBMPTN? Semua siswa SMA/SMK/MA yang lulus tahun 2015, 2016, dan 2017 dapat mengikuti seleksi ini. Lulusan paket C tahun 2015, 2016, dan 2017 juga diperbolehkan ikut seleksi ini asalkan ijasah paket C sudah terbit sebelum seleksi dilaksanakan.

Bagi peserta yang menempuh pendidikan setara SMA di luar negeri juga dapat mengikuti seleksi ini. Seleksi SBMPTN ini juga berlaku pada siswa homeschooling yang memiliki ijasah paket C atau setara SMA.

Biaya Mengikuti SBMPTN

Berbeda dengan SNMPTN yang pendaftarannya gratis, SBMPTN ini adalah jalur seleksi yang berbayar. Biaya pendaftaran untuk mengikuti SBMPTN adalah sebesar Rp. 200.000. Biaya pendaftaran Berbeda dengan jalur SNMPTN, jalur SBMPTN mengenakan biaya untuk mengikuti tes dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.

Meski nantinya peserta batal mengikuti seleksi karena alasan apapun, biaya seleksi yang sudah dibayarkan oleh peserta tidak dapat ditarik kembali. Nantinya setelah membayar biaya pendaftaran, peserta akan mendapat akses untuk masuk ke website resmi SBMPTN dan melengkapi data diri.

Jadwal dan Proses SBMPTN 2017

Pendaftaran (11 April – 5 Mei 2017)

Jadwal dan proses SBMPTN 2017 dimulai bulan April 2017 ini. Proses seleksi akan dimulai dari pendaftaran peserta. Peserta yang ingin ikut seleksi jalur ini dapat mendaftar melalui website resmi SBMPTN (http://pendaftaran.sbmptn.ac.id).

Setelah mendaftar, peserta akan mendapatkan KAP, PIN, dan kode pembayaran. Setelah itu, peserta diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000 ke bank BNI, Mandiri, atau BTN. Nantinya, peserta akan diberikan tanda bukti pembayaran oleh pihak bank.

Peserta yang sudah membayar selanjutnya login menggunakan KAP dan PIN ke website resmi SBMPTN. Peserta diminta untuk mengisi biodata dan memilih prodi. Setelah semua selesai, peserta dapatr mencetak kartu tanda peserta.

Ujian Tertulis (16 Mei 2017)

Ujian tertulis terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). Bagi peserta seleksi di bidang sains dan teknologi (saintek), akan da Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) berisi ujian matematika, biologi, kimia, dan fisika. Bagi peserta seleksi di bidang sosial an humaniora (soshum), akan ada Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) berisi ujian sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Peserta ujian campuran mengerjakan baik TKD Saintek dan TKD Soshum.

Ujian Ketrampilan (17 Mei-18 Mei 2017)

Khusus untuk peserta yang seleksi di program studi seni tari, seni rupa, seni drama, seni musik, dan olahraga, ada ujian ketrampilan yang dilakukan untuk menguji kemampuan peserta terkait dengan program studi yang diminati. Materi ujian ketrampilan di antaranya meliputi ketrampilan dasar, wawasan umum, dan kemampuan fisik (bagi prodi olahraga).

Pengumuman Hasil Seleksi (13 Juni 2017)

Pengumuman hasil seleksi ini dapat diakses di web resmi SBMPTN.

Sudah jelas, kan tentang jadwal dan proses SBMPTN 2017? Bagi kalian yang pengen banget masuk perguruan tinggi negeri, jangan sia-siakan kesempatan SBMPTN ini ya. Selain tahun ini kuota untuk peserta SBMPTN bertambah menjadi 40%, makin banyak pula perguruan tinggi negeri yang mengikuti seleksi jenis ini, jadi kesempatan kalian untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri semakin tinggi.

Jangan lupa pula jika beberapa perguruan tinggi negeri juga akan menggunakan nilai SBMTPN untuk penilaian seleksi mandiri (SM). Jadi, bagi kalian yang tidak lolos SBMTPN, nilai kalian masih bisa digunakan di seleksi mandiri (SM) di universitas tertentu. Makin tertarik kan ikut SBMPTN? Makanya, jangan lupa ingat-ingat terus jadwal dan proses SBMPTN 2017 di atas tadi. Tetap semangat, ya!

Setelah mengetahui Jadwal dan Proses SBMPTN 2017, saatnya kamu ketahui kos kosan yang ada di sekitar kampus yang menjadi idamanmu itu:

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Berikut Jadwal dan Proses SBMPTN 2017 yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =