Libur Lebaran tiap tahunnya memang jadi momen yang tepat untuk liburan ke Jogja. Kota yang akrab dengan predikat “Kota Pelajar” ini memang memiliki banyak sekali objek wisata yang seru untuk dikunjungi. Banyak orang yang suka juga liburan ke Jogja karena biaya liburan di sana masih terbilang cukup murah. Alhasil, bisa dipastikan jika momen libur Lebaran tiap tahunnya menjadikan jalanan di Jogja banyak yang macet total karena banyaknya volume kendaraan. Kalau kamu tahun ini ada rencana liburan ke Jogja, kenali dulu deh ruas jalan mana aja di Jogja yang tahun ini juga diprediksi bakal macet. Kalau tujuan wisata kamu melewati jalan-jalan di bawah ini, kamu bisa cari alternatif jalan lain.

  1. Jalan Jogja-Wonosari

Salah satu objek wisata yang paling diminati di kota Jogja ada pada pantai-pantainya. Kebanyakan pantai di Jogja yang menarik minat para wisatawan terletak di kawasan Gunung Kidul. Tiap tahunnya, apalagi saat momen libur Lebaran, pasti pantai-pantai di Gunung Kidul seperti Pantai Baron, Pantai Ngobaran, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pok Tunggal, dan lain sebagainya selalu padat pengunjung. Salah satu jalan utama untuk berangkat dari Jogja menuju ke pantai-pantai ini adalah lewat Jalan Jogja-Wonosari. Sudah bisa dibayangkan kan wisatawan yang pengen ke pantai dan kebanyakan mengendarai mobil memadati ruas jalanan ini. Alhasil, kalau di hari biasa perjalanan dari Jogja kota ke pantai-pantai di Gunung Kidul bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam, di monen libur Lebaran, kalian harus ekstra sabar karena perjalanan bisa molor sampai 2 hingga 3 jam karena macet.

  1. Jalan Laksda Adisucipto

Jalan ini adalah salah satu ruas jalan paling macet di Jogja, apalagi waktu momen libur Lebaran. Jangankan libur saat Lebaran, di akhir pekan biasa saja jalanan ini sudah pasti macetnya. Kemacetan di jalan ini dipicu karena jalan ini masuk rute perjalanan Jogja-Klaten, Jogja-Solo, dan kota-kota selanjutnya. Selain itu, di jalan ini juga terdapat bandara dan mall besar Ambarukmo Plaza (Amplaz). Alhasil, mobil-mobil pasti memadati jalanan ini, entah tujuannya mau ke Amplaz, ke bandara, ke Candi Prambanan, atau ke luar kota.

  1. Jalan Brigjen Katamso – Jl. P. Senopati

Ruas jalan ini memang tak hanya macet saat liburan, di hari biasa saja memang jalanan ini kerap macet. Hal ini karena jalanan ini dekat lokasinya dengan Malioboro. Banyak bus wisata ukuran besar yang kemudian lewat jalan ini untuk menuju ke Malioboro atau menuju ke parkiran bus Abubakar Ali. Alhasil, jalanan yang notabenenya sempit ini selalu macet. Di Jl. P. Senopati ada juga tempat wisata edukatif Taman Pintar yang sering dipadati oleh pengunjung, apalagi saat momen Lebaran. Akibatnya volume kendaraan di sekitar tempat wisata ini pasti membludak.

|| Baca : Rute Trans Jogja Lengkap Terbaru

  1. Jalan Mataram

Jl. Mataram adalah ruas jalan yang biasa ditempuh untuk bisa menuju ke kawasan wisata Maliboro. Bukan hanya kendaraan pribadi saja yang memenuhi jalan ini, tapi juga bus-bus wisata. Kemacetan di jalanan ini terbilang cukup parah di waktu-waktu libur Lebaran. Hal ini dikarenakan Maliboro dianggap sebagai tempat wisata wajib di Jogja. Kalau kamu pengen ke Maliboro, kamu bisa coba alternatif jalan lainnya lewat Jl. Pasar Kembang, tapi di momen libur Lebaran, ruas jalanan yang ini juga sama saja padatnya.

  1. Jalan Abu Bakar Ali

Jalanan ini letaknya masih di kawasan dekat Malioboro. Alhasil, pada saat libur Lebaran 2017, jalanan ini sudah diprediksi akan macet total, seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya di liburan panjang seperti libur hari raya besok ini, akan ada petugas polisi yang berjaga-jaga di jalanan ini dan melakukan rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemacetan.

  1. Jalan Jendral Sudirman

Salah satu lokasi menarik di Jogja yang sering didatangi oleh wisatawan adalah Tugu Jogja. Monumen bercat putih yang menjadi ikon kota Jogja ini memang banyak dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto ria. Alhasil, Jl. Jendral Sudirman dekat Tugu Jogja selalu macet. Kendaraan-kendaraan yang memenuhi Jl. Jendral Sudirman biasanya memang mau mengarah ke Tugu atau menuju ke Stasiun Tugu, Malioboro, atau spot angkringan-angkringan yang berjejer di sepanjang Jl. P. Mangkubumi.

  1. Jalan Kaliurang

Selain objek-objek wisata pantai, Jogja juga terkenal dengan objek wisata yang terletak di kawasan atas seperti kawasan kaki Gunung Merapi dan Kaliurang. Beberapa di antaranya adalah Taman Wisata Kaliurang, berbagai desa wisata, Taman Nasional Gunung Merapi, Museum Sisa Hartaku, Musem Ullen Sentanu, dan Museum Rumah Mbah Maridjan. Untuk bisa menuju ke kawasan atas ini, salah satu jalan yang pasti dilewati adalah Jl. Kaliurang. Di hari biasa saja, jalan ini sudah padat volume kendaraannya. Bisa dibayangkan betapa macetnya jalanan ini saat libur Lebarang.

  1. Jalan Magelang

Jalan ini cukup macet karena menjadi jalan penghubung antara Jogja dengan kota-kota lain seperti Magelang, Wonosobo, Pekalongan, dan lain sebagainya. Alhasil, jalananan ini dipastikan macet, apalagi saat musim arus balik. Jalan Magelang ini juga sering macet oleh bus-bus wisata yang biasanya membawa wisatawan yang ingin berekreasi ke Candi Borobudur.

  1. Jalan Urip Sumoharjo

Jalan ini merupakan jalan akses masuk ke kota Jogja. Meski searah, ruas jalan ini tetap saja macet. Biasanya, kemacetan disebabkan oleh tersendatnya laju kendaraan mulai dari Jl. Jendral Sudirman hingga ke Jl. Urip Sumoharjo ini. Adanya parkir-parkir kendaraan di kiri kanan pertokoan sepanjang Jl. Urip Sumoharjo ini juga sering dianggap sebagai penambah macetnya jalan ini.

  1. Jalan Kusumanegara

Jalan yang satu ini biasanya macet karena banyak mobil dan bus yang melewati jalan ini untuk menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka. Selain itu, jalanan ini sering macet karena jalurnya lurus dan tidak ada devider yang membuat pengendara dari kedua arah tercampur jadi satu dan menimbulkan macet. Apalagi, ruas jalan ini juga kurang rambu-rambu dan marka jalannya.

Sudah tahu kan di mana saja ruas jalan yang dipastikan macet saat momen libur Lebaran besok ini? Meski macet, kalau kamu harus melewati jalanan di atas, jangan emosi dan melanggar peraturan lalu lintas, ya. Ingat, salah satu penyebab terbesar dari kecelakaan lalu lintas adalah karena pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Tertib di jalan raya gak ada ruginya, kok.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

(Visited 64 times, 16 visits today)
10 Ruas Jalan di Jogja yang Diprediksi Macet Total Selama Libur Lebaran
Tagged on:                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *