Universitas Budi Luhur adalah salah satu universitas swasta yang paling bergengsi di Jakarta. Gedung universitas ini terletak di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pada awalnya, universitas ini berdiri sebagai sebuah akademi. Akademi yang saat itu bernama Akademi Ilmu Komputer Budi Luhur ini berdiri pada tahun 1979. Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan sekolah tinggi tingkat lanjutan, akademi tersebut kemudian berganti menjadi sebuah universitas dan disebut dengan Universitas Budi Luhur. Pergantian dari akademi ke universitas ini terjadi pada tahun 2002 berdasarkan keputusan dari Menteri Pendidikan Nasional. Saat ini, Universitas Budi Luhur menjadi salah satu universitas swasta yang diminati oleh banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kalau kamu juga pengen kuliah di Universitas Budi Luhur, baca dulu nih informasi tentang pendaftaran dan biaya kuliah Universitas Budi Luhur.

Saat ini, Universitas Budi Luhur memiliki 5 fakultas dan 1 akademik. Semuanya tersedia dengan jenjang S1 dan D3. Semua prodi di universitas ini sudah terakreditasi oleh BAN PT dan memiliki status disamakan bagi yang D3. Beberapa di antara fakultas yang dimiliki oleh Universitas Budi Luhur adalah Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki satu prodi yaitu prodi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ekonomi memiliki dua prodi yaitu prodi Akuntansi dan Manajemen. Fakultas Teknik memiliki prodi Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Arsitektur. Fakultas Teknologi Informasi memiliki tiga prodi yaitu prodi Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Teknik Informatika. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki prodi Hubungan Internasional  dan Kriminologi.

  1. Pendaftaran Kuliah Universitas Budi Luhur Tahun Ajaran 2016/ 2017

Untuk menjadi mahasiswa baru di Universitas Budi Luhur tahun ajaran baru ini, ada 2 program atau 2 jalur pendaftaran yang bisa kalian coba. Jalur yang pertama adalah jalur umum dan jalur yang kedua adalah jalur beasiswa.

Jalur Umum

Syarat-syarat untuk mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Budi Luhur lewat jalur umum adalah:

  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000
  • Membawa berkas-berkas berupa foto copy buku rapor SMU terutama kelas XI semester II dan kelas XII semester I dan II, foto copy KTP yang masih berlaku, dan fotocopy Kartu Keluarga (KK).

Keterangan-keterangan seputar pendaftaran lewat jalur umum:

  • Calon mahasiswa yang memiliki nilai raport dengan rata-rata di atas 9 dan mendaftar lewat jalur umum akan mendaparkan subsidi berupa tidak dikenai Biaya Investasi Pendidikan (BIP). Jika calon mahasiswa ingin mendapatkan subsidi penuh, maka diizinkan untuk mengikuti test subsidi atau test beasiswa jalur umum.
  • Setiap calon mahasiswa yang ingin mengikuti test subsidi atau test beasiswa jalur umum hanya diberikan kesempatan sebanyak satu kali.
  • Apabila dinyatakan lolos dan mendapat beasiswa, maka beasiswa akan diberikan setiap semester dengan syarat mahasiswa mahasiswa mendapatkan IP (indeks prestasi) di atas 3,00 di semester pertama. Jika IP lebih dari 3,0, beasiswa akan diberikan dan dilanjutkan untuk semester berikutnya. Jika IP mahasiswa kurang dari 3,0, maka beasiswa akan dihentikan untuk semester berikutnya. Namun, mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa kembali apabila IP semester mencapai 3,0.
  • Calon mahasiswa dapat pindah program studi asalkan masih alam satu fakultas. Perpindahan ini hanya berlaku satu kali.
  • Apalabila calon mahasiswa ingin pindah ke fakultas yang berbeda, maka diwajibkan melakukan pendaftaran dari awal.

Jalur Beasiswa

Untuk mendaftar menjadi mahasiswa Universitas Budi Luhur lewat jalur beasiswa, ada dua jenis beasiswa yang bisa dipilih, yaitu

  • Beasiswa Akademik
  • Beasiswa Non Akademik

Syarat untuk mendapatkan beasiswa akademik:

  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000
  • Memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional SMA di atas 7,00 dan SMK di atas 7,50 bagi calon mahasiswa yang lulus pada tahun 2015.
  • Memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional SMA di atas 6,00 dan SMK di atas 6,50 bagi calon mahasiswa yang lulus pada tahun 2016.
  • Sama seperti beasiswa yang diberikan pada mahasiswa yang mendaftar di jalur umum, pemberian beasiswa pada jalur mahasiswa ini juga akan dinilai berdasarkan IP tiap semesternya. Apabila dinyatakan lolos dan mendapat beasiswa, maka beasiswa akan diberikan setiap semester dengan syarat mahasiswa mahasiswa mendapatkan IP (indeks prestasi) di atas 3,00 di semester pertama. Jika IP lebih dari 3,0, beasiswa akan diberikan dan dilanjutkan untuk semester berikutnya. Jika IP mahasiswa kurang dari 3,0, maka beasiswa akan dihentikan untuk semester berikutnya. Namun, mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa kembali apabila IP semester mencapai 3,0.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa non akademik:

  • Tidak dikenai biaya pendaftaran.
  • Merupakan atlet berprestasi yang memiliki prestasi tingkat nasional atau provinsi.
  • Membawa berkas dokumen berupa medali, sertifikat, atau foto pada saat mengikuti kompetisi.
  • Lolos test tertulis dan test praktik.
  1. Biaya Kuliah Universitas Budi Luhur Tahun Ajaran 2016/ 2017

Untuk dapat kuliah di universitas ini, tentunya ada biaya yang harus dibayarkan. Jika lolos test dan diterima di universitas ini, biaya yang harus dibayar di antaranya adalah Biaya Investasi Pendidikan dan uang kuliah semster I. Berikut ini adalah biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa. Biaya kuliah berbeda-beda tergantung fakultas dan prodi yang diambil oleh calon mahasiswa.

Biaya di atas adalah biaya yang harus dibayar oleh calon mahasiswa pada saat mendaftar di Universitas Budi Luhur. Untuk biaya semetser dua dan seterusnya, berikut daftarnya:

Nah, sudah tau bukan informasi lengkap tentang pendaftaran dan biaya untuk bisa kuliah di universitas swasta bergengsi di Jakarta ini? Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau mau langsung mendaftar di universitas ini, kalian bisa membuka situs resmi Universitas Budi Luhur atau bisa langsung datang ke gedung universitasnya. Semangat!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Informasi Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Budi Luhur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − ten =