10 Universitas Favorit di Indonesia 2017 – Bagi kamu yang saat ini sudah selesai menghadapi UN (Ujian Nasional) dan akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, pasti sedang sibuk-sibuknya mencari informasi kampus mana yang terbaik dan paling banyak diminati/favorit. Kata baik dan favorit itu beda lho, kamu tentu sudah bisa membedakan arti baik dan favorit itu sendiri. Unversitas di Indonesia sangatlah banyak, dengan ini kamu harus bisa memilih mana kampus favorit yang mampu memberikan edukasi baik kepada seluruh mahasiswanya.

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

|| Baca Juga: Jurusan Paling Diminati di UPI dan Passing Grade 2016 ||

Pada dasarnya, semua perguran tinggi memberikan edukasi yang baik, tapi kamu juga mengharapkan bisa masuk ke universitas yang paling banyak diminati karena dengan banyaknya orang yang daftar ke kampus tersebut, sudah otomatis memiliki kredibilitas apik di mata mahasiswa dan calon mahasiswanya. Bangga dong bisa bergabung dan duduk di universitas favorit di Indonesia, setidaknya kamu pede saat ditanya orang-orang.

Perlu hati-hati juga saat akan memilih universitas, karena jaman sekarang terutama universitas swasta banyak yang ilegal dan tidak diakui DIKTI. Banyak lho mereka yang ingin mendapatkan ijazah hanya dengan mengeluarkan modal kemudian prosesi kulianya dilakukan online dan ahirnya setelah menempuh perjalanan hingga semester akhir dengan bangganya mereka mengenakan toga untuk wisuda padahal kampusnya tidak diakui.

Ijazah yang didapatkan pun tidak akan diakui, bahkan ancamannya gelar kamu akan mempengaruhi saat mencari pekerjaan. Pintar-pintarlah dalam memilih perjalanan menuju kesuksesan masa depan, salah satunya memilih universitas yang baik bahkan memiliki akreditasi terbaik.

|| Baca Juga: Jurusan Paling Diminati di IPB dan Passing Grade 2016 ||

Di Indonesia, ada banyak universitas favorit, 10 diantaranya bisa dilihat dari hasil data SBMPTN tahun sebelumnya berikut ini .

1. Universitas Padjajaran (Unpad)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Padjajaran atau biasa disingkat Unpad merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Bandung, Jawa Barat. Setiap tahunnya mendapatkan banyak peminat, sehingga siapa saja yang berhasil masuk kesana akan sangat beruntung karena bisa bersaing dengan ribuan orang. Unpad ini memiliki 2 kampus yaitu Kampus Dipati Ukur Bandung dan Kampus Jatinangor Sumedang. Fasilitas kampus yang dimiliki sangat beragam mulai dari asrama, ruang pertemuan, perpustakaan, sarana olahraga hingga transportasi.

Banyak sekali petinggi-petinggi negara yang menjadi alumni Unpad, salah satunya adalah Presiden RI ke-5 yaitu Megawati Soekarnoputri. Bahkan artis-artis pun tidak sedikit yang menimba ilmu disini. So, buat kamu yang bingung ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, Unpad bisa menjadi alternatif terbaik untukmu. Lebih dari 10 fakultas yang mengisi Unpad dengan beragam jurusan/prodinya.

2. Universitas Hasanuddin (Unhas)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Siapa saja alumni penting dari kampus ini? ada banyak alumni Unhas yang sekarang menjadi orang penting di Indonesia. Tahukah kamu bahwa Wakil Presiden yang pernah menjabat dua kali (termasuk saat ini) yaitu Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla adalah alumni dari Unhas. Akan menjadi kebanggaan jika kamu juga bisa bergabung dengan universitas dimana kampus ini mencetak alumni-alumni yang berprestasi dan menjadi orang penting di Indonesia.

Universitas Hasanuddin memiliki sekitar 14 fakultas diantaranya Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, MIPA, Peternakan, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kelautan dan Perikanan, Farmasi, dan Kehutanan.

3. Universitas Brawijaya (UB)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB atau UNBRA, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berdiri di Malang, Jawa Timur. UB ini memiliki kampus pusat yang berada di Malang (Puncak Dieng, Griyasahanta, Ketawanggede). Ada beberapa jalur masuk yang disediakan kampus ini untuk adik-adik yang berniat melanjutkan studi ke UB atau untuk mahasiswa UB sendiri yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi diantarnya yaitu SNMPTN, SBMPTN, kemudian jalur mandiri seperti SPKD/SPKIns, SPMK, Kampus Kediri, SPI, SAP, dan SPVok.

Fasilitas kampus sangat beragam mulai dari pusat pembelajaran yang dilengkapi labolatorium sebagai penunjang pendidikan, fasilitas mahasiswa, olahraga&seni, pelatihan dan penelitian, dll. Salah satu alumni penting Universitas Brawijaya adalah beliau yang saat ini menjadi kandidat cawagub DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama yaitu Drs. H. Djarot Saiful Hidayat.

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Sumatera Utara (USU) tentunya berada di Sumatera Utara tepatnya di kota Medan. USU juga menjadi kampus pertama yang mempunyai fakultas Kedokteran di pulau Sumatera. Ada banyak fakultas serta organisasi hingga fasilitas yang disediakan USU. Salah satu alumni USU yaitu beliau seorang pengusaha pers sekaligus pimpinan Media Group dan stasiun televisi Metro TV.

5. Universitas Indonesia (UI)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Siapa yang tidak tahu kampus ini? merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia dengan kampus utamanya berada di Depok, Jawa Barat. Kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi papan atas selain Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Banyak sekali fasilitas yang disediakan mulai dari perpustakaan, asrama, sarana olahraga, pusat kesehatan mahasiswa, kegiatan mahasiswa, hingga transportasi.

Lebih dari 10 fakultas yang dimiliki UI, serta banyak prestasi kelas dunia yang telah diraihnya. Bahkan lebih dari 60 pusat studi untuk melakukan kegiatan penelitian dalam mendukung kegiatan pengabdian masyarakat serta pendidikan. Salah satu alumni penting UI adalah Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D yang menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro.

|| Baca Juga: Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Prodi yang Wajib Kamu Ketahui ||

6. Universitas Diponegoro (Undip)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

 

Selanjutnya adalah Universitas Dipenogoro atau Undip yang menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini berada di Semarang, Jawa Tengah. Kampusnya tersebar di beberapa lokasi di Semarang dan Jepara. Undip memiliki 11 fakultas dan 1 program pascasarjana serta banyak fasilitas kampus yang tersedia seperti perpustakaan, Masjid, stadion, rumah sakit, gedung serba guna, transportasi, dll.

Salah satu alumni penting kampus favorit ini adalah Dr. (HC) Susi Pudjiastuti yang sekarang adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan. Siapa yang tidak kenal orang ini? dengan beraninya beliau pernah menenggelamkan kapal ikan ilegal yang beroperasi di wilayah Indonesia.

7. Universitas Gadjah Mada (UGM)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Sudah bukan barang baru lagi, universitas yang satu ini terkenal tidak hanya di wilayahnya melainkan diluar wilayah sudah sangat familiar. UGM merupakan salah satu unversitas negeri yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia yang berlokasi di Bulaksumur Yogyakarta. Jika kamu datanga pertama kali ke UGM, yakin deh akan bingung mencari gedung-gedungnya karena banyak dan luasnya fasilitas serta pusat studi hingga administrasi yang dimiliki UGM.

Presiden RI saat ini yakni Ir. H. Joko Widodo menjadi salah satu alumi kampus papan atas. Masih banyak orang-orang penting yang pernah menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada. Lebih dari 10 fakultas dengan beragam program studi serta dua sekolah yakni sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana ada di UGM.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Sebelas Maret yang biasa disingkat UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berada di kota Surakarta yang menyediakan pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral. UNS ini memiliki sekitar 10 fakultas diantaranya Fakultas Seni Rupa dan Desain, Ilmu Budaya, Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, MIPA, Pertanian, Teknik, dan Hukum.

9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan lokasi kampus utama berada di Bandung, Jawa Barat. Kampus UPI tersebar di dua provinsi yaitu Banten dan Jawa Barat, adapun selain kampus utama yang ada di Bandung, kampus lainnya berlokasi di Serang, Purwakarta, Sumedang, Tasikmalaya dan Cibiru. UPI sendiri memiliki 8 fakultas dengan banyak fasilitas mulai dari pusat pembelajaran, olahraga dan seni, dan sarana umum lainnya.

10. Universitas Andalas (Unand)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Kemudian, ada Universitas Andalas yang menjadi slaah satu univeritas favorit di Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Kampus ini merupakan kampus tertua di luar Pulau Jawa. Unad memiliki 15 fakultas dan 1 program pascasarjana, serta memiliki prestasi yang cukup banyak. Layanya universitas favorit yang lain, Unad menyediakan banyak fasilitas demi mendukung proses pembelajaran.

Itulah informasi mengenai 10 Universitas Favorit di Indonesia 2017. Semoga informasi ini membantu adik-adik jika masih bingung ketika akan memilih perguruan tinggi mana yang recomended. Selain ke 10 unversitas ini masih banyak kampus-kampus terbaik Indonesia yang bisa kamu pilih.

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017, Seputar Mahasiswa

Bingung Sewa Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 13 =