Menjadi mahasiswa baru merupakan sebuah langkah awal pendewasaan bagi anda yang memang baru lulus dari jenjang SMA. Biasanya, ketika pertama menjadi mahasiswa baru, kita pasti akan dibimbing oleh kakak tingkat dan fasilitator di kampus agar bisa menyesuaikan diri. Entah itu dibimbing dengan acara formal yang bernama ospek, orientasi, dan sebagainya, atau mungkin dibimbing secara personal. Namun, perlu anda tahu bahwa dunia kampus berbeda dengan dunia SMA. Anda setidaknya harus menyiapkan langkah-langkah agar bisa “survive” di kampus. Berikut Mamikos akan menjabarkan 7 hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa baru

7 Hal Ini Wajib Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru:

1. Catat tanggal-tanggal penting!

Tips saat menjadi mahasiswa baru

Ini wajib dilakukan oleh mahasiswa baru! Jangan lupa catat tanggal-tanggal penting seperti waktu kuliah, ospek, UAS, pembayaran, dan sebagainya. Catatlah dan simpan di tempat yang aman agar tidak mudah hilang, bisa disimpan di aplikasi pencatat di barang elektronik anda ataupun anda catat di kalender atau jurnal kesayangan anda. Ini penting karena saat menjadi mahasiswa, tidak akan ada yang mengingatkan kita kapan harus belajar untuk ujian, membayar uang kuliah, dan lain-lain, terutama untuk anda yang tinggal di kost. Bayangkan jika ada tanggal penting yang terlewat, bisa jadi berabe urusannya. Maka, jangan lupa, selalu catat tanggal-tanggal penting!

2. Diskusikan cara pembayaran uang kuliah dengan orang tua

Ini tidak kalah penting, jangan sampai anda tidak memberi tahu orang tua kapan harus membayar uang kuliah. Jika anda sudah memberi tahu tanggal-tanggalnya pada orang tua, itu bagus karena orang tua bisa bersiap-siap untuk membayar. Di beberapa universitas tertentu, terutama untuk perguruan tinggi negeri, kita dapat memilih beberapa sistem pembayaran. Contohnya di Universitas Indonesia, ada pengajuan cicilan, pengajuan uang kuliah + sumbangan, dan sebagainya. Nah, ini harus dibicarakan dulu dengan orang tua. Selain itu, anda juga harus bersiap-siap setiap akhir dan menjelang awal semester, karena biasanya kita harus meregistrasi akademik ulang setiap semester pada kampus agar kita tidak dianggap cuti atau keluar dari kampus.

3. Aktiflah mencari informasi tentang kuliah

Informasi tentang kuliah biasanya akan dishare di website resmi kampus, jangan lupa untuk selalu update dan lihat website resmi kampus minimal satu minggu sekali. Jika anda sudah terdaftar di kampus pun biasanya anda akan diberikan email khusus kampus (contoh: [email protected]). Beberapa kampus selain memberi info via website resmi juga sering memberi info, berita, dan update fasilitas via email kampus, oleh karena itu jangan lupa juga cek webmail kampus anda sesering mungkin. Bisa jadi ternyata ada info lomba yang anda sukai atau info fasilitas yang ditutup sementara yang bisa jadi mengganggu aktivitas anda.

4. Berkenalanlah dengan banyak orang

7 Hal Ini Wajib Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

Saat menjadi mahasiswa baru, networking is a must! Berkenalanlah dengan banyak orang agar jaringan anda luas, ini sangat berguna untuk masa depan. Berkenalan tidak hanya dengan teman satu angkatan saja, namun dengan dosen, kakak tingkat, satpam, office boy, dan civitas kampus lainnya. Sehingga jika anda tiba-tiba bermasalah seperti barang hilang di sekitar kampus, masalah akademik, dan sebagainya, anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah tersebut karena memiliki banyak kenalan di kampus

5. Siapkan segala perlengkapan untuk kuliah

Akan sangat baik untuk menyiapkan sedini mungkin segala perlengkapan yang mungkin akan dipakai saat kuliah. Seperti buku referensi, alat tulis, dan sebagainya. Atau mungkin alat untuk dipakai di kost seperti alat masak, piring, gelas, air galon, dan sebagainya.

6. Buatlah planning 

Buatlah planning jangka pendek dan jangka panjang. Buatlah target kuliah anda di semester pertama, sampai dengan rencana anda sehabis kuliah. Ini penting, jangan sampai anda lupa esensi anda kuliah. Selain itu, ini juga berguna agar anda tetap keep on track dengan mimpi anda. Rencanakanlah dari yang pendek seperti target IP semester awal, sampai dengan pekerjaan yang akan anda lakukan sehabis kuliah, gelar magister yang ingin anda capai, waktu nikah, dan lain sebagainya

7. Temukan tempat kost yang pas dengan Mamikos!

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa baru adalah mencari tempat kost, terkadang kita sulit untuk mencari kost dengan kategori yang pas, ada yang terlalu murah, ada yang terlalu mahal, ada yang harganya sudah pas namun ternyata fasilitasnya kurang, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatasi kesulitan itu, Mamikos hadir untuk anda dalam bentuk aplikasi pencari kost! Jadi anda tidak usah capek keliling-keliling kampus anda untuk mencari kost, cukup dengan download aplikasinya dan cari kost yang sesuai dengan kategori anda.

 

Kategori: 7 Hal Ini Wajib Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost BandungDapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kontak Person yang dapat dihubungi :
SMS/Telp/ WA: 0877 38 72 4848

Info lebih lanjut contact mamikos di:

Line : mamikosapp

Mau info lebih banyak lagi, kunjungi : 

Website Resminya di mamikos.com atau klik aja banner di bawah

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasinya di bawah, Gratis!

Aplikasi Kost

7 Hal Ini Wajib Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =