Pengumuman hasil SBMPTN 2017 mungkin adalah mimpi buruk bagi mereka-mereka yang dinyatakan belum lolos. Itu artinya, mereka belum bisa kuliah di PTN (perguruan tinggi negeri) yang mereka cita-citakan selama ini. Namun ini bukan akhir dari segalanya ya karena selain masih bisa mencoba masuk PTN lewat jalur SM (seleksi mandiri), kalian juga bisa kon mendaftar kuliah perguruan tinggi swasta. Malahan, ada banyak keuntungan lho yang bisa kalian dapatkan pada saat kuliah di PTS, berikut tujuh di antaranya.

  1. Masuk ke PTS Cukup Mudah

Mendaftar masuk PTS tidak sesusah PTN karena daya saingnya juga tidak seketat PTN. Selain tak usah melalui SNMPTN ataupun SBMPTN, kalian juga bisa masuk PTS melalui berbagai program PMB (penerimaan mahasiswa baru) yang diselenggarakan oleh kampus. Jika harus melalui ujian pun, ujian penerimaan mahasiswa baru di PTS biasanya dibuka hampir tiap hari apalagi menjelang masa-masa penerimaan mahasiswa baru seperti sekarang ini.

  1. Fasilitas Kuliah Lebih Baik

PTS dapat dibilang memiliki fasilitas kuliah yang lebih baik, salah satunya dari sisi gedung kuliah. Banyak PTS yang memiliki gedung kuliah lebih dari satu dan terletak tak hanya di satu tempat. Selain itu, PTS banyak juga yang memiliki fasilitas gedung olah raga, perpustakaan lengkap, asrama, dan lain sebagainya.

  1. Biaya Kuliah Jelas

Salah satu hal yang ditakutkan saat kuliah di PTS adalah biaya kuliahnya yang mahal. Namun, meski terbilang mahal, biaya kuliah yang harus dibayarkan tiap semesternya cukup jelas. Alhasil, kamu bisa membuat patokan finansial yang jelas dari awal kuliah hingga lulus. Pada saat mendaftar kuliah pun, biasanya info biaya kuliah mulai dari semester satu hingga lulus sudah diberikan.

  1. Jam Kuliah Bisa Diatur

Karena kuliah di PTS memang sedikit mahal, banyak mahasiswa yang kemudian memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. PTS memiliki jam kuliah yang biasanya bisa diatur sesuai dengan jadwal mahasiswa. Selain itu, PTS juga memiliki banyak kelas kuliah malam dan kelas karyawan untuk memfasilitasi mereka yang bekerja sambil kuliah.

  1. Memiliki Kualitas yang Bersaing

|| Baca : Daftar PTS Terbaik di Indonesia!

Meski PTN lebih bergengsi dalam segi kualitas, namun tak berarti PTS tidak berkualitas, ya. Banyak PTS di kota-kota besar yang bahkan lebih terkenal dibanding PTN di situ. Saat mencari kerja, lulusan PTS juga tak akan kesulitan kok mencari kerja, asalkan PTS nya berakreditasi baik dan IPK yang dimiliki juga cukup.

  1. Dosen Berpengalaman

Dosen-dosen yang mengajar di PTS biasanya juga para dosen yang sudah berpengalaman di bidangnya. PTS harus menjaga nama baik di mata masyarakat dan mahasiswanya sehingga tidak mungkin mereka merekrut tenaga pendidik yang tidak kompeten. Dosen-dosen yang mengajar di PTS juga sebagian besar adalah dosen-dosen PTN yang harus mengajar di tempat lain karena memang dibutuhkan atau karena mengejar jam mengajar untuk sertifikasi. Karenanya, kalau soal kualitas dosen, PTS tidak kalah saing dengan PTN.

  1. Banyak Beasiswa

Karena PTS banyak yang berdiri di bawah naungan yayasan atau lembaga tertentu, maka sudah bisa dipastikan jika banyak tersedia beasiswa bagi mahasiswanya atau bahkan untuk maba. Beasiswa bukan dari pemerintah saja, namun juga langsung dari yayasan. Inilah mengapa jika kalian kuliah di PTS, maka akan lebih banyak kesempatan bagi kalian untuk kuliah dibiayai beasiswa.

Terbukti kan kalau kuliah di PTS tidak kalah menguntungkan dengan kuliah di PTN. Kalau kamu belum lulus pada pengumuman hasil SBMPTN 2017 ini, jangan khawatir karena kamu bisa mencoba masuk PTS yang kualitasnya juga tak main-main.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 5,784 times, 195 visits today)
7 Keuntungan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *