Bisa kuliah di perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta tentunya menjadi harapan banyak pelajar. Perguruan tinggi negeri atau PTN memang makin banyak peminatnya dari tahun ke tahun karena bukan hanya biaya pendidikannya saja yang terbilang murah tapi juga kualitas pendidikannya yang jempolan. Yogyakarta yang notabenenya merupakan kota pelajar yang banyak menjadi destinasi bagi para pelajar untuk menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi memang dipadati oleh ratusan kampus, baik negeri maupun swasta. Kalau kamu penasaran perguruan tinggi mana saja di Yogya yang statusnya adalah negeri dan memiliki kualitas pendidikan yang baik, berikut daftarnya:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sudah tak diragukan lagi kalau UGM merupakan perguruan tinggi negeri paling kondang di Yogyakarta, bahkan di seluruh Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan calon mahasiswa baru berbondong-bondong mendaftarkan diri ke UGM untuk mencoba masuk menjadi mahasiswa di sana. Sebagai universitas negeri paling bergengsi di Yogyakarta, UGM memiliki ratusan program studi yang berdiri di bawah puluhan jurusan. Kampus UGM yang pusatnya terletak di Bulaksumur, Caturtunggal ini membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri), dan melalui SM atau Seleksi Mandiri. Hingga saat ini, UGM masih menjadi pilihan nomor satu bagi mahasiswa baik dari Yogyakarta maupun kota-kota lain untuk kuliah. Tak heran jika UGM menjadi salah satu perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain UGM, Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY ini juga merupakan universitas negeri di Yogya yang dikenal baik kualitas pendidikannya. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1964. Kala itu, nama universitas ini masih IKIP Yogyakarta dan masih fokus pada pendidikan ilmu keguruan saja. Pada tahun 1990an, IKIP berubah menjadi UNY dan membuka prodi-prodi non kependidikan juga. Saat ini, UNY memiliki 7 fakultas yaitu Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Selain itu, universitas yang gedung utamanya terletak di daerah Colombo, Yogyakarta ini juga memiliki program pascasarjana.

  1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga)

Di Yogyakarta ada juga universitas negeri berbasis Islam yaitu UIN Sunan Kalijaga atau yang dulunya disebut dengan IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Memang sebelum berganti nama menjadi UIN Sunan Kalijaga, universitas ini berstatus institut dan lebih dikenal sebagai IAIN Sunan Kalijaga. Pada tahun 2004, IAIN Sunan Kalijaga berubah status menjadi universitas dan namanya resmi menjadi UIN Sunan Kalijaga. Saat ini, ada 8 fakultas yang dimiliki oleh UIN Sunan Kalijaga yaitu Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Sains dan Teknologi. Untuk jenjang S2 dan S3, UIN Sunan Kalijaga juga membuka program pasca sarjana.

  1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Untuk kalian yang memang punya passion di bidang kesenian dan ingin kuliah di bidang kesenian juga, ISI Yogyakarta adalah tempat kuliah yang paling cocok untukmu. Di sini kalian bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat seni yang kalian miliki. Entah itu seni tari, seni lukis, teater, seni musik, bahkan seni pedalangan, ISI memiliki wadah yang cocok untuk membuatmu berkembang. Institut seni yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini dulunya merupakan gabungan dari kampus-kampus seni di Yogyakarta termasuk Akademi Musik Indonesia (AMI), Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), dan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI). Saat ini ISI Yogyakarta memilii tiga fakultas untuk program sarjana yaitu Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Media Rekam. Jurusan atau program studi yang paling populer di ISI Yogyakarta saat ini adalah Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Jurusan Seni Musik, dan Jurusan Seni Tari. Cukup lengkap, kan? Inilah mengapa ISI Yogyakarta menjadi salah satu perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta.

||Baca  : 10 Kost Campur Paling Diminati di Jogja

  1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran)

Perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta salah satunya juga adalah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta ini. Universitas ini adalah perguruan tinggi yang baru-baru saja menyandang status negeri, yaitu pada tahun 2014 yang lalu. Sebelumnya, unoversitas yang lebih dikenal dengan nama UPN “Veteran” ini merupakan perguruan tinggi kedinasan yang kemudian berubah status menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) selama hampir 20 tahun sebelum akhirnya menjadi PTN. UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki 5 fakultas untuk jenjang S1 yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi.

  1. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta (STPN Yogyakarta)

STPN Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang statusnya juga negeri. Perguruan tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria. Pada tahun 1987, Akademi Agraria ini diubah namanya menjadi Akademi Pertanahan Nasional. Karena minat masyarakat yang tinggi terhadap bidang pertanahan dan berkembangnya pendidikan di Indonesia, tahun 1993, akhirnya akademi ini diubah menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Gedung kuliah STPN Yogyakarta terletak di Jl. Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman. Ada beberpapa program studi di STPN Yogyakarta seperti Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK) untuk program diploma satu dan juga Pertanahan untuk program diploma empat.

  1. Politeknik Kesehatan Yogyakarta (Poltekkes Yogyakarta)

Politeknik Kesehatan Yogyakarta atau yang sering juga disebut dengan Poltekkes Kemenkes Yogya ini gedung utamanya berada di sebelah gedung STPN persis, tepatnya di Jalan Tatabumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman. Politeknik negeri ini berdiri pada tahun 2001 dan merupakan leburan dari 6 akademi kesehatan yang beridiri di bawah naungan Departemen Kesehatan RI. Keenam akademi kesehatan tersebut adalah: Akademi Kesehatan Lingkungan Yogyakarta (AKL), Akademi Analis Kesehatan Yogyakarta (AKK), Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Yogyakarta (PAM Keprawatan), Akademi Kesehatan Gigi Yogyakarta (AKG), Akademi Gizi Yogyakarta (AKZI), dan Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBID).  Saat ini Poltekkes Yogyakarta memiliki 6 jurusan yang masing-masing mewakili akademi kesehatan yang telah dilebur tersebut yaitu: Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Analis Kesehatan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Keperawatan Gigi, Jurusan Gizi, dan Jurusan Kebidanan.

Selain ketujuh perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta itu tadi, tentunya masih banyak lagi perguruan tinggi berstatus negeri di Yogyakarta yang kualitas pendidikannya juga baik. Makanya, buat kamu yang pengen kuliah di Jogja dan pengen masuk PTN, perguruan tinggi negeri dengan kualitas pendidikan terbaik di Yogyakarta di atas tadi sepertinya akan cocok buatmu.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

7 Perguruan Tinggi Negeri dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Yogyakarta

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

7 Perguruan Tinggi Negeri dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 8 =