Mengetahui passing grade SBMPTN IPB terbaru 2017 tentunya adalah hal yang wajib bagi kalian yang tahun ini mengikuti SBMPTN dan ingin masuk ke Institut Pertanian Bogor atau IPB. Passing grade pada dasarnya adalah batas nilai minimal yang dipakai sebagai acuan untuk memilih program studi di suatu universitas. Semakin tinggi passing grade-nya, maka akan semakin sulit kalian masuk ke prodi tersebut. IPB sebagai salah satu PTN terfavorit di Indonesia tentunya memiliki passing grade yang cukup tinggi bagi setiap prodinya, baik di prodi IPA maupun IPS. Namun, hal ini tidak seharusnya membuat nyalimu ciut untuk memilih IPB sebagai kampus pilihanmu pada saat SBMPTN.

Untuk bisa lulus SBMPTN 2017, kamu harus pamah banget nih soal passing grade SBMPTN IPB terbaru 2017 karena passing grade ini akan membantumu untuk memilih prodi yang memberimu peluang lebih besar untuk bisa kuliah di IPB. Memang, rahasia umumny adalah untuk bisa mempunyai peluang lebih besar lulus SBMPTN 2017 dan masuk IPB, kamu harus memilih jurusan atau prodi di IPB yang mempunyai passing grade yang cenderung sedang atau rendah. Apalagi, kalau kemampuan akademikmu biasa-biasa saja. Jangan pernah memilih jurusan/prodi dengan passing grade tinggi (yang notabenenya biasanya prodi favorit). Di sini kamu akan bersaing dengan banyak peserta-peserta yang kemampuan akademiknya mungkin di atasmu dan kemungkinan untuk lolos SBMPTN 2017 menjadi lebih kecil.

Di IPB, jurusan-jurusan favorit dengan passing grade tinggi salah satunya adalah Jurusan Ilmu Komputer. Selain itu, jurusan/prodi lainnya juga rata-rata memiliki passing grade yang lumayan tinggi. Hal ini dikarenakan Institut Pertanian Bogor ini memang  merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru dari seluruh Indonesia. Jadi gak cuma calon maba asal Bogor aja, tapi calon maba dari seluruh Indonesia juga banyak yang niat pengen kuliah di IPB. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan statistik pendaftaran mahasiswa baru di IPB yang setiap tahunnya pasti semakin meningkat.

IPB memiliki banyak sekali program studi yang bisa kamu pilih. Semua program studi tersebut dikelola oleh 9 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, 1 program diploma, dan 1 sekolah bisnis yang dimiliki oleh IPB. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja jurusan di IPB, berikut adalah daftarnya:

  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  • Fakultas Ekologi Manusia

Untuk kamu yang mengambil prodi-prodi yang berhubungan dengan IPA, berikut ini adalah passing grade SBMPTN IPB terbaru 2017 untuk prodi-prodi IPA:

 Program Studi  Passing Grade
Ilmu Komputer 40,47%
Statistika 41,53%
Kimia 40,33%
Matematika 40,40%
Fisika 29,30%
Biologi 36,63%
Meteorologi Terapan 28,20%
Biokimia 35,23%
Kedokteran Hewan 35,40%
Proteksi Tanaman 30,63%
Arsitektur Lansekap 32,77%
Agronomi dan Hortikultura 28,10%
Agribisnis 30,07%
Ilmu Keluarga dan Konsumen 22,89%
Ilmu Gizi 34,60%
Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 29,27%
Teknik Sipil Dan Lingkungan 36,63%
Teknik Mesin Dan Biosistem 37,20%
Teknologi Pangan 40,13%
Teknologi Industri Pertanian 32,90%
Ilmu Dan Teknologi Kelautan 29,00%
Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya 31,37%
Teknologi Hasil Perairan 30,13%
Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap 28,33%
Manajemen Sumberdaya Perairan 29,63%
Silvikultur 23,50%
Teknologi Hasil Hutan 24,67%
Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata 34,07%
Manajemen Hutan 34,87%
Nutrisi dan Teknologi Pakan 29,73%
Teknologi Produksi Ternak 25,00%

Untuk prodi-prodi IPA di atas, prodi dengan passing grade paling tinggi dipegang oleh Program Studi Statistika sedangkan untuk prodi dengan passing grade terendah adalah Program Studi Ilmu Keluarga dan Konsumen. Kalau kamu punya kemampuan akademik yang pas-pasan namun tetap pengen masuk ITB, kamu bisa pilih prodi yang memiliki passing grade rendah atau sedang. Passing grade menunjukkan peminat peserta SBMPTN pada prodi tersebut. Semakin tinggi passing grade prodinya, biasanya peminat dari prodi tersebut semakin banyak. Demikian pula jika passing grade prodi tersebut rendah, biasanya tak banyak calon maba yang tertarik pada prodi tersebut.

Bagi kamu yang mengambil prodi-prodi IPS dan ingin lolos SBMPTN 2017 IPB jurusan IPS, simak baik-baik passing grade SBMPTN IPB terbaru 2017 prodi IPS di bawah ini:

 Program Studi  Passing Grade
Manajemen Sumberdaya Lahan 33,50%
Manajemen 33,80%
Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 29,07%
Ekonomi Dan Studi Pembangunan 32,83%
Ekonomi Syariah 26,67%

Untuk prodi-prodi IPS di atas, prodi dengan passing grade paling tinggi dipegang oleh Program Studi Manajemen sedangkan untuk prodi dengan passing grade terendah adalah Program Studi Ekonomi Syariah.

|| Baca : Jurusan IPB yang Sepi Peminat 2016 ||

Nah, udah tau kan daftar passing grade SBMPTN IPB terbaru 2017? Sekarang kamu udah bisa tau nih prodi yang mana yang bakalan susah ditembus dan yang mana yang notabenenya lebih gampang dan besar peluangnya utuk bisa ditembus. Kalau kamu memang mengincar prodi tertentu di IPB dan ternyata passing grade nya cukup tinggi, kamu gak boleh menyerah dan tetep harus cari cara gimana bisa lolos. Kamu bisa lebih giat belajar, latihan soal, dan berdoa tentu saja. Oh iya, untuk pilihan yang kedua, jangan pilih prodi dari IPB atau dari PTN lain yang passing grade nya juga tinggi ya. Karena, jika passing grade dari kedua prodi pilihan kamu cukup tinggi, maka akan kecil kemungkinannya kamu bisa lolos SBMPTN 2017 ini.

Untuk yang nantinya bisa lolos SBMPTN 2017 dan berhasil kuliah di IPB, selamat ya! Kamu berhasil jadi mahasiswa di salah satu universitas negeri paling ternama di Indonesia. Kalau kamu berasal dari luar Bogor, segera cari kost di sekitar IPB deh. Banyak kok kos-kosan mahasiswa di sekitar lokasi kampus IPB. Biar gak keburu-buru, nyari kostnya jangan nanti-nanti ya. Kalau carinya nanti-nanti, bakalan susah tuh kamu dapat kost yang murah dan fasilitasnya baik. Secara, maba IPB yang dari luar Bogor bukan cuma kamu aja lho.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 13,816 times, 706 visits today)
Ini Dia Daftar Passing Grade SBMPTN IPB Terbaru 2017 Prodi IPA dan IPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *