Universitas Kristen Maranatha Bandung merupakan salah satu universitas swasta yang kerap memberikan program beasiswa. Universitas ini memang termasuk universitas swasta yang memiliki reputasi baik dan menjadi favorit para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Universitas yang didirikan pada tahun 1965 ini kini telah memiliki 9 fakultas dengan 18 program sarjana, 4 program diploma, 4 program pasca sarjana, dan 3 program profesi. Hingga hari ini, universitas ini masih terus berkomitmen dalam memberikan pendidikan tinggi pada masyarakat. Oleh karenanya, pihak universitas cukup rajin membuka program beasiswa agar mereka yang merasa tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas karena kendala biaya pun tetap dapat kuliah.

Kalau kamu saat ini sedang mencari program beasiswa dan Universitas Kristen Maranatha Bandung menjadi salah satu tujuan universitas yang kamu cita-citakan, berikut adalah informasi program beasiswa yang dibuka oleh universitas ini untuk tahun ajaran 2017/2018.

  1. Beasiswa Prestasi

Program beasiswa yang pertama dari Universitas Kristen Maranatha Bandung tahun ajaran ini adalah beasiswa prestasi. Beasiswa ini adalah beasiswa yang akan diberikan untuk calon mahasiswa baru yang telah diterima di universitas ini lewat jalur USM. Beasiswa ini berupa keringanan biaya. Mahasiswa yang mendapat beasiswa ini akan mendapatkan pengurangan biaya Sumbangan Pembangunan Wajib dan Biaya Pengemambangan Semester I. Pengurangan biaya akan dilakukan sesuai dengan predikat juara calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang memiliki prestasi juara umum di sekolah asal dan mendapat peringkat I akan mendapat potongan sebesar 40%. Calon mahasiswa yang memiliki prestasi juara umum di sekolah asal dan mendapat peringkat II akan mendapat potongan sebesar 35%. Sedangkan calon mahasiswa yang memiliki prestasi juara umum di sekolah asal dan mendapat peringkat III akan mendapat potongan sebesar 30%. Pengajuan beasiswa dapat disampaikan secara tertulis dan ditujukan pada Rektor Universitas Kristen Maranatha Bandung. Surat pengajuan dapat diberikan lewat Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan harus sudah dilengkapi berkas-berkas yang lengkap.

Syarat untuk dapat mendaftar program Beasiswa Prestasi adalah:

  • Calon mahasiswa telah diterima sebelumnya di Universitas Kristen Maranatha Bandung lewat jalur USM.
  • Calon mahasiswa memiliki predikat juara umum di sekolah asal (SMA/SMK) dengan predikat juara umum I, II, atau III.
  • Mendapatkan bukti rekomendasi dari kepala sekolah SMA/SMK.
  • Penilaian asal sekolah ditentukan oleh pihak universitas.
  1. Beasiswa Pegawai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha

Beasiswa Pegawai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha atau Beasiswa Pegawai YPTKM adalah beasiswa yang diberikan kepada anak pegawai YPTKM yang terdaftar secara resmi di Universitas Kristen Maranatha. Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha adalah yayasan di mana universitas ini bernaung. Pegawai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha yang memiliki anak yang sedang kuliah di Universitas Kristen Maranatha dapat mengajukan beasiswa sehingga nanti mendapatkan keringanan berupa pengurangan biaya pendidikan. Untuk mengajukan beasiswa ini, formulir dan kelengkapannya dapat diajukan kepada pemimpin unit kerja. Jumlah beasiswa yang diberikan adalah untuk dua orang anak per semesternya. Anak pegawai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha yang sudah mendapatkan beasiswa yang lain baik dari universitas atau pihak lainnya tidak boleh mengajukan beasiswa pegawai ini. Besaran potongan biaya pendidikan disesuaikan dengan kategori pegawai.

  1. Beasiswa Keluarga Badan Pendukung

Beasiswa yang ketiga ini adalah beasiswa yang diberikan kepada anak dari anggota Yayasan, Tenaga Pendidik, Pengurus Setempat, dan Tenaga Kependidikan Tetap dari BPPK GKP dan BPK PENABUR. Beasiswa ini juga dapat diberikan untuk anak kandung dari Pendeta Gereja di Gereja Kristen Pasundan (GKP) atau Gereja Kristen Indonesia (GKI). Bentuk dari beasiswa ini adalah berupa pengurangan atau potongan biaya pendidikan. Biaya pendidikan yang dipotong adalah Sumbangan Pembangunan Wajib (bagi maba semester I), Biaya Pengembangan, dan Paket Biaya Kuliah Reguler. Besar potongan akan berbeda setiap fakultas. Sama seperti beasiswa Pegawai Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha, bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa yang lain, tidak diperkenankan mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini.

Syarat-syarat untuk dapat mendaftar program Beasiswa Keluarga Badan Pendukung adalah:

  • Belum pernah menikah.
  • Lulus seleksi USM atau sudah terdaftar secara resmi di Universitas Kristen Maranantha.
  • Untuk mahasiswa semester II dan seterusnya memiliki IPK minimum 2,00.

Keterangan program Beasiswa Keluarga Badan Pendukung:

  • Beasiswa ini hanya diberikan kepada maksimum dua orang setiap semesternya
  • Beasiswa ini tidak berlaku untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi
  • Beasiswa ini berlaku untuk satu semster
  • Beasiswa ini dapat diperpanjang maksimal untuk 6 semester bagi mahasiswa program D3 dan 8 semester bagi mahasisa S1, dengan syarat IPK yang memenuhi standar.
  1. Beasiswa untuk Anak Pendeta Gereja

Beasiswa ini adalah jenis beasiswa yang diberikan kepada anak kandung dari Pendeta Gereja yang bertugas di luar Gereja Kristen Pasundan (GKP) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI). Anak kandung dari Pendeta Gerja sudah harus terdaftar di Universitas Kristen Maranatha atau sudah mendaftar sebagai calon mahasiswa baru. Beasiswa yang diberikan kepada penerima adalah berupa pengurangan pembayaran Sumbangan Pembangunan Wajib dan Biaya Pengembangan Semester I.

Keterangan program Beasiswa Keluarga Anak Pendeta Gereja:

  • Beasiswa ini hanya diberikan kepada maksimum dua orang setiap semesternya
  • Beasiswa ini tidak berlaku untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi
  • Calon penerima beasiswa terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa Universitas Kristen Maranatha
  • Calon mahasiswa telah mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Kristen Maranatha dan sudah lulus seleksi.

Beasiswa yang tersedia di Universitas Kristen Maranatha Bandung tidak hanya empat beasiswa di atas saja. Universitas ini juga membuka kerja sama dengan penyedia program beasiswa yang lainnya sehingga mahasiswa pun bisa mencoba mendaftar berbagai program beasiswa lewat pihak kampus. Beberapa di antara program beasiswa dari luar yang dapat dicoba oleh mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung adalah Beasiswa Djarum, Beasiswa BCA, Beasiswa Adi Cipta Motora, Beasiswa BNI, Beasiswa Scranton Woman Leadership, Beasiswa Pemerintah Kotamadya Bandung, dan masih banyak lagi.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

Informasi Beasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung TA 2017/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =