Pertanyaan “Kapan nikah?”  adalah momok tersendiri bagi mereka yang sampai saat ini masing sendiri alias masih single. Di momen kumpul keluarga pas Lebaran, pasti deh nanti saudara-saudara bakal nanyain kapan kamu nikah kalau kamu sekarang ini udah cukup umur tapi belum nikah juga. Makanya, buat kamu yang umurnya udah 20an, udah lulus kuliah, dan udah kerja juga, kamu gak akan bisa menghindari pertanyaan sakral tersebut kalau di momen kumpul keluarga besok kamu gak juga menunjukkan tanda-tanda mau mengakhiri masa lajang.

Sebenarnya, mau nikah kapan itu juga hak kamu kok. Cuma kadang emang orang-orang di sekitar kamu yang udah gak sabar aja. “Tunggu apa lagi sih? Bapak udah pengen nih punya cucu”, yah semacam itu lah.  Nah, momen kumpul keluarga pas Lebaran kan tinggal menghitung hari nih. Biar besok kamu gak terintimidasi dengan pertanyaan “Kapan nikah?” ini, simak deh 10 tips di bawah ini.

  1. Senyumin Aja

Gak ada gunanya kamu kelihatan BT atau sebel saat diberi pertanyaan sakral “Kapan nikah?” itu tadi. Yang ada juga kamu nanti malah dibully atau diceramahin sama yang tanya, apalagi kalau yang nanya anggota keluarga yang udah senior banget, kaya nenek, kakek, atau pakdhe-budhe kamu. Kalau yang nanya cuma adek sepupumu sih kamu gausah jawab, cukup jitak aja orangnya gapapa. Makanya, kalau kamu males mau jawab apa, udah senyumin aja. Sambil senyum, keluarin deh tuh jawaban standar “Doain aja, ya”. Udah. The end.

  1. Jawab dengan Candaan

Pertanyaan “Kapan kawin?” sebenarnya kan cukup menohok, ya, apalagi kalau kamu emang belum punya calon pasangan untuk diajak ke pelaminan. Tapi, gak terus pertanyaan ini harus dijawab dengan serius dan kamu malah baper kemudian. Jawab dengan candaan aja cukup kok. Pas ditanya “Kapan nikah?” kamu bisa jawab dengan: “Kalo gak hari Sabtu ya hari Minggu?” atau “Sabar yah, calon gue masih jadi pacar orang”. Pokoknya becandain aja, jangan dipikir dalem-dalem biar kamu gak baper dan malah merusak mood kamu di hari raya. Kan harusnya kamu bahagian nih silaturahmi sama keluarga, masak malah jadi baper begitu.

  1. Alihkan Topik Pembicaraan

Momen kumpul keluarga besar pas Lebaran emang kadang rame banget sih. Hampir semua anggota keluarga ngumpul semua di situ jadi satu. Jadi, agak enak nih buat kamu untuk mengalihkan topik pembicaraan kalau pas ditanya “Kapan nikah?”.

  • Yang Nanya: “Eh lu kapan nikah? Keburu tua tau!”
  • Kamu: “Ya ampun itu jerawat di jidat lu gede amat bro”

Begitulah…

  1. Langsung Skak Mat

Kalau kamu emang punya pemikiran gak keburu-buru nikah karena masih banyak yang kamu mau lakukan atau kamu mau benar-benar pilih calon yang tepat, jangan takut untuk menjadikannya sebagai jawaban saat kamu ditanya “Kapan nikah?”. Yakin deh, jawaban kamu bakal langsung bikin yang tanya bungkam dan gak meneruskan pertanyaan, mungkin cuma jawab “Amin” aja akhirnya.

  • Yang Nanya: “Elu kapan mau nikah?”
  • Kamu: “Tunggu aja bro. Gue lebih baik telat nikah daripada salah pilih calon pasangan. Lagian jodoh udah diatur sama Tuhan. Doain aja ya bro biar gue cepet naik pelaminan.”

Skak mat.

  1. Tanya Balik

Banyak para single yang kadang udah risih sama pertanyaan mau kawin kapan ini. Makanya, banyak juga di antara mereka yang kadang jadi gak bisa menahan emosi dan jadinya malah nanya balik dengan pertanyaan yang lebih jleb. Semisal yang nanya kapan kawin adalah saudaranya yang belum lulus kuliah, bisa lho mereka malah balik tanya “Lah elu kapan wisuda?” atau “Lah elu sendiri kapan? Kaya kredit mobil aja pacaran 5 taon gak kawin-kawin” pada penanya yang udah pacaran lama tapi tetep aja gak nikah-nikah.

|| Baca : Disini Kamu Bisa Dapatkan Referensi Kado Pernikahan Sahabat Terbaikmu

  1. Beri Jawaban Serius

Memberi jawaban serius pada pertanyaan “Kapan nikah?” sebenarnya gak ada salahnya. Kalau kamu memang belum mau nikah karena masih ingin mengejar karir atau mengerjakan hal-hal lainnya ya bilang saja pada yang bertanya. Siapa tau jawabanmu itu bakal bikin mereka berhenti bertanya dan memahami keputusanmu. Jawab saja “Masih pengen kerja, tante, biar besok bisa kuliah lagi” atau “Nanti lah, om. Masih pengen pengen mengejar karir di kantor”.

  1. Tanya Mau Nyumbang Apa

Kalau kamu udah BT banget nih ditanya-tanyain melulu kapan mau nikah, kamu bisa tanya balik ke orang yang tanya, besok pas kamu nikah mau nyumbang apa. Kedengeran agak kasar sih tapi ini kan gak 100% serius. Orang yang nanya juga nanti paham kok.

  • Yang Nanya: “Kapan lu mau kawin? Kan udah kerja, tunggu apa lagi?”
  • Kamu: “Emangnya kalo gue kawin, elu mau kasih kado apa? Kalo cuma nyumbang 50,000 gak usah tanya-tanya deh kapan gue kawin.”

Tapi jangan pake nada emosi, ya… Ingat, ini nyindir yang nanya biar dia gak kepo-kepo lagi. Kalau dianya malah tersinggung, langsung ademin suasana dengan “becanda kali bro, serius amat sih elu” :p

Itu dia tadi tips untuk menghadapi pertanyaan “Kapan nikah?” saat kumpul keluarga saat Lebaran besok. Tapi lihat-lihat juga ya siapa yang tanya. Kalau yang tanya babe kamu dengan nada yang udah serius banget, ya jangan dibecandain. Kasih jawaban serius dan kasih pemahaman kalo nikah bukan lomba lari. Ya biarin aja kalo temen-temen babe kamu anaknya udah pada nikah, terus kamu harus dicepet-cepetin gitu nikahnya? Enggak kan? Jodoh di tangan Tuhan. Semua udah diatur dan kamu cuma tinggal jalanin aja. Yang terpenting, jangan lupa doa biar urusan jodohmu semua lancar dan indah pada waktunya.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 468 times, 20 visits today)
7 Tips untuk Menghadapi Pertanyaan Sakral “Kapan Nikah?” Saat Kumpul Keluarga
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *