Banyak tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya. Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan Lebaran jadi salah satu hari raya yang dirayakan dengan paling meriah di Indonesia. Baik pada hari H atau hari-hari menjelang Lebaran, sudah banyak tradisi unik yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Mau tau apa aja tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya? Simak deh daftar berikut ini.

  1. Mudik

    Mudik adalah istilah untuk kegiatan pulang ke kampung halaman pada saat Lebaran. Momen Lebaran kan memang cocok dijadikan momen untuk kumpul bersama keluarga besar. Alhasil, banyak orang yang bekerja atau kuliah di luar daerah asalnya yang kemudian melakukan kegiatan pulang kampung atau mudik ini. Di musim mudik Lebaran, biasanya tiket kereta api dan pesawat bisa jadi barang langka nih saking banyaknya pemudik di Indonesia. Demikian pula dengan tiket bus dan alat transportasi lainnya. Inilah mengapa banyak orang Indonesia yang rela pulang kampung dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor meski harus menempuh perjalanan jauh dan juga menembus kemacetan. Untunglah dari tahun ke tahun makin banyak perbaikan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah sehingga perjalanan mudik juga gak semacet tahun-tahun sebelumnya. Kini, sudah banyak ruas jalan tol baru yang bisa digunakan oleh pemudik yang mau pulang kampung dari kota-kota besar ke kota kelahirannya. Yang penting hati-hati di perjalanan dan fokus, ya.

    2. Makanan Khas LebaranAda banyak makananan khas Lebaran yang pasti disajikan saat acara silaturahmi keluarga besar. Makanan-makanan seperti opor ayam dan ketupat sayur memang udah jadi ikon makanan Lebaran. Gak lengkap deh rasanya Lebaran tanpa menyantap hidangan-hidangan khas Lebaran ini. Biasanya nih, sepulang dari shalat Idul Fitri, sajian pertama yang akan kamu nikmati ya adalah hidangan-hidangan ini. Memang sih makanan-makanan ini gak cuma dibuat khusus untuk merayakan Lebaran. Tapi, rasanya gak lengkap aja kalau di meja makan gak tersaji opor ayam dan ketupat sayur pas Lebaran. Iya, gak? Selain makanan berat, banyak juga kue kering khas Lebaran yang pasti ada di meja tiap rumah yang dikunjungi ketika bersilaturahmi. Nastar, kastengel, kue putri salju, dan lain sebagainya pasti akan mudah kamu temui. Kalau di hari-hari biasa di luar Lebaran, kue-kue ini biasanya jarang kamu temui. Iya, gak?

    3. THR

    Salah satu tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya pasti adalah THR. THR ini merupakan singkatan Tunjangan Hari Raya. Biasanya sih tunjangan berupa uang ini diberikan pada karyawan sebagai bentuk bantuan finansial dari perusahaan di mana dia bekerja. THR ini sudah banyak dinanti-nanti cairnya oleh banyak orang. Secara, pengeluaran menjelang Lebaran memang lebih banyak, sih. Selain harus beli tiket mudik, kita harus persiapan memberi hadiah Lebaran juga pada ponakan-ponakan. Makanya, kalau Lebaran harus dilalui tanpa THR, kayaknya berat deh. Sekarang ini sudah banyak kok perundang-undangan yang mengatur tentang THR. Ya, intinya wajib lah buat setiap pemilik perusahaan untuk memberikan THR pada karyawannya karena hal itu termasuk haknya para karyawan. Makanya, kalau sampai hari ini THR kamu gak cair-cair juga, kamu bisa minta kok. Lumayan kan buat tambah-tambah beli kebutuhan Lebaran.

    4. Mengirimkan Parcel Lebaran

    Parcel Lebaran yang isinya bisa berupa makanan, buah-buahan, atau bahkan peralatan makan sudah menjadi salah satu tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya. Banyak orang mengirimkan parcel Lebaran kepada kerabat, tetangga, maupun sanak saudaranya menjelang hari H Lebaran. Hal ini sebenarnya dilakukan untuk saling menjaga tali silaturahmi aja sih. Hingga kini tradisi kirim parcel ini masih terjaga dan masih banyak dilakukan oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tahun ini yang lagi hits adalah parcel tapi gak dibungkus dengan wadah berupa rangka rotan dan dibalut plastik lagi. Mungkin biar praktis, tahun ini banyak parcel yang dibungkus dengan kardus. Tapi, kardusnya udah ada desain khususnya tuh dengan tulisan khas ucapan selamat Lebaran di bagian luar. Yah gak papa lah ya, yang penting kan isinya.

    5. Halal Bi Halal

    Menjalin silaturahmi dengan sanak saudara dan tetangga itu hukumnya wajib lho. Makanya, gak heran kan kalau momen besar seperti Lebaran ini harus dimanfaatkan untuk melakukan halal bi halal dan saling bermaaf-maafan. Halal bi halal ini merupakan salah satu tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya. Mungkin kegiatan ini juga yang menjadi tradisi Lebaran paling wajib dilakukan di Indonesia. Mengunjungi sanak saudara, kerabat, teman, dan kenalan yang lainnya pada hari H Lebaran bisa mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi momen untuk saling bermaaf-maafan. Di momen ini pula biasanya banyak anak yang melakukan sungkem pada orang tuanya untuk meminta maaf akan kesalahan-kesalahan yang dilakukannya selama ini.

    6. Takbiran

    Pada malam hari menjelang hari H Lebaran, tradisi yang satu ini tidak boleh terlewat. Ya, di malam takbiran ini, kemeriahan akan selalu menghiasi setiap sudut jalanan di Indonesia. Malam takbiran lekat dengan kumandang takbir yang meriah. Hal ini merupakan wujud syukur karena telah berhasil selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Pada malam takbiran ini, kemeriahan akan bertambah kala pawai keliling kota dilakukan. Banyak masjid mengadakan pawai takbiran dengan tabuhan bedug dan lantunan takbir. Seru pokoknya! Kalau kamu mau menikmati pawai takbiran, jangan lupa cari tahu dulu jalan-jalan yang dilewati pawai dan datang lebih awal deh daripada nanti udah kena macet.

    7. Baju Baru

    Tradisi mengenakan baju baru ketika Lebaran banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Sebenarnya hal ini tidak wajib, sih, tapi emang udah jadi kebiasaan dan tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya. Bahkan, sudah ada lagu legendaris yang selalu akan mengingatkan kita akan lekatnya image baju baru dengan momen Lebaran. Tradisi mengenakan baju baru pada saat Lebaran ini sebenarnya merupakan cerminan dari pribadi yang baru ketika Lebaran. Baju yang biasanya berwarna putih juga jadi simbol kesucian di hari raya ini. Tapi, kalau emang gak ada budget, sebenernya gak usah beli baju baru pun gak apa-apa kok. Di lagunya aja kaya gitu kan: Tak punya pun, tak apa-apa, masih ada baju yang lama. 😀

    Nah itu dia tadi beberapa tradisi Lebaran di Indonesia yang selalu dinanti setiap tahunnya. Nikmatin deh momen-momen tersebut karena kan emang cuma setahun sekali. Sekali lagi Selamat Hari Raya Idul Fitri ya, gaes. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga ke depanya kita semua menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

7 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Selalu Dinanti Tiap Tahunnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 11 =