Kesehatan menjadi hal penting yang harus kita jaga dan diperhatikan secara serius. Terutama kepada makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus kita pikirkan gizi dan kandungan zat berbahaya yang ada didalamnya. Jika anda sudah mempraktekan 4 sehat 5 sempurna setiap hari dan ditambah dengan olahraga bisa dipastikan kesehatan anda lebih terjamin.

Dalam 4 sehat 5 sempurna tersebut yang nomor 4 adalah mengkonsumsi buah-buahan. Jika anda meninggalkan mengkonsumsi buah berarti tubuh anda kekurangan asupan mineral dan serat yang sangat penting untuk tubuh anda. Buah juga bermanfaat menjadi antioksidan yang mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Nah berikut ini ada beberapa  8 Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya bagi kesehatan yang bisa anda coba dirumah :

1. Apel

Buah apel - 8 Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya bagi kesehatan
Buah apel

Dengan menu berbahan dasar apel anda bisa membuat jus apel, apple pie, salad buah apel, keripik apel, saus apel, kue apel dan menu lainnya. Untuk manfaat apel bagi kesehatan yaitu menurunkan resiko penyakit jantung. Jadi bagi anda yang memiliki kadar gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi apel secara rutin karena zat flavanoid yang ada pada apel bisa menurunkan resiko penyakit jantung anda.

2. Pir

buah pir
buah pir

Menu berbahan buah buah pir bisa dibuat menjadi jus, salad, isian sayur, pir rebus, cake buah pir, smoothie pir dan lainnya. Manfaat yang dapat diambil dari buah pir ini bisa untuk pencegah kanker, penurun tekanan darah, penurun kolesterol, menjaga kesehatan usus, mengatasi sembelir dan meningkatkan energi. Buah ini juga menjadi sumber serat dan sumber vitamin C, vitamin E, antioksidan dan kandungan nutrisi lainnya.

3. Pisang

buah pisang
buah pisang

Hasil olahan dari pisang ini bisa menjadi es pisang ijo, pisang keju, pisang goreng, nugget pisang, kue bolu pisang, brownis pisang, banana cake dan lain sebagainya. Untuk manfaat buah pisang untuk kesehatan dipercaya bisa melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, mencegah anemia, diabetes, liver dan asma. Selain buahnya, kulit pisang ternyata juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat, mengobati luka, memutihkan gigi, mengatasi sakit kepala dan menghambat penuaan dini.

4. Buah Naga

Resep buah naga - 8 Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya bagi kesehatan
Resep buah naga

Buah yang berasal dari meksiko ini memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh diantaranya bisa mencegah kanker, mencegah diabetes melitus, membantu pembentukan hemoglobin, menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan tulang. Untuk olahan berbahan dasar buah naga ini bisa menjadi jus buah naga, bolu buah naga, puding, sorbet, sate buah naga dan olahan lainnya.

5. Semangka

semangka
semangka

Kandungan yang terdapat pada buah semangka yaitu vitamin A, B1, B6, C dan asam amino yang berfungsi untuk memperkuat kekebalan pada tubuh serta kesehatan jantung. Menu olahan dari semangka ini bisa menjadi bolu semangka, cake semangka, puding semangka, jus semangka, sup semangka, agar-agar semangka dan lain sebagainya.

6. Pepaya

Es buah pepaya - 8 Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya bagi kesehatan
Es buah pepaya

Manfaat pepaya bagi kesehatan yaitu anti inflamasi, menguatkan sistem imun pada tubuh, menyehatkan tulang, mencegah penyakit jantung, melancarkan pencernaan dan menpercepat penyembuhan luka. Untuk menu yang bisa dihasilkan dari buah pepaya ini bisa dibuat menjadi kolak pepaya, puding pepaya, sorbet pepaya, sop pepaya, selai, cake pepaya, bolu pepaya dan lain sebagainya.

7. Stroberi

buah stroberi

Sebenarnya tidak hanya stroberi, tetapi ada blackberry, blueberry dan rasberry masih dalam keluarga buah berry. Manfaat buah berry bagi kesehatan adalah untuk mencegah radikal bebas, mengurangi tekanan darah, memperbaiki penglihatan, mencegah penyebaran sel kanker, penyakit jantung dan diabetes. Untuk olahan dari buah ini bisa menjadi jus, puding, pie, cake, kue bolu dan lain sebagainya.

8. Kiwi

Buah kiwi - Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya
Buah kiwi

Olahan yang bisa dihasilkan buah kiwi berupa jus kiwi, cake kiwi, smoothies kiwi, puding kiwi, sup buah dan lainnya. Kandungan vitamin C yang ada pada buah kiwi sudah bisa mencukupi untuk kebutuhan harian kita. Buah ini juga berperan untuk mencegah penyakit kanker, pembekuan darah dan menghindarkan dari stroke.

Demikian pembahasan mengenai olahan dan manfaat buah untuk kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang terutama tinggal dikostan usahakan agar bisa mengkonsumsi buah secara rutin agar kebutuhan serat dan mineral dalam tubuh anda terpenuhi.

8 Menu berbahan dasar buah dan manfaatnya bagi kesehatan

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

8 Menu Berbahan Dasar Buah dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =