Pengumuman hasil SBMPTN 2017 membawa kabar bahagia bagi peserta yang dinyatakan lolos test dan diterima di PTN, namun ada juga yang harus menerima kabar kurang mengenakkan karena dinyatakan gagal masuk PTN lewat jalur SBMPTN ini. Bagi kamu yang ingin kuliah S1 di Universitas Diponegoro yang notabenenya adalah PTN paling bergengsi di kota Semarang namun gagal di SBMPTN, kamu masih punya satu kesempatan lagi untuk masuk Undip yaitu melalui jalur SM (seleksi mandiri). SM di Undip dikenal dengan nama seleksi Ujian Mandiri atau UM. Kalau kamu pengen tau lebih banyak tentang UM Undip, berikut informasinya untukmu.

  1. Siapa Saja yang Bisa Mendaftar UM Undip?

UM Undip adalah seleksi mahasiswa S1 di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Mereka yang bisa mengikuti seleksi UM Undip tahun 2017 ini pada dasarnya adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk lulusan kejar paket C) yang lulus tahun 2015, 2016, dan tahun 2017. Mereka harus memenuhi persyaratan kesehatan fisik yag ditetapkan oleh program studi dan juga tidak buta warna.

  1. Apa Saja Pilihan Seleksi di UM Undip?

Ada tiga pilihan seleksi yaitu SAINTEK (IPA), SOSHUM (IPS), dan CAMPURAN (IPC). Untuk kelompok SAINTEK, materi ujiannya adalah: Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia. Untuk kelompok SOSHUM, materi ujiannya adalah: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, IPS Terpadu (Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi), Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan. Untuk kelompok IPC, materi ujiannya adalah: IPS Terpadu (Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi), Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika Dasar, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan Kimia.

  1. Di Mana Sajakah Lokasi Ujian Tulis UM Undip?

Lokasi ujian ada di Kampus Undip Tembalang dan Pleburan serta di 19 kota lainnya di Indonesia. Kota-kota tersebut adalah: Yogyakarta, Jepara, Palembang, Jakarta, Pekanbaru, Bekasi, Medan, Tangerang, Surabaya, Cibubur, Bandung, Banjar Baru, Makassar, Batam, Mataram, Bandar Lampung, Denpasar, Balikpapan, dan Bontang.

  1. Berapa Biaya Pendaftaran UM Undip?

Untuk peserta kelompok SAINTEK yang memilih lokasi ujian di Semarang, biaya pendaftarannya Rp. 300.000, sedangkan yang memilih likasi tes di luar kota Semarang biayanya Rp. 375.000. Untuk peserta kelompok SOSHUM yang memilih lokasi ujian di Semarang, biaya pendaftarannya Rp. 300.000, sedangkan yang memilih likasi tes di luar kota Semarang biayanya Rp. 375.000. Untuk peserta kelompok CAMPURAN yang memilih lokasi ujian di Semarang, biaya pendaftarannya Rp. 350.000, sedangkan yang memilih likasi tes di luar kota Semarang biayanya Rp. 425.000.

|| Baca : 5 Jalur Masuk UGM Selain Lewat SNMPTN dan SBMPTN

  1. Bagaimana Proses Verifikasi Peserta UM Undip?

Proses verifikasi dilaksanakan 1 jam sebelum ujian tertulis. Syarat-syarat untuk melakukan verifikasi adalah membawa karty ujian, kartu identitas, dan fotocopy ijazah atau fotocopy surat keterangan lulus. Verifikasi pendaftaran dilakukan di ruangan ujian setelah peserta duduk di tempat yang sudah sesuai dengan nomor peserta.

  1. Kapan Pendaftaran UM Undip Dibuka?

Untuk mengetahui kalender pendaftaran UM Undip, berikut adalah tabelnya:

Tanggal Kegiatan
24 Mei – 24 Juni 2017 Pendaftaran Ujian Mandiri tahun 2017
8 Juli 2017 Ujian Tulis
18 Juli 2017 Pengumuman hasil seleksi
19 – 20 Juli 2017 Pendaftaran ulang peserta yang lolos seleksi

Lokasi ujian di tiap kota dan informasi ruang ujian akan diumumkan minimal tujuh hari sebelum tanggal ujian melalui website resmi universitas.

Nah bagi kamu yang belum dinyatakan lolos test di pengumuman hasil SBMPTN 2017, kamu gak perlu khawatir karena masih ada jalur SM, salah satunya seperti UM Undip di atas. Kesempatan untuk masuk PTN masih terbuka kok, ayo semangat dan mulai persiapkan diri lagi untuk ikut ujian SM!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 3,619 times, 23 visits today)
Informasi Tentang Seleksi Ujian Mandiri S1 Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *