Belum lama ini pengumuman hasil SBMPTN 2017 sudah diumumkan. Bagi yang dinyatakan lolos dan bisa masuk ke Universitas Gadjah Mada lewat jalur SBMPTN, selamat ya! Itu artinya kamu sudah resmi jadi maba di universitas negeri paling bergengsi di Indonesia. Tapi, kalau kamu belum dinyatakan lolos SBMPTN, tenang saja, masih ada jalur masuk yang lainnya, termasuk lewat UTUL UGM. Kalau kamu pengen tau nih apa aja jalur masuk UGM selain lewat SNMPTN dan SBMPTN, simak informasi di bawah ini:

1. Jalur PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)

Jalur masuk UGM ini diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi namun orang tuanya atau walinya tidak memiliki kemampuan finansisal yang memadahi untuk membiayai kuliah. Jalur masuk ini merupakan salah satu bukti jika UGM peduli terhadap pendidikan siswa-siswa yang cerdas namun kurang mampu. Siswa yang dapat mengajukan untuk masuk lewat jalur ini adalah mereka yang memiliki orang tua atau wali dengan pendapatan kotor (gabungan) maksimal Rp. 750.000 per bulannya. Siswa yang masuk lewat jalur ini akan mendapatkan beasiswa pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester dari UGM namun dengan syarat dapat memenuhi prestasi yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

2. Jalur PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan) 

Jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan ini adalah jalur seleksi masuk UGM yang ditujukan untuk putra-putri daerah yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan juga memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah. Calon mahasiswa yang masuk lewat jalur ini diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah, atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah.

3. Jalur PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)

Jalur masuk UGM yang satu ini ditujukan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan juga memiliki prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka yang biasanya bisa masuk UGM lewat jalur ini adalah mereka yang pernah menjadi pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional mapuin internasional. Bidang yang pernah mereka juarai juga harus sesuai dengan prodi yang dipilih di UGM.

4. Jalur PBOS (Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni)

Jalur masuk UGM melalui Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni ini adalah jalur masuk yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang pernah memenangkan lomba di bidang olahraga atau seni baik di tingkat provinsi, nasional, atau internasional. Untuk daftar bidang olahraga yang pernah dijuarai antara lain adalah: atletik, tenis lapangan, bola basket, renang, bola voli, pencak silat, bulu tangkis, taekwondo, bridge, catur, softball/baseball, hoki, sepak bola/futsal, judo, kempo, dan karate. Untuk bidang seni, daftar kejuaraan keseniannya adalah: seni tari (Gaya Yogya, Kreasi Baru, Surakarta, dan Bali), fotografi, teater, paduan suara, orchestra, marching band, dan seni lukis. Cukup banyak, kan?

5. Jalur UTUL (Ujian Tulis)

Jalur ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan pola ujian tertulis. Jalur masuk ini memberikan kesempatan para seluruh lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2015-2017 untuk masuk ke UGM, jika mereka tidak lolos lewat SNMPTN atau SBMPTN. Peserta ujian dapat memilih tiga program studi di UGM. Materi test tertulis UGM antara lain adalah TPA (Tes Potensi Akademik), TKDU (Tes Kemampuan Dasar Umum), dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek. Untuk tahun ini, UTUL UGM akan mulai dibuka pendaftarannya secara online tanggal 28 April hingga 16 Mei 2017.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 4,429 times, 150 visits today)
5 Jalur Masuk UGM Selain Lewat SNMPTN dan SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *