Teman-teman mungkin sudah tidak asing dengan kata-kata akreditasi dari sekolah maupun kampus. Kenapa tidak? Setiap akan masuk sekolah, biasanya sekolah baik sekolah negeri maupun swasta kebanyakan menuliskan akreditasinya di gerbang sekolahnya. Tak jarang pula akreditasi ini digembar-gemborkan di websitenya, media sosial, dan lain sebagainya. “Akreditasi A” tulisnya, atau “Terakreditasi oleh BAN-PT”. Namun seiring makin maraknya sekolah-sekolah baru sekarang, baik pemerintah, guru, atau orang tua kita sepertinya tidak pernah menjelaskan kepada kita apa itu akreditasi, apa artinya, dan kenapa akreditasi penting. Di internet pun hanya satu atau dua website saja yang memberikan penjelasan lengkap tentang akreditasi.

apa itu akreditasi

Jadi, apa itu akreditasi?

Akreditasi sejatinya adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi. Secara simpelnya, akreditasi adalah nilai kampus atau sekolah tersebut dalam beberapa kriteria. Pertanyaan yang ada di kepala anda mungkin, lalu siapa badan akreditasi di Indonesia yang resmi? Well, badan yang melakukan akreditasi kepada sekolah-sekolah dan kampus yang ada di Indonesia adalah BAN-PT. Jadi akreditasi hanya akan resmi kalau BAN-PT yang melakukannya. Nah, akreditasi ini selalu diperbaharui setiap 5 tahun sekali oleh perguruan tinggi atau sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Memangnya akreditasi penting? Kenapa akreditasi penting?

Sebelumnya, kita harus tahu apa saja yang dinilai dalam akreditasi, mengutip dari website Filosofi Remaja, point yang dinilai adalah:

  1. Kurikulum dari setiap program pendidikan
  2. Jumlah dosen / tenaga pendidik.
  3. Keadaan mahasiswa / murid
  4. Koordinasi pelaksanaan pendidikan
  5. Sarana dan prasarana pendidikan.
  6. Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan rumah tangga dari sekolah / perguruan tinggi.

Jika diperhatikan indikator-indikator apa saja yang dinilai dalam akreditasi, maka ternyata akreditasi sangatlah signifikan dalam menentukan apakah sebuah sekolah unggulan atau tidak, ‘bagus’ atau tidak.

Berikut matriks skor nilai dalam akreditasi, untuk yang di bawah C, berarti sekolah atau perguruan tinggi tersebut tidak / belum terakreditasi oleh BAN-PT, yang berarti kualitasnya masih belum layak untuk dibuka.

  1. Akreditasi A = 361 – 400
  2. Akreditasi B = 301 – 360
  3. Akreditasi C = 201 – 300

Yang perlu kamu perhatikan tentang akreditasi

Sayangnya, akreditasi di Indonesia masih belum bisa dibilang optimal. Memang, terkesan pertumbuhan perguruan tinggi di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali sekolah atau perguruan tinggi yang dibuat setiap tahunnya. Namun masalahnya? Ada ratusan, bahkan ribuan perguruan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi oleh BAN-PT!

Maka, yang harus kamu perhatikan sebelum daftar ke sekolah atau ke perguruan tinggi adalah satu hal ini: PERHATIKAN AKREDITASINYA! Karena kalau kampus / tempat sekolah tempat kamu berkuliah belum terakreditasi, ijazahmu ilegal! Untuk mengetahui akreditasi perguruan tinggi, kamu bisa cek di website resmi BAN-PT di sini! http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php/

Nah, apa hal ke-dua yang harus diperhatikan sebelum daftar atau berkuliah? Cari kost yang tepat! Eits, tenang! Tidak sesulit memperhatikan akreditasi kok. Mamikos dapat memberikannya secara efektif dan efisien untuk anda

Kategori: Apa itu Akreditasi? dan Mengapa Akreditasi Penting?

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877-3872-4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

 

(Visited 28,728 times, 1,404 visits today)
Apa itu Akreditasi dan Mengapa Hal Tersebut Penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *