Ada banyak sekali pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri. Hal ini tentu bikin kamu yang punya kesempatan untuk mudik ke kampung halaman bersyukur dong. Tradisi mudik saat Lebaran memang sudah jadi hal yang wajar di Indonesia. Hari Lebaran bukan hanya hari raya biasa tapi menjadi momen di mana keluarga besar berkumpul. Jadi, bisa pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu bersama keluarga besar adalah hal yang sungguh istimewa, bukan?

Tapi, apakah kalian tahu jika gak semua orang bisa berkumpul dengan keluarganya saat Lebaran? Orang-orang banyak yang mengorbankan nikmatnya berkumpul keluarga saat Lebaran demi tuntutan profesi. Pengen tau apa saja pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri dan membuat pekerjanya tidak bisa atau jarang sekali pulang saat Lebaran? Berikut daftarnya.

  1. Pilot

Bekerja sebagai pilot memang menjadi impian banyak orang. Selain bergengsi tinggi, menjadi pilot juga akan memberikan kestabilan finansial karena gajinya juga besar. Tapi, bekerja menjadi pilot banyak resikonya, selain tekanan yang besar karena membawa nyawa banyak orang dalam pesawat, seorang pilot juga harus rela tidak berlebaran bersama keluarga. Ya, pilot adalah salah satu pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri. Jadwal penerbangan pesawat tentunya tidak mengenal hari libur dan pilot tetap harus bertugas, meski hari itu adalah hari Lebaran.

  1. Dokter, Bidan, Perawat

Bekerja di ranah medis memang jarang sekali mengenal yang namanya hari libur di hari Minggu atau di hari besar. Apalagi untuk hari Lebaran. Coba deh ke rumah sakit pas hari Lebaran, pasti banyak juga kan dokter, perawat, dan lain sebagainya yang tetap bertugas? Mereka tidak boleh dong meninggalkan kewajiban untuk merawat pasien meski itu adalah hari Lebaran. Makanya, pekerjaan di ranah medis ini bukan hanya soal passion saja tapi juga soal pengorbanan besar. Respect!

  1. Sopir Bus Antar Kota

Ketika hari raya Idul Fitri tiba, masih banyak sopir bus yang berada di perjalanan untuk membawa penumpang. Bahkan, mereka harus menjalankan Sholat Ied di tengah perjalanan. Jarang sekali mereka bisa menikmati hari Lebaran bersama keluarga. Hal ini dipacu juga dengan melonjaknya penumpang bis menjelang hari Lebaran. Bahkan, di hari H Lebaran pun, masih banyak penumpang bis yang mengantre untuk dibawa menuju daerah tujuannya. Inilah mengapa profesi supir bus adalah pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri.

  1. Polisi

Pada saat hari H Lebaran justru keamanan di berbagai tempat perlu ditingkatkan. Inilah mengapa polisi jarang sekali mendapatkan libur ketika hari H Lebaran. Biasanya, mereka akan mendapatkan jatah libur jauh hari setelah Lebaran. Mereka rela lho tidak berlebaran bersama keluarga demi mengamankan daerah-daerah di Indonesia. Apalagi jika posisinya adalah polisi lalu lintas. Tau sendiri gimana jalanan di Indonesia saat Lebaran, macet total! Justru di hari-hari ini polantas kerja ekstra keras dibanding hari-hari biasanya.

  1. Masinis

Mudik Lebaran cukup identik dengan kereta api. Bahkan untuk menampung semua penumpang yang mau mudik ke daerahnya, jadwal keberangkatan kereta api ditingkatkan selama masa-masa mudik. Para masinis tentunya juga harus kerja ekstra keras selama masa-masa mudik ini. Tak jarang mereka tidak mendapatkan jatah libur pada saat hari H Lebaran karena masih harus mengoperasikan kereta api dari satu daerah ke daerah lainnya.

  1. Tentara

Memiliki profesi sebagai tentara tak jauh beda dengan polisi. Mereka sama-sama memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara. Banyak anggota tentara yang ikut menjaga jalur mudik dan juga mengamankan berbagai tempat ketika Lebaran. Alhasil, mereka tidak bisa berkumpul bersama keluarganya saat Lebaran. Kalau tentara pada di rumah saat Lebaran, lah yang harus menjaga objek-objek vital di Indonesia siapa dong? Makanya, respect!

  1. Petugas Perlintasan Kereta Api

Menjaga perlintasan kereta api sepertinya sepele. Tapi ternyata pekerjaan ini berat dan beresiko lho. Salah sedikit saja, kecelakaan fatal bisa terjadi. Petugas perlintasan kereta api yang mendapatkan shift jaga pada saat hari H Lebaran juga jarang mendapatkan kesempatan untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga. Tuntutan profesi mereka membuat mereka harus jauh dari keluarga saat Lebaran. Apalagi, banyak kendaraan yang melintas di perlintasan kereta api pada saat Lebaran saking padatnya jalanan.

  1. Wartawan

Sudah lumrah jika wartawan jarang mendapatkan jatah libur pada saat hari H Lebaran. Memberikan laporan mudik dan berita-berita lain terkait Lebaran sudah menjadi tugas mereka. Alhasil, berkumpul bersama keluarga di hari raya menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Inilah mengapa wartawan masuk dalam daftar pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri. Justru pada saat Idul Fitri banyak hal yang harus mereka liput.

  1. Security

Menjadi petugas keamanan atau yang disebut satpam atau security memang menjadi pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri. Banyak gedung-gedung yang tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa penjagaan security. Alhasil, banyak tim security yang pada saat hari H Lebaran hanya sempat ikut sholat ied saja kemudian bertugas kembali untuk berjaga. Mereka tidak punya kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saat Lebaran.

 

  1. Pelaut

Menjadi pelaut memang suatu hal yang menantang dan membuat berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang sangat jarang terjadi. Tak heran jika banyak pelaut yang harus merayakan Idul Fitri jauh dari keluarga di atas kapal di tengah lautan. Mereka tidak ada kesempatan untuk pulang sewaktu-waktu, bahkan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Nah itu dia beberapa pekerjaan yang tidak mengenal libur pada saat Idul Fitri. Makanya, kalian yang masih bisa kumpul keluarga saat Idul Fitri ini jangan berhenti bersyukur, ya. Nikmati tiap momen bersama keluarga kalian selama merayakan hari istimewa ini karena gak semua orang seberuntung kalian.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Profesi Pekerjaan yang Tidak Mengenal Libur pada Saat Idul Fitri
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =