Jika ditanya soal pekerjaan yang paling bikin stress, setiap orang pasti punya jawabannya sendiri-sendiri. Secara, apapun pekerjaan yang kita lakukan sekarang ini, pasti memiliki tantangan tersendiri dan terkadang kalau gak mampu menghadapi tantangan, kita bisa stress sendiri. Namun, jika ditilik dari banyak sisi, ada beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat tekanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis pekerjaan lain. Alhasil, para pekerjanya lebih mudah mengalami stress. Biasanya, pekerjaan-pekerjaan ini adalah jenis pekerjaan yang kental dengan tenggat waktu (deadline), dipenuhi tanggung jawab besar, memiliki resiko fisik, dan bahkan mengancam nyawa.  Menurut situs CareerCast yang setiap tahunnya mengeluarkan daftar pekerjaan yang paling bikin stress, di tahun 2017 ini, ada lebih banyak jenis pekerjaan yang akan membuat pelakonya lebih mudah stress. Berikut adalah daftar 10 pekerjaan yang paling bikin stress menurut situs CareerCast tersebut.

  1. Tentara

Bekerja sebagai tentara tentunya adalah sebuah kehormatan. Tentara memiliki tugas sebagai garis depan pembela negara. Kesatuan-kesatuan tentara di berbagai negara, termasuk Indonesia, memiliki banyak tantangan bagi anggotanya. Mau itu angkatan laut, darat, atau udara, semua pekerjaannya akan memiliki resiko yang tinggi. Resiko-resiko ini termasuk resiko fisik dan mental. Pekerjaan di kesatuan militer rawan dengan tantangan dan tugas yang membahayakan fisik diri sendiri ataupun orang lain di kesatuannya. Namun, terlepas dari hal itu, pada dasarnya memiliki pekerjaan di bidang ini lebih kepada pengabdian kepada negara dibandingkan dengan mencari materi semata.

  1. Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran masuk dalam daftar pekerjaan yang paling bikin stress karena memiliki tugas untuk menyelamatkan nyawa dan harta benda orang lain di tengah-tengah api yang berkobar bukanlah sesuatu yang mudah sama sekali. So, kalau kamu pengen jadi pemadam kebakaran, tebalkan dulu nyalimu. Pekerjaan ini bukan pekerjaan untuk orang yang nyalinya ciut! Kehilangan nyawa saat bertugas adalah hal yang biasa terjadi di kesatuan pemadam kebakaran. Pekerjaan ini juga membuat stress karena tak jarang para pemadam kebakaran harus berkutat dengan waktu dan dilema saat menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalam kobaran api.

  1. Pilot

Menjadi pilot bukan hanya soal ketrampilan mengoperasikan pesawat terbang, namun juga soal tanggung jawab moral yang besar. Bisa dibayangkan, seorang pilot adalah kunci keselamatan ratusan orang yang ada di dalam pesawar. Tekanan ini sering membuat pilot, apalagi yang belum berpengalaman banyak, stress. Pilot harus secara seksama mengecek semua hal pada pesawat termasuk kelayakan mesin, level bahan bakar, dan lain sebagainya. Pada dasarnya seorang pilot harus memikul tekanan untuk bisa menerbangkan ratusan penumpang dan awak pesawat dengan selamat sampai tempat tujuan dan menghindarkan mereka dari malapetaka. Bisa dibayangkan, kan, betapa besar tekanan yang harus dirasakan seorang pilot?

  1. Polisi

Meski banyak orang tidak suka dengan polisi karena beranggapan mereka hanya makan gaji buta dan tidak bekerja, namun anggapan ini tidak semuanya benar. Polisi memiliki resiko tinggi saat harus mengamankan orang-orang dari penjahat, melakukan pengrebegan, dan bahkan saat melakukan kejar-kejaran dengan penjahat. Tidak semua petugas polisi memiliki mental sekuat baja, ada juga beberapa dari mereka yang tetap memiliki rasa takut tersendiri saat menjalankan tugas. Alhasil, pekerjaan sebagai polisi ini dinilai sebagai salah satu pekerjaan yang paling bikin stress.

  1. Koordinator Acara

Bekerja di sebuah event organizer sebagai koordinator acara adalah hal yang benar-benar lekat dengan stress. Klien yang sudah membayar jasa event organizer tentunya punya harapan besar dan keinginan-keinginan tertentu agar acaranya bisa sukses. Merencanakan acara yang bagus dan tak terlupakan, ditambah sesuai dengan keinginan klien, adalah hal yang sama sekali tidak mudah. Orang-orang mengharapkan kesempurnaan dari seorang event organizer. Satu kesalahan kecil saja bisa membuat acara kacau dan mereka harus menghadapi klien yang marah dan tamu-tamu yang kecewa. Bisa dibayangkan seperti apa tekanannya. Inilah mengapa orang-orang yang mampu bekerja sebagai koordinasi acara hanyalah mereka yang benar-benar memiliki mental baja.

  1. Wartawan

Baik wartawan media cetak mapun elektronik akrab dengan yang namanya deadline atau tenggang waktu. Bekerja dengan tenggat waktu yang biasanya sangat ketat membuat banyak peliput berita stress. Apalagi, saat ini banyak wartawan yang statusnya belum karyawan tetap alias hanya kontrak, atau bahkan freelance. Jika mereka tidak berhasil meliput berita berbobot sebelum deadline, pasti mereka akan menghadapi banyak resiko, termasuk pemecatan atau tidak diperpanjang kontraknya.

|| Baca : 10 Alasan Penyebab Lamaran Kerja Kamu Ditolak

  1. Eksekutif dan Direksi Perusahaan

Bagi para karyawan, pasti banyak yang berpikir “Apa sih kerjaanya para bos-bos besar, kok enak banget cuma meeting-meeting aja tapi gajinya gede?!”. Eh jangan salah, pekerjaan sebagai eksekutif dan jajaran direksi perusahaan ternyata adalah salah satu pekerjaan yang paling bikin stress. Menjalankan perusahaan agar tetap stabil dan untung adalah sesuatu yang tidak mudah sama sekali. Meski gaji mereka tinggi, mereka dituntut untuk memiliki tanggung jawab besar terhadap perusahaan, termasuk menjaga stabilitas perusahaan agar tidak merugi. Sanggup?

  1. Humas (Public Relations)

Bekerja sebagai humas atau PR tidak bisa dibilang ringan. Area pekerjaan ini adalah di area publik dan pekerjaan ini menuntut pelakunya untuk bernegosiasi dengan orang banyak. Ditambah lagi, pekerjaan ini juga ditambah dengan tenggat waktu sehingga sangat berpotensi menyebabkan stress. Kalau kamu gak menguasai public speaking, atau bahkan masih nervous saat harus presentasi di depan kelas saat kuliah, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang kamu banget. Humas adalah pekerjaan yang paling bikin stress bagi orang-orang yang malas bertemu dengan orang lain.

  1. Sopir Taksi dan Kendaraan Umum

Bagaimana rasanya berada di jalanan macet terus-terusan selama berjam-jam? Belum lagi jika penumpang di belakang marah-marah minta diantar sampai ke tujuan dengan cepat? Terbayang sudah stress-nya. Inilah yang membuat supir taksi dan kendaraan umum lainnya dikategorikan sebagai salah satu pekerjaan yang paling bikin stress. Berputar-putar di jalanan perkotaan menghadapi kemacetan dan cuaca buruk bukanlah hal yang menyenangkan.

  1. Reporter

Pekerjaan terakhir dalam daftar pekerjaan yang paling bikin stress  ini adalah pekerjaan sebagai reporter. Tak beda jauh dengan wartawan, reporter (biasanya untuk media elektronik) juga dikejar tenggat waktu dan tekanan yang tinggi. Bisa dibayangkan jika reporter melakukan liputan live dan melakukan kesalahan di depan kamera. Kesalahannya bisa ditonton oleh jutaan orang saat itu juga. Mereka juga harus menghadapi tuntutan hukum apabila memberitakan sesuatu yang dianggap tidak benar.

Itu dia daftar 10 pekerjaan yang paling bikin stress. Apa nanti setelah lulus kuliah kalian ingin memiliki pekerjaan seperti yang ada di daftar? Kalau ya, persiapkan mental baik-baik dan mulai saat ini jangan takut menghadapi tantangan. Saat kalian memulai karir di bagian pekerjaan yang paling bikin stress seperti di atas, kalian harus mau gak mau berkawan dengan yang namanya stress dan tekanan dari pekerjaan. Good luck!

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Pekerjaan yang Paling Bikin Stress Tahun 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − nine =