Hasil SBMPTN 2017 udah diumumin nih, kalau kamu dinyatakan lolos test, selamat ya! Akhirnya keinginan kamu untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri impian kamu. Tapi, setelah dinyatakan lolos SBMPTN, bukan berarti kamu boleh santai-santai nih. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk mengurus kelanjutan proses pendaftaran kamu ke PTN yang menerimamu. Beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah:

Mengurus Pendaftaran Ulang

Daftar ulang adalah hal yang wajib dilakukan setelah kamu dinyatakan lolos SBMPTN 2017. Jadwal daftar ulang berbeda-beda antara satu PTN dengan PTN lainnya. Kamu harus segera nih mengetahui jadwal pendaftaran ulang, karena kalau kamu sampai lupa gak daftar ulang di PTN yang menerimamu hingga waktu yang telah ditentukan, kamu bakal dianggap mengundurkan diri. Sia-sia kan perjuangan kamu untuk lolos SBMPTN? Untuk itu, segeralah buka website PTN yang menerimamu. Kalau di sana ada data pendaftaran ulang yang harus diisi, segera isi dan cetak sehingga nanti bisa dibawa pada saat daftar ulang.

Membayar Biaya UKT

Mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus SBMPTN 2017 tentunya juga harus membayar sejumlah uang untuk biaya kuliah. Kebanyakan PTN menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT ini biasanya sih harus dibayarkan dalam waktu dekat atau bahkan sebelum daftar ulang. Pembayaran UKT biasaya dilakukan melalui bank yang bekerja sama dengan PTN. Untuk kisaran biaya UKT, tentunya berbeda-beda di tiap universitas. Maka, kamu harus cek dengan segera nih agar bisa mempersiapkan biayanya. Kalau telat bayar UKT, otomatis kamu akan dianggap mengundurkan diri. Rugi, kan?

Melakukan Tes Kesehatan

Di beberapa PTN, mahasiswa baru yang lolos lewat SBMPTN 2017 harus ikut tes kesehatan. Tes kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah mahasiswa baru benar- benar sehat dan bebas narkoba. Apa saja yang ada dalam tes kesehatan biasanya juga berbeda-beda di tiap PTN. Namun yang umum adalah tes kesehatan mata dan tes urine. Kalau di PTN yang menerimamu tidak ada tes kesehatan, biasanya nanti kamu akan diminta untuk membawa surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari dokter pada saat daftar ulang.

||Baca : 5 Jalur Masuk UGM Selain Lewat SNMPTN dan SBMPTN

Menyerahkan Berkas Daftar Ulang

Setelah semua berkas dan syarat daftar ulang sudah kamu penuhi, biasanya berkas tinggal diserahkan pada panitia penyelenggara SBMPTN di PTN yang menerimamu. Berkas-berkas yang dikumpulkan biasanya adalah kartu seleksi SBMPTN, formulir registrasi daftar ulang, fotocopy ijazah, SKHUN, pas foto, materai, dan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari dokter (jika PTN tidak menggelar tes kesehatan), bukti pembayaran UKT, KK, dan slip gaji orang tua.

Mencari Kost Dekat Kampus

Bagi kamu mahasiswa yang diterima di PTN di luar daerah asal, kamu harus cari kos-kosan sebagai hunian sementara kamu selama kuliah. Kalau mencari kos-kosan ditunda-tunda, yakin deh kamu gak bakal kebagian kos-kosan yang murah dan nyaman. Ingat, maba rantau bukan kamu aja. Banyak yang lainnya. Kalau kamu keduluan sama mereka saat cari kost, kamu cuma akan kebagian kos-kosan yang mahal dan jauh dari kampus. Alhasil, kamu akan lebih boros selama merantau. So, jangan sepelekan masalah kos-kosan, ya. Kamu harus persiapkan seawal mungkin. Kamu bisa kok download aplikasi pencari kos-kosan yang terpercaya sehingga bisa membantumu saat mencari kost yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 137 times, 137 visits today)
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Dinyatakan Lolos SBMPTN 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *