Memastikan rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran dalam jangka waktu yang lama menjadi suatu hal yang harus dilakukan saat ini. Hari Lebaran yang tinggal menghitung hari membuat banyak orang sudah bersiap-siap mudik ke kampung halamannya  masing-masing. Biasanya, momen mudik Lebaran ini dimanfaatkan oleh mereka yang punya niatan jahat karena  banyak rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya.

Kalau kamu sekarang ini juga udah siap-siap mudik dan rumahmu akan kosong selama berhari-hari atau bahkan lebih dari seminggu, ada baiknya nih kamu memastikan dulu rumahmu aman selama ditinggal mudik Lebaran. Gimana caranya? Coba deh simak tips agar rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran berikut ini!

  1. Pastikan Pintu dan Jendela Sudah Terkunci Rapat

Sebelum berangkat, pastikan kalau semua pintu dan jendela di rumah kamu sudah terkunci rapat. Meski pencuri biasanya tetap mencari-cari celah untuk masuk ke dalam rumahmu, kalau setidaknya pintu dan jendela semua terkunci, pencuri tidak akan bisa masuk dengan mudah ke dalam rumahmu. Kalau perlu, pasang kunci ganda pada pintu dan gunakan teralis pada jendela. Pintu juga bisa kamu tambahkan dengan gembok agar lebih aman. Kelihatan ribet sih, tapi, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik ribet sedikit kan ya.

  1. Cabut Aliran Listrik dan Gas

Rumah kosong tak hanya punya resiko disatroni pencuri, tapi juga beresiko rawan kebakaran. Biasanya, hal yang menyebabkan kebakaran pada rumah kosong adalah barang-barang elektronik yang menyebabkan arus pendek. Selain itu, tabung gas juga jadi penyebab sebagian besar kasus kebakaran pada rumah kosong. Karenanya, cabut aliran listrik yang tidak perlu, terutama pada barang-barang elektronik. Jangan biarkan kebel radio, TV, dispenser, AC, dan komputer menancap pada colokan listrik. Cabut juga aliran gas di dapur sehingga rumah tetap aman selama kamu tinggal mudik Lebaran.

  1. Minta Batuan Tetangga untuk Menyalakan Lampu Depan Rumah

Ini nih yang agak repot. Saat ditinggal mudik lama, biasanya lampu depan rumah akan dinyalakan terus-menerus sehingga saat malam hari tidak gelap gulita. Tapi, dampak negatif dari hal ini adalah boros listrik dan lampu yang menyala di siang hari akan memudahkan pencuri untuk menidentifikasi bahwa rumah itu kosong ditinggal mudik. Tapi, kalau lampu tidak dinyalakan, pas malam hari bisa gelap banget itu rumah dan sama aja, pencuri malah tambah girang karena mereka dengan mudahnya melancarkan aksi di tempat segelap itu. Buat kamu yang tombol lampu depannya ada di luar rumah, lebih baik kamu minta tolong tetangga yang bisa kamu percaya (dan yang enggak mudik) untuk menyalakan lampu setiap hari selama kamu mudik. Nanti tinggal pas kamu balik kamu ke tempat tetangga kamu dan kasih oleh-oleh deh sebagai tanda terima kasih.

  1. Stop Dulu Semua Langganan

Kalau kamu punya langganan koran atau pengiriman barang yang datang tiap hari, lebih baik stop dulu pengirimannya selama kamu mudik Lebaran. Agar rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran, tumpukan koran atau barang kiriman gak boleh ada di depan rumah. Karena kalau iya, pencuri bakal gampang banget tuh mengidentifikasi kalau rumah itu kosong. Secara kalau gak kosong kan gak mungkin tuh koran numpuk-numpuk di depan pintu. Atau, boleh deh langganan tetep jalan, tapi titip pesan sama tetangga untuk mengambilkan koran atau barangnya dan mereka simpen dulu sampai kamu balik dari mudik.

||Baca : 10 Hal yang Bisa Diberikan pada Ponakan saat Lebaran Selain Uang

  1. Kosongkan Semua Tempat Penampungan Air

Untuk mencegah rumahmu jadi sarang nyamuk demam berdarah, ada baiknya kamu kosongkan semua tempat penampungan air di dalam rumah kamu, apalagi kalau kamu mudiknya lama. Cek semua kamar mandi, pastikan bak mandinya sudah kosong, demikian pula ember dan tempat penampungan air lainnya.  Kamu gak mau kan pulang-pulang mudik disambut sama nyamuk demam berdarah yang jumlahnya segambreng-gambreng?

  1. Bersihkan Rumah

Membersihkan rumah sebelum pergi mudik adalah hal yang gak boleh kamu sepelekan. Mau meninggalkan rumah dalam kedaan kotor? Yang ada nanti pas kamu pulang rumah kamu semakin kotor dan gak karuan. Makanya, bersihkan dulu rumahmu dari sampah dan kalau perlu tutup semua lubang pembuangan. Hal ini penting agar tikus, serangga, nyamuk, dan hewan-hewan kecil lainnya gak gampang masuk dan mengobrak-abrik rumahmu.

  1. Buang Semua Sisa Makanan

Kalau kamu mau mudik dalam waktu lama, kulkas lebih baik dicabut saja kabelnya. Oleh karena itu, jangan sampai ada sisa makanan di rumah. Sisa makanan biasanya masih bisa disimpan di kulkas kan? Tapi kali ini lebih baik semua sisa makanan dihabiskan sebelum mudik sehingga kulkas bisa dibersihkan dan “diliburkan” selama kamu mudik. Kalau makanan-makanan di rumah bentuknya kering atau kalengan sih gak masalah. Tapi kalau ada sisa nasi, lauk pauk, buah-sayur, lebih baik habiskan dulu sebelum kamu mudik.

  1. Pastikan Hewan Peliharaan Ada yang Mengurus

Kalau kamu punya hewan peliharaan di rumah dan kamu gak bisa bawa pas mudik, pastikan mereka diurus dengan baik selama kamu mudik. Kalau hewan peliharaan kamu berupa anjing, kucing, hamster, atau reptil, biasanya sih sudah ada tempat-tempat penitipan khusus. Kalau kamu pelihara ikan, lebih baik kamu titip ke tetangga saja biar lebih mudah. Meski cuma ikan, ikan di akuarium atau kolam harus tetap diberi makan selama kamu mudik. Minta tolong tetangga gih untuk memberi makan ikan-ikanmu selama kamu mudik.

  1. Pasang CCTV

Opsi yang ini agak pake biaya sih, tapi udah banyak kok rumah yang mengandalkan CCTV agar tetap aman selama ditinggal mudik. Setidaknya kalau ada apa-apa dengan rumah yang kosong ini, semuanya udah terekam dalam rekaman CCTV sehingga kalau mau diproses juga gampang. Tidak ada salahnya memasang CCTV untuk mamastikan rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran.

  1. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memastikan rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran adalah menyimpan semua barang berharga di tempat yang aman. Perhiasan, surat-surat penting, dan uang tunai ada baiknya disimpan di dalam brangkas atau tempat penyimpanan khusus. Kalau mau disimpan dalam lemari, pastikan lemarinya terkunci rapat.

Nah itu dia tadi 10 tips agar rumah tetap aman meski ditinggal mudik Lebaran. Jadi, meski kamu jauh di kampung halaman, kamu bisa tetap tenang karena sudah meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Selamat mudik Lebaran, ya! Have fun!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Tips Agar Rumah Tetap Aman Meski Ditinggal Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =