Pengumuman hasil SBMPTN 2017 sudah keluar nih. Buat yang berhasil lolos dan bisa kuliah di PTN yang selama ini diinginkan, selamat, ya! Tapi, buat kalian yang belum dinyatakan lolos SBMPTN 2017, jangan sedih karena kalian masih punya kesempatan untuk masuk PTN lewat SM atau seleksi mandiri. Kalian juga masih bisa mendaftar untuk kuliah di PTS atau perguruan tinggi swasta. Meski tak setenar PTN, PTS juga baik lho kualitas pendidikannya. Soal biaya, jangan khawatir meski banyak yang bilang kalau PTS itu mahal. Banyak juga kok PTS, bahkan di wilayah Jabodetabek, yang biaya kuliahnya terjangkau. Beberapa contohnya bisa kalian baca di bawah ini:

  1. Universitas Indraprasta

Salah satu PTS dengan biaya kuliah terjangkau yang berlokasi di Jabodetabek adalah Universitas Indraprasta. Universitas ini merupakan universitas yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PGRI. Sejak awal didirikan, universitas yang gedung kampusnya terletak di daerah Pasar Rebo, Jakarta ini memang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat yang ingin kuliah dengan biaya kuliah yang terjangkau.  Jika bangku kuliah bisa dinikmati oleh semua orang, Universitas Indraprasta percaya jika pendidikan di Indonesia akan berkembang. Kisaran SPP untuk kuliah di universitas ini adalah Rp. 600.000,- sampai dengan Rp. 700.000,- untuk tiap semesternya. Biaya kuliah yang terbilang murah tersebut dapat diangsur minimal Rp. 100.000 per bulannya.

  1. Universitas Pamulang

Universitas Pamulang atau yang biasa disebut dengan UNIPAM ini adalah universitas swasta yang terletak di kota Tangerang. Universitas ini memang dikenal sebagai salah satu universitas swasta yang murah biaya perkuliahannya. Karena biayanya yang murah inilah, UNIPAM banyak diminati oleh pelajar yang mencari tempat kuliah murah namun berkualitas. Untuk bisa kuliah di UNIPAM, mahasiswanya cukup mengeluarkan biaya SPP sekitar Rp. 600.000,- untuk tiap semesternya. Biaya pendidikan tersebut dapat dicicil Rp. 100.000,- per bulannya. Universitas swasta yang terletak di Jalan Surya Kencana, Pamulang, Tangerang ini memiliki beberapa fakultas di antaranya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

||Baca : Daftar Biaya Kuliah di Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018

  1. Universitas Pelita Bangsa

Universitas Pelita Bangsa ini adalah salah satu universitas swasta berbiaya murah yang terletak di daerah Cikarang, Kota Bekasi. Universitas swasta ini memang dikenal murah dan sangat terjangkau dalam soal biaya perkuliahannya. Para mahasiswa di universitas ini hanya harus membayar biaya SPP sebesar  Rp. 400.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- saja setiap semesternya. Kisaran angka tersebut tentunya cukup terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Universitas yang terletak di Jalan Inspeksi Kali Malang Cikarang, Bekasi ini memiliki prodi andalan yaitu prodi Teknik Informatika yang sangat diminati oleh mahasiswa baru tiap tahunnya.

  1. Universitas Bung Karno

Universitas yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Soekarno ini memang sudah lama berdiri untuk membedikan sumbangsih pada bidang pendidikan di Indonesia dalam rangka mencetak generasi bangsa yang lebih baik. Karenanya, universitas ini tidak mematok biaya yang mahal bagi mahasiswanya yang ingin kuliah. Di universitas ini, besar SPP yang harus dibayarkan oleh mahasiswanya hanya berkisar Rp. 400.000,- per semesternya. Universitas yang gedungnya terletak di Jalan Pegangsaan Timur No.17, Menteng, Jakarta ini memiliki banyak pilihan fakultas di antaranya adalahFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan program studi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi  dengan Program Studi Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Ilmu Komputer  dengan Program Studi Sistem Informasi dan Sistem Komputer, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, bagi kamu yang namanya dinyatakan belum lulus di pengumuman hasil SBMPTN 2017, PTS-PTS di atas bisa jadi pilihan kamu untuk tetap kuliah dengan biaya yang terjangkau. Jangan patah semangat ya meski kuliahnya bukan di universitas negeri. Yang penting kita serius kuliahnya, cepet lulus, dan segera meniti karir sesuai dengan keinginan. Good luck!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

4 Universitas Swasta di Jabodetabek dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 3 =