Memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ikatan dinas adalah keputusan bijak yang banyak diambil oleh pelajar. Perguruan tinggi seperti ini sering juga disebut dengan Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK. Biasanya, perguruan tinggi ini diselenggarakan oleh lembaga pemerintah baik dari kementrian mapun non kementrian. Jenis-jenis Perguruan Tinggi Kedinasan atau Perguruan Tinggi Ikatan Dinas ada banyak, termasuk institut, sekolah tinggi, dan akademi. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) memiliki banyak kelebihan, termasuk memberikan beasiswa pendidikan gratis selama masa kuliah dan apabila telah lulus mahasiswanya langsung bisa mendapatkan pekerjaan di dinas/ instansi terkait. Mereka secara otomatis bisa bekerja menjadi PNS. Alhasil, lulusan PTK biasanya tidak perlu lagi bingung untuk mencari pekerjaan setelah lulus. Kalau kamu tertarik melanjutkan kuliah di perguruan tinggi ikatan dinas atau di PTK, berikut adalah daftar 10 perguruan tinggi ikatan dinas yang memberikan beasiswa penuh pada mahasiswanya selama kuliah.

  1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta

Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta merupakan perguruan tinggi bersifat kedinasan yang berdiri di bawah naungan Departemen Hukum dan HAM. Perguruan tinggi kedinasan yang sering disebut dengan AKIP ini memiliki program pendidikan profesional Diploma III atau D3. Bidang keahilan khusus yang ditawarkan untuk mahasiswa akademi ini adalah ilmu-ilmu di bidang pemasyarakatan. Salah satu syarat untuk menjadi taruna di akademi ini adalah memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Gedung kampus akademi ini terletak di Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta Selatan.

  1. Akademi Kimia Analis Bogor

Akademi Kimia Analisis Bogor atau disebut dengan AKA Bogor ini didirikan pada tahun 1959. Departemen pemerintahan yang mendirikan akademi ini saat itu adalah Departemen Perindustrian Rakjat yang kini disebut dengan Kementrian Perindustrian. Saat itu, AKA Bogor didirikan dengan program Sarjana Muda agar dapat mencetak tenaga analis yang ahli dan dapat bekerja di Balai Penelitian Kimia. Saat ini, AKA Bogor masih terus membuka program pembelajaran untuk mereka yang tertarik pada bidang analisis. Kampus akademi ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda no. 7, Bogor.

  1. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta

Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) berstatus sebagai perguruan tinggi yang dimiliki oleh pemerintah. APP bernaung di bawah pengelolaan Kementerian Perindustrian. Gedung kampus APP belokasi di Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kuliah di APP akan membuat mahasiswanya memiliki ilmu yang memenuhi standar kompetensi kerja di dunia industri dan juga perusahaan. Lulusan APP sudah tersebar sebagai pegawai BUMN, Pegawai Negeri Sipil, dan sebagainya.

  1. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas Bumi

Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) ini sering disingkat sebagai STEM Akamigas. STEM Akamigas bernaung di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Proses pembelajaran di STEM Akamigas ini dilakukan oleh Kementrian Ristek dan Dikti. Untuk teknis operasional, semua dilakukan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kalau kamu tertarik kuliah di sini, kamu harus siap-siap pindah ke Cepu, Jawa Tengah, karena di sinilah lokasi kuliah untuk STEM Akamigas ini terletak. Kawasan ini sejatinya dekat dengan kawasan rig dan pengeboran minyak.

  1. Politeknik Keuangan Negara STAN

Buat kalian yang tertarik ingin mendalami bidang keuangan dan pas lulus nanti bisa langsung kerja di Badan Keuangan Negara, STAN adalah tempat yang harus kalian tuju. Di sekolah tinggi ini, kalian bisa mempelajari banyak hal termasuk akuntansi, pajak, kebendaharan negara, dan lain sebagainya.

  1. Akademi Militer Republik Indonesia

Sekolah tinggi kedinasan AKMIL adalah sekolah tinggi yang mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Kalau kalian memiliki cita-cita menjadi anggota TNI Angkatan Darat, maka akademi inilah yang harus kalian coba. Sejarah berdirinya AKMIL bermula dari didirikannya Militaire Academie (MA) di Yogyakarta. Saat itu, 31 Oktober 1945, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo memerintahkan anak buahnya untuk membentuk akademi kepelatihan bagi calon TNI agar lebih siap menghadapi serangan dari penjajah mapun sekutunya.

  1. Akademi Kepolisian Republik Indonesia

Sekolah tinggi kedinasan ini lebih akrab di telinga dengan nama Akpol. Pusat pendidikan Akpol ada di Semarang, Jawa Tengah. Untuk kalian yang memiliki cita-cita menjadi polisi dan melindungi serta mengayomi masyarakat, Akpol adalah akademi yang cocok untuk klaian coba. Setelah lulus dari Akpol, kalian bisa menjadi perwira polisi yang bisa langsung ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatolgi, dan Geofisika

Sekolah tinggi yang sering disebut dengan STMG ini mempelajari hal-hal yang terkait dengan cuaca dan klimatologi di Indonesia. Setelah lulus dari STMG, biasanya lulusannya bisa bekerja di BMKG atau Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia. Mereka akan melaksanakan tugas pemerintahan di bidang-bidang seperti meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan juga di bidang geofisika. Tugas mereka gak cuma bikin ramalan cuaca aja lho. Tapi juga seputar meningkatkan sistem peringatan dini saat gempa bumi dan tsunami. Kampus STMG ada di Jalan Perhubungan I No 5, Komplek Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Perguruan tinggi ikatan dinas yang satu ini didirikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. Jika kalian melanjutkan pendidikan di sini, setelah lulus kalian bisa diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan bekerja di BPS. Alamat gedung STIS ada di Jl. Otto Iskandar Dinata no 64C Jakarta.

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN memang memiliki stigma cukup negatif di masyarakat gara-gara terkenal memiliki kasusu tindak kekerasan antar praja di lingkungan kampusnya. Namun, institut yang berdiri di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri ini memang cukup menjanjikan karena lulusannya otomatis jadi PNS di Kemendagri.

Nah demikian daftar perguruan tinggi ikatan dinas yang biasanya menyediakan pendidikan gratis bagi tarunanya atau mahasiswanya. Kalau kamu kepengen habis lulus kuliah gak usah pusing cari kerja, sepertinya daftar di perguruan tinggi ikatan dinas bisa menjadi pilihan kamu.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang Memberikan Beasiswa Penuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + twenty =