Haruskah Kita Ikut OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus)? – Orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang akrab kita kenal dengan OSPEK seringkali menjadi momok mahasiswa baru saat baru masuk kuliah. Karena banyak tugas-tugas ‘aneh’ dan berat, dimarahi oleh kakak tingkat, dan banyak hal lainnya yang cukup menyulitkan mahasiswa baru. Namun yang menjadi pertanyaan mendasarnya mungkin adalah memangnya kita harus ikut OSPEK? OSPEK penting gak sih? Haruskah kita ikut OSPEK? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan!

1. Jalan masuk untuk aktif kepanitiaan dan organisasi

haruskah kita ikut ospek?

Biasanya, ospek di kampus adalah jalan pertama (bahkan utama) agar kamu dapat aktif berorganisasi di lingkungan universitas atau fakultasmu. Ospek juga biasanya dilakukan berkali-kali, ada ospek universitas, fakultas, serta jurusan. Tidak mengikuti salah satu ospek tersebut pastinya akan ada konsekuensinya. Biasanya, kampus memiliki kebijakan untuk yang tidak mengikuti atau tidak lulus ospek status kemahasiswaannya tidak akan aktif. Tidak aktif di sini bukan berarti tidak bisa kuliah, bukan. Namun, tidak dapat mengikuti organisasi atau kepanitiaan tertentu dan tidak akan dapat memegang jabatan dalam kegiatan kemahasiswaan. Oleh karena itu, jika niat kamu ke depannya adalah berorganisasi atau mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan di kampus, ikutilah ospek dengan baik agar hakmu tidak dicekal.

2. Banyak sekali kesempatan untuk menambah teman

Pada saat menjadi mahasiswa baru, biasanya situasinya memang awkward antar mahasiswa-mahasiswanya, namun ketika ospek, justru situasi yang masih canggung ini ternyata dapat bermanfaat untuk menambah teman! Ya, ketika ospek perkenalkan diri saja kepada teman di sebelahmu, karena sangat mudah untuk mencari teman. Sebab semuanya sama-sama dalam keadaan canggung! Berbeda jika sudah satu atua dua tahun kuliah, berkenalan jadinya terasa sangat sulit jika tidak ada hubungan organisasi, kelas, atau kegiatan kemahasiswaan. Maka, ospek dapat menjadi ajang kamu untuk mencari teman. Sedangkan jika tidak mengikuti ospek, kamu membuang kesempatan kemudahan mencari teman di awal sebelum masuk kegiatan perkuliahan.

3. Mengenal bagaimana budaya kampus

Ya, saat ospek kita secara langsung maupun tidak langsung akan tahu bagaimana budaya di universitas tersebut. Misalnya di salah satu fakultas, budayanya adalah selalu mengucapkan salam ke kakak tingkatnya, atau di fakultas lain, budayanya adalah selalu serius dalam berkompetisi olahraga. Semua itu akan kita ketahui secara langsung di ospek. Terutama ketika tugas wawancara dan lain sebagainya, jangan anggap hal tersebut buang-buang waktu, ternyata tidak lho! Kita jadi tahu berbagai budaya yang ada di universitas, fakultas, atau jurusan kita.

4. Mengetahui sistem akademik fakultas dan universitas

Dalam ospek biasanya akan ada rangkaian kegiatan di mana dosen akan menjelaskan pada kamu tentang bagaimana menghitung IPK, bagaimana cara mengambil kelas, dan lain sebagainya. Nah, ini cukup penting sih, jika kamu berencana untuk tidak mengikuti ospek pun seharusnya kamu tetap hadir dalam ospek kegiatan ini, karena cukup krusial terhadap masa depan akademis kamu di kampus. Jangan sampai ketika teman kamu sedang mengambil kelas X, eh kamu malah belum tahu dan kikuk tentang cara mengambil kelas!

Well, begitulah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dari OSPEK. Kembali lagi ke pertanyaan mendasar, haruskah kita ikut ospek? Itu terserah kamu! Ospek memang memiliki banyak konsekuensi, namun bukan saja negatif, tapi banyak manfaat positif, jadi pertimbangkanlah semua itu jika kamu merencanakan untuk tidak mengikuti ospek. Semoga bermanfaat!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

 

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

Haruskah Kita Ikut OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus)?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − seven =