Mudik naik kereta api sudah menjadi hal yang lumrah, apalagi menjelang Lebaran seperti ini. Bagi para perantau, pulang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga wajib dilakukan. Banyak di antara mereka yang kemudian memilih kereta api sebagai sarana transportasi untuk mudik. Selain lebih cepat sampai ke kota tujuan karena tidak terkendala oleh kemacetan lalu lintas, kereta api sekarang ini sudah lebih nyaman digunakan untuk mudik.

Saking larisnya kereta api, menjelang masa-masa mudik seperti sekarang ini, mendapatkan tiket kereta api ke kota tujuan adalah perjuangan yang gak gampang. Kalian harus bersaing dengan ribuan pemudik lainnya untuk mendapatkan tiket kereta api. Buat kamu yang memang ingin mudik menggunakan kereta api, simak deh tips mudik naik kereta api di bawah ini agar kalian besok bisa mudik dengan aman dan nyaman sampai kota tujuan.

  1. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Salah satu hal yang harus kalian lakukan kalau mau mudik naik kereta api dengan lebih nyaman adalah pesan tiket jauh-jauh hari. Kalau kalian pesannya sudah mepet hari Lebaran, dijamin deh gak ada tiket kereta api yang tersisa untuk kalian. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau jumlah pemudik dan ketersediaan kursi di dalam gerbong-gerbong kereta api tidak sebanding. Karenanya, mudik nyaman kalian dengan kereta api dimulai dengan dapat tiket terlebih dahulu. Biasanya tiket untuk kereta api yang berangkat menjelang hari Lebaran sudah dijual mulai dari 90 hari sebelum Lebaran. Rajin-rajin aja cek situs-situs penjualan tiket atau situs resmi PT KAI.

  1. Pesan Tiket Oline dengan Koneksi Internet Stabil

Udah bukan jamannya lagi beli tiket kereta di stasiun. Yang ada sekarang ini adalah beli tiket kereta api via online. Mereka yang tiap tahun mudik naik kereta api biasanya udah hapal tuh sama situs-situs yang menjual tiket secara online. Agar kalian bisa dapat tiket kereta api sesuai yang kalian inginkan, jangan lupa saat memesan tiket secara online, kalian pakai koneksi internet yang stabil. Kalau koneksi internet gak stabil, kalian harus berhadapan dengan banyak crash dan kendala saat memesan tiket. Bisa aja kan kursi kereta yang udah kalian incar atau booking ternyata sudah diambil sama orang lain gara-gara kalian kelamaan akses internetnya? Padahal, tempat duduk yang strategis dalam kereta pasti diincar oleh banyak orang. FYI, tempat duduk yang lokasinya dinilai paling strategis di kereta api adalah tempat duduk yang berada di tengah. Hal ini dikarenakan tempat duduk bagian tengah jauh dari bordes (pembatas) sehingga tidak berisik.

  1. Packing Barang Dalam Dua Tas Saja

 

|| Baca : Trik Hunting Tiket Kereta Api Lebaran

 

Meski disediakan bagasi, bukan berarti kalian bisa bawa barang segambreng saat mudik naik kereta api. Sudah ada batas bawaan bagasi di kereta api yang harus kalian taati. Biasanya batas maksimal barang bawaan kalian adalah 20 kilogram. Untuk itu, bawa yang perlu aja. Kalau bisa jangan lebih dari dua tas. Satu koper dan satu tas ransel biasanya udah cukup sih buat tempat barang saat mudik. Ingat, ini cuma mudik, bukan pindahan. Daripada kalian kerepotan sendiri, lebih baik dibikin simpel.

  1. Jangan Datang Mepet Jam Keberangkatan

Kebiasaan jelek orang Indonesia adalah datang mepet. Entah itu acara kantor, acara keluarga, atau bahkan datang ke stasiun seperti ini pasti mepet. Padahal, mudik gak bisa dibikin keburu-buru seperti ini. Kalian datang ke stasiun bukan terus langsung loncat ke kereta gitu kan? Masih banyak yang harus kalian lakukan seperti check in dan mencari tempat duduk di dalam gerbong. Amannya, datang deh dua jam sebelum waktu keberangkatan. Kalian masih banyak waktu untuk check in, mengecek semua barang bawaan, dan mencari tempat duduk saat kereta datang.

  1. Persiapkan Kode Booking Tiket Kereta Api

Kalau kalian beli tiket secara online, kalian akan mendapatkan kode booking untuk mencetak tiket kereta api. Jangan sampai kelupaan membawa kode booking ini karena nantinya akan digunakan di konter elektronik yang tersedia untuk mencetak tiket. Pencetakan ini dapat dilakukan paling lambat 5 menit sebelum kereta berangkat. Tapi kan semakin awal semakin baik, biar gak keburu-buru gitu.

  1. Jangan Lupa Siapkan Identitas Diri

Sekarang ini, naik kereta sudah seperti naik pesawat di mana kalian akan membutuhkan identitas diri untuk bisa naik ke kereta api. Siapkan identitas diri kalian seperti KTP atau SIM. Yang jelas, identitas diri kalian harus cocok dengan identitas yang tertera di tiket kereta api. Kalau penumpang kereta masih kecil (di bawah 17 tahun) dan belum punya identitas diri, biasanya sih kartu pelajar atau tanggal lahir saja sudah cukup sebagai identitas.

 

  1. Bawa Amunisi Bekal dari Rumah

Mudik naik kereta api apalagi dengan tujuan yang jauh, yang bisa makan waktu sampai 8-9 jam biasanya akan bikin kita cukup lapar di dalam kereta. Alhasil, kalau gak bawa bekal makanan dan air minum dari rumah, kalian harus rela merogoh kocek agak dalam untuk membeli makanan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan kereta api. Makanya, siapkan amunisi bekal makanan dan air minum dari rumah saja. Selain lebih hemat, kalian juga bisa makannya kapan aja.

  1. Isi Powerbank Sampai Full

Perjalanan panjang saat mudik naik kereta api akan lumayan membosankan jika tidak ada hiburan dari smartphone. Kalau smartphone kamu kapasitas baterainya kecil atau baterainya cepat drop, powerbank wajib kamu bawa. Memang sih kamu bisa cari colokan listrik di dalam kereta, malahan sekarang sudah ada colokan listrik di tiap kursi. Tapi selain bawa charger handphone, powerbank juga wajib tuh kamu isi sampai full jadi misalnya kamu gak bisa charge handphone dengan charger, kamu masih punya powerbank.

  1. Bawa Bantal Leher

Kadang perjalanan panjang selama mudik naik kereta api ini akan bikin badan pegal-pegal, terutama bagian leher. Karenanya, jangan lupa bawa bantal leher, ya. Bantal leher ini akan bikin kamu lebih nyaman selama perjalanan. Banyak kok bantal leher dengan berbagai desain yang lucu-lucu yang bisa kamu beli. Daripada kamu susah tidur di dalam kereta karena leher kamu pegel-pegel, lebih baik diantisipasi dengan membawa bantal leher.

  1. Minta Petugas untuk Membangunkan Saat Sudah Sampai

Kalau kalian punya kebiasaan tidur terlalu lelap atau susah bangun, kalian harus hati-hati nih saat mudik. Apalagi kalau kalian mudik sendirian. Sebelum berangkat, titip pesan dulu gih ke petugas atau ke orang yang duduk di sebelah kamu untuk membangunkanmu apabila kereta sudah sampai ke kota tujuan kamu dan kamunya masih molor. Tapi ini jarang sih, biasanya gak usah dikasih pesan juga nanti petugas akan membangunkanmu. Tapi, gak ada salahnya kan antisipasi dulu.

Nah itu dia tadi tips untuk tetap nyaman dan aman saat mudik naik kereta api. Selamat berlebaran, ya! Have fun with your big fams!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

 

10 Tips Mudik Naik Kereta Api Agar Tetap Aman dan Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =