Berwisata di momen libur Lebaran memang sudah jadi tradisi dari tahun ke tahun. Momen hari raya di mana keluarga besar berkumpul rasanya memang kurang afdol jika dilalui tanpa berwisata bersama, apalagi mengingat banyak sekali objek wisata menarik di berbagai kota di Indonesia yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Tapi, berwisata di momen libur Lebaran bukan hal yang bisa dilakukan secara asal, lho. Harus banyak persiapan yang dilakukan sebelum berwisata saat libur Lebaran. Apa saja? Simak 7 di antaranya di bawah ini.

  1. Perhitungkan Pengeluaran Baik-Baik

Beberapa hari sebelum dan setelah Idul Fitri sudah dipastikan akan dibarengi dengan kenaikan harga di berbagai sektor usaha, termasuk pariwisata. Alhasil, jangan kaget jika tiket masuk objek wisata biasanya akan lebih mahal dibanding biasanya. Harga-harga makanan di sekitar tempat wisata pasti juga akan melambung. Karenanya, perhitungkan pengeluaran untuk keperluan liburan ini baik-baik. Sebelum libur Lebaran tiba, sebaiknya rencana liburan sudah dipikir matang-matang dan kamu sudah tahu berapa besar biaya yang harus dilkeluarkan untuk berwisata di objek wisata yang dipilih. Kalau sekiranya terlalu mahal, kamu bisa cari alternatif tempat wisata lain atau mengurangi pengeluaran seperti membawa bekal sendiri dari rumah.

  1. Booking Semuanya Jauh-Jauh Hari

Jika kamu ingin menggunakan jasa travel agent atau agen wisata untuk momen libur Lebaran bareng keluarga kamu besok, lebih baik booking jauh-jauh hari sebelumnya. Memang sih, menggunaka jasa travel agent dirasa lebih simpel karena kamu tinggal terima jadi saja. Kendaraan, tiket masuk objek, dan rute wisata sudah ditentukan oleh agen. Untuk menghemat pengeluaran, lebih baik kamu mem-booking agen wisata jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi harga naik menjelang Lebaran. Hal ini juga berlaku untuk objek-objek wisata yang tiketnya bisa dipesan terlebih dahulu. Meski tanpa travel agent, kalau tempat wisata yang akan kamu datangi tiketnya bisa dipesan telebih dahulu, lebih baik kamu beli jauh sebelum hari Lebaran.

  1. Pesan Hotel/Penginapan Jauh-Jauh Hari

Sama seperti poin kedua, ada baiknya kita memesan hotel atau penginapan jauh hari sebelum libur Lebaran. Jika rencana liburan bersama keluarga membutuhkan tempat menginap seperti hotel atau penginapan, lebih baik booking jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang lebih murah. Selain soal harga, momen Lebaran tahun ini yang berdekatan dengan libur kenaikan kelas dan libur pergantian semester membuat banyak orang merencanakan liburan juga. Jadi, kalau gak mau kehabisan hotel atau tempat menginap, lebih baik pesan tempat menginap jauh sebelum acara liburanmu, ya.

  1. Pesan Jasa Pemandu Wisata

Jalan-jalan ke tempat yang baru pertama kita kunjungi biasanya akan sedikit membingungkan sih. Kita gak tau kondisi tujuan wisata tersebut dan fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di dalamnya. Kalau objek wisata yang akan kita kunjungi menyediakan jasa tour guide atau pemandu wisata, gak ada salahnya kamu pesan satu. Jasa pemandu wisata cukup penting karena dia nanti bisa menemani kita selama wisata di objek tersebut dan juga bisa memberi tahu apa yang harus dilakukan di lokasi tersebut. Secara, pemandu wisata kan sudah tau betul seluk beluk lokasi wisata tersebut. Kalau kita pesan jauh-jauh hari, biasanya harganya masih normal kok.

|| Baca : Mau Mudik? Pahami Dulu Peta Jalur Mudik 2017 Ini

  1. Cari Tahu Ruas Jalanan yang Tidak Terlalu Macet

Bukan rahasia lagi kalau momen libur Lebaran akan membuat volume kendaraan di jalanan membludak tak terkendali. Hal ini bisa jadi alasan tersendiri bagi orang-orang untuk tidak keluar rumah atau pergi liburan selama masa-masa ini. Tapi sayang ya kalau liburan hanya diam di rumah saja. Untuk itu, biar bisa tetep liburan meski jalanan macet setengah mati, kalian harus rencanakan baik-baik rute liburan kalian. Cari tau ruas jalan yang tidak terlalu macet yang bisa ditempuh dari rumah ke lokasi wisata. Kan sudah ada Google Map dan aplikasi peta lainnya. Kalian bisa gunakan untuk mencari jalur alternatif yang setidaknya macetnya gak parah-parah banget.

||Baca : 10 Tips Mudik Naik Kereta Api Agar Tetap Aman dan Nyaman

  1. Periksa Kondisi Kendaraan

Bisa bayangin gak mobil kalian macet atau kehabisan bensin di tengah-tengah kemacetan libur Lebaran? Bisa repot banget tuh! Untuk menghindarinya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan kalian sebelum digunakan untuk liburan bareng keluarga. Kondisi mobil atau motor harus benar-benar fit, ya. Ban harus dalam kondisi baik, begitu pula mesin. Yang terpenting, jangan lupa isi bensin sampai full sebelum berangkat liburan bareng keluarga. Untuk membuat perjalanan semakin nyaman, lebih baik sesuaikan juga kapasitas mobil dengan penumpang. Kalau jumlah anggota keluarga yang mau liburan bareng, misalnya, 7 orang, jangan gunakan mobil yang kapasitasnya hanya 5 orang. Selain sumpek dan bikin makin gak nyaman selama perjalanan, hal ini juga bisa membahayakan penumpang. Kalau memang kapasitas mobil kecil, jangan dipaksakan. Cari alternatif lain seperti sewa mobil dengan kapasitas yang lebih besar atau sebagian anggota keluarga naik motor dan lain-lainnya.

  1. Buat Jadwal yang Pasti

Yang terpenting dari semua hal yang harus kalian lakukan sebelum liburan saat momen Lebaran adalah membuat jadwal liburan yang pasti. Jangan random dalam memilih tempat wisata karena kondisi jalanan yang macet gak akan memungkinkan kalian untuk seenak hati pindah dari lokasi wisata A ke B. Semisal nih kamu pengen mengunjungi 3 tempat wisata dalam sehari, urutkan dulu ketiga tempat wisata tersebut mulai dari yang terdekat hingga yang terjauh dari rumahmu. Dengan begitu kan kalian bisa hemat waktu. Bayangkan jika kalian gak merencakanan mau mengunjungi objek wisata apa, salah-salah kalian sudah ada di lokasi wisata yang jauh, kemudian baru ingat mau mengunjungi lokasi wisata lainnya yang lokasinya harus memutar arah. Kan repot tuh? Apalagi jalanan macet banget! Makanya, lebih baik rencanakan baik-baik ya acara liburan kalian.

Nah, udah tau kan apa aja yang harus kalian lakukan sebelum liburan bareng keluarga di momen libur Lebaran 2017 ini? Kalau semua terencana dengan baik dan dipersiapkan dengan baik, yakin deh kamu bakal lebih enak liburannya. Happy holiday!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

 

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Wisata Libur Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − fourteen =