15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016– Bagi kalian yang sekarang masih duduk dibangku SMA pastinya sudah tau yang namanya penjurusan. Biasanya saat anda naik kelas 2 atau kelas 11 biasanya sudah muali dilakukan penjurusan antara masuk kelas IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) atau IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penjurusan ini sebenarnya memang mendidik agar para siswa lebih fokus kedalam salah satu rumpun ilmu pengetahuan.

Biasanya untuk anak jurusan IPA memiliki siswa yang lebih pintar dibanding jurusan IPS. Tetapi ada sebagian anak IPA yang terlanjur masuk jurusan IPA tetapi memilih pindah ke IPS karena suka terhadap dunia politik,ekonomi atau yang berhubungan dengan sosial lainnya.

Nah setelah kalian lulus pastinya akan memilih jurusan sesuai dengan jurusan saat SMA agar nanti saat kuliah anda tidak merasa salah jurusan karena tidak tahu apa yang dibahas, tetapi ada jurusan IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) yang dituntut kita untuk bisa mempelajari jurusan IPA dan IPS. Memang untuk jurusan kuliah IPA dibeberapa perguruan tinggi menjadi salah satu yang banyak peminatnya dan memiliki passig grade yang tinggi. Jurusan tersebut diantaranya adalah Kedokteran dan jurusan teknik.

Tetapi dibalik jurusan IPA yang memiliki banyak peminat ternyata ada 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016. Mungkin karena kurang populer jurusannya atau memang peluang kerjanya kurang menjanjikan. Nah langsung saja kita membahas jurusan kuliah IPA sepi peminat dan penjelasannya :

1.  Teknik Planologi

Jurusan ini mempelajari tentang wilayah atau kota beserta unsur-unsur yang ada didalamnya. Ilmu ini merupakan pengabungan dari geologi, geografi, ekonomi, politik, sosial budaya dan lainnya. Jika ada berminat lebih baik mendaftar ke kampus ITB, ITS atau UB Malang karena memiliki akreditasi A. Passing grade teknik planologi ini memiliki skor  50,1% untuk kampus ITB .

Teknik Planologi - 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016
Teknik Planologi

2. Ilmu Kelautan

Jurusan ini mempelajari tentang segala hal tentang laut mulai dari makhluk hidup, gelombang dan yang berhubungan dengan laut. Di ITS passing grade jurusan kelautan ini hanya mencapai 31,9 % dengan akreditas A, selain itu di UB Malang dan ITB juga memiliki akreditasi A.

3. Meteorologi

Ilmu ini akan mempelajari tentang bumi beserta gejala-gejalanya. Hanya sedikit dari kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini diantaranya IPB dan Unhas. Passing grade di IPB hanya menyampai 28,6 %.

Teknik Meteorologi - 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati
Teknik Meteorologi

 

17 Kampus keren dengan jurusan yang sepi peminat

Jurusan Terfavorit dan Paling Sepi Peminat di UI

Jurusan UI Sepi Peminat Menjanjikan Peluang Lolos Tinggi

 

 

4. Kehutanan

Semakin lama memang jurusan ini semakin sempit peluangnya karena semakin sempit hutan yang ada terutama di Indonesia. Di UGM saja passing grade jurusan ini hanya 20,9% jadi kemungkinan untuk diterima terbuka lebar.

5. Teknologi Hasil Hutan

jurusan ini menjadi solusi masalah kehutanan yang semakin sempit di Indonesia, tetapi sayangnya peminatnya masih belum banyak. ada beberapa kampus besar yang memiliki jurusan ini diantaranya UGM,IPB dan UNHAS. Passing grade di IPB memiliki skor 24,5% dan 28,9% di UNHAS.

6. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Ini merupakan turunan dari fakultas pertanian yang tugasnya memberikan edukasi kepada petani agar lebih baik lagi. Di UGM jurusan ini hanya memiliki passing grade sebesar 39,30%.

Jurusan dan Fakultas UI yang Jarang Diminati

Fakultas UI yang Jarang Diminati dengan Peluang Kerja Tinggi

Jurusan UPI yang Sepi Peminat

 

 

7. Astronomi

Jurusan yang berhubungan dengan benda-benda langit. Untuk peluang jurusan ini memang tidak banyak dibutuhkan jadi peminatnya tidak terlalu banyak. Hanya di kampus IPB yang memiliki jurusan astronomi.

Teknik Astronomi
Teknik Astronomi

8. Teknik Pengelasan

Jurusan ini dianggap sepele karena jika ingin belajar las tidak harus kuliah, belajar dengan tukang las saja bisa. Anda bisa mengambil jurusan ini di PPNS-ITS dengan akreditasi yang bagus yaitu nilai A.

9. Teknik Perkapalan

Belum banyak yang melirik jurusan ini karena hanya ada beberapa kampus yang memiliki jurusan ini. Jurusan teknik perkapalan ini bisa anda temui di ITS, UNHAS, UNDIP, UI dengan passsing grade berkisar antara 31-39%.

Jurusan IPB yang Sepi Peminat 2016

4 Kampus Dengan Jurusan Musik Terbaik di Bandung

Ini Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Terbaik di Bandung

 

 

10. Teknik Perpipaan

Jurusan ini memang tergolong baru sehingga belum begitu banyak peminatnya tetapi sebenarnya peluangnya masih sangat besar. Jurusan perpipaan bida anda temui di PPNS-ITS.

11. Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan ini tergolong baru karena mulai diberlakukannya keselamatan kerja pada perusahaan-perusahaan baik swasta maupun negara. Jurusan ini yang terbaik ada di UI, tetapi sayangnya hanya menerima sedikit mahasiswa saja.

Keselamatan Kesehatan Kerja
Keselamatan Kesehatan Kerja

12. Manajemen Sumberdaya Perairan 

Jurusan yang berada dibawah teknik perikanan, mengajarkan ilmu pemanfaatan tentang sumberdaya perairan agar tidak diseksploitasi secara berlebih dan tetap lestari. kampus yang memiliki jurusan ini ada di UNDIP, IPB, UB dan USU. di UB nilai passing grade jurusan ini bernilai 26,03%.

Jurusan Universitas Brawijaya Sepi Peminat 2016 dan Prediksi SNMPTN 2017

Jurusan UNAIR Surabaya yang Sepi Peminat 2016

Jurusan ITS Surabaya yang Sepi Peminat 2016

 

 

13. Budidaya Perairan

Jurusan yang membahas tentang budidaya ikan di air mulai dari konsumsi hingga hias. Passing grade jurusan ini memiliki skor 24,33% di Universitas Brawijaya. Selain UB jurusan ini ada di kampus Unair, Unsoed dan Unri.

14. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan turunan dari fakultas perikanan yang mengajarkan untuk menguasai, menerapkan dan mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan perikanan. Jurusan ini dapat anda temui di UB, UGM, Undip dan IPB. di UB passing grade jurusan ini berkisar antara 18-30%.

15. Teknik Design dan Manufaktur

Jurusan ini masih sepi peminat tetapi banyak perusahaan yang membutuhkan untuk proses desain sampai dengan manufaktur yang begitu komplek. Jurusan ini bisa anda temui di PPNS-ITS Surabaya.

Teknik Desain dan Manufaktur
Teknik Desain dan Manufaktur

Demikian pembahasan mengenai  Jurusan kuliah IPA sepi peminat. Data-data diatas diambil dari beberapa passing grade pada kampus-kampus besar dan favorit di Indonesia yang memiliki nilai rendah dan referensi dari berbagai website informasi lainnya. Semoga bisa bermanfaat.

 

 

Jurusan UGM yang Sepi Peminat 2016

Jurusan terfavorit dan paling sepi peminat di UGM

Jurusan UNDIP Semarang yang Sepi Peminat 2016

26 Kampus dan Jurusan terkenalnya

Jurusan dengan Potensi Gaji yang Fantastis

12 Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati 2016

Jurusan SNMPTN 2016 paling jarang diminati

17 Jurusan SNMPTN 2016 sepi peminat tapi peluang kerja besar

PTN yang bisa kamu pilih di SBMPTN dan ketentuannya

Daftar PTS Terbaik di Indonesia!

15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 41,926 times, 8,503 visits today)
15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *