Ada banyak jurusan kuliah paling aneh yang bisa kita temui di kampus-kampus mancanegara. Kalau jurusan-jurusan ini ada di Indonesia, mungkin peminatnya gak bakal banyak juga. Secara, di Indonesia jurusan-jurusan yang populer gak jauh-jauh dari jurusan ekonomi, akuntansi, bahasa, hukum, kedokteran, atau teknik. Kalau di luar negeri, orang kuliah bukan semata-mata untuk mendapatkan gelar lalu bisa dipakai untuk cari kerja. Mereka juga memikirkan passion atau ketertarikan mereka untuk mendalami sesuatu yang sangat mereka minati. Nah, banyak loh orang yang memiliki minat pada sesuatu yang tak biasa, alhasil jurusan-jurusan kuliah paling aneh inilah yang justru menarik minat mereka. Yuk simak satu-satu!

1. Jurusan Mitologi Harry Potter

Buat para penggemar si penyihir berkacamata bulat, jurusan yang satu ini pasti menjadi jurusan impian deh. Yap, jurusan kuliah paling aneh ini ada di University of California, Los Angeles. Di sana para penggemar Harry Potter bisa menghabiskan empat tahun masa kuliah dengan mendalami ilmu terkait mitologi-mitologi di buku dan film Harry Potter. Selain itu, mereka juga bisa menulis tugas akhir yang terkait dengan Harry Potter. Penasaran deh ya habis lulus terus mau kerja di mana? Di Hogwarts? Atau di Ministry of Magic?

2. Jurusan Musik Populer The Beatles

Gak cuma penggemar Harry Potter aja yang bisa kuliah dengan mempelajari apa yang mereka idolakan. Penggemar band legendaris asal Inggris, The Beatles, juga akan mendapatkan kesempatan yang sama. Ada jurusan Musik Populer The Beatles yang ditawarkan oleh Liverpool Hope University. Sebagai tanah kelahiran The Beatles, Liverpool memang dipenuhi oleh orang-orang yang menaruh respek tinggi pada band yang beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr ini. Di jurusan kuliah paling aneh ini, kalian bisa mempelajari tentang sejarah The Beatles, peran the Beatles pada industri musik, dan lain sebagainya. Saat lulus, pemegang gelar sarjana musik populer The Beatles ini bisa mengejar karir sebagai ahli musik populer atau sebagau sejarawan The Beatles.

3. Jurusan Theme Park Engineering

Jurusan ini ada di California State University. Di jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang teknik mengelola taman hiburan alias theme park. Para sarjana lulusan dari jurusan kuliah paling aneh ini diharapkan untuk dapat menciptakan dan mengelola theme park yang aman dan menyenangkan untuk pengunjung. Salah satu mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini adalah mata kuliah soal keamanan roller coaster. Jadi kamu jangan khawatir deh kalau kamu datang ke theme park yang dikelola oleh sarjana theme park engineering. Mereka udah tau kok gimana caranya bikin roller coaster yang aman dan gak bakal terbang kemana-mana kayak di film “Final Destination 3”.

4. Jurusan Komik

Mungkin komik dipelajari juga oleh anak-anak DKV, tapi itu kebanyakan soal cara menggambar komiknya. Nah, kalau di Minneapolis College of Art dan Design, jurusan komik yang mereka tawarkan benar-benar all out. Mulai dari mengonsep komik, menciptakan alur cerita, menciptakan karakter komik, dan lain sebagainya. Beberapa contoh mata kuliah yang mereka akan pelajari di jurusan ini adalah tentang sejarah komik, publishing pada komik, dan lain sebagainya. Peluang kerja lulusan jurusan komik cukup terbuka lebar lho kalau di luar negeri. Mereka bisa kerja di studio-studio komik sebagai kartunis, ilustrator, atau pengarang cerita buku komik.

5. Jurusan Managemen dan Teknologi Industri Bowling

Karena bowling adalah sesuatu yang sangat diminati di Amerika Serikat, maka gak heran kalau jurusan kuliah pun ada yang berhubungan dengan bowling. Vincennes University di Indiana, Amerika Serikat menawarkan jurusan managemen dan teknologi industri bowling pada calon-calon sarjana yang ingin memiliki area bowling milik mereka sendiri nantinya. Di jurusan kuliah paling aneh ini, mata kuliah yang akan mereka pelajari berkaitan dengan managemen pengelolaan tempat bowling dan juga tentang sales dan marketing tempat bowling. Saat lulus, mereka akan memiliki cukup banyak peluang kerja di tempat-tempat bowling dan juga di pabrik-pabrik pembuatan bola dan bowling pin.

6. Jurusan Pengasuhan Anak

Di luar negeri, pengasuhan anak tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Makanya, sampai ada lho jurusan pengasuhan anak yang memberikan gelar sarjana pada lulusannya. Kalau di Indonesia, gak semua pengasuh anak atau baby sitter memiliki ijin. Kalau di luar negeri, kebanyakan sudah berijin dan bahkan memiliki gelar sarjana pengasuhan anak. Alhasil, orang tua yang menitipkan anaknya pada baby sitter yang seperti ini pasti akan lebih tenang. Jurusan pengasuhan anak ini ada di beberapa universitas di Amerika Serikat. Salah satunya ada di Sullivan University, Kentucky.

7. Jurusan Seksualitas

Baby Boomers Female and Male Sexuality

Seksualitas adalah topik yang sangat menarik bagi sebagian orang. Inilah yang kemudian mendorong Ohio State University alias Universitas Negeri Ohio untuk menciptakan jurusan yang secara khusus mempelajari tentang seksualitas. Di jurusan kuliah paling aneh ini, mahasiswanya akan mempelajari ilmu seksualitas pada manusia dan pada hewan. Topik-topik terkait dengan seksualitas seperti LGBT juga akan dipelajari. Setelah lulus, orang-orang dengan gelar sarjana seksualitas bisa bekerja di tempat-tempat seperti rumah sakit, komisi HAM, komisi perlindungan wanita, atau di tempat-tempat yang terkait dengan perlindungan hak kaum LGBT.

8. Jurusan Ilmu dan Teknologi Selancar

Kalau di Indonesia, kegiatan berselancar sih digunakan untuk sekedar bersenang-senang. Kalau di luar negeri, banyak orang yang benar-benar menggandrungi kegiatan berselancar mengalahkan ombak sehingga mereka pun niat belajar lebih jauh tentang olahraga berselancar. Kegiatan berselancar atau surfing memang adalah salah satu olahraga terpopuler di dunia. Alhasil, peminat jurusan ilmu dan teknologi selancar yang dibuka di Cornwall College di Inggris ini pun membludak. Di jurusan ini, mahasiswanya akan diajari bagaimana menjadi peselancar yang tangguh, gak cuma secara teknis saja tapi juga secara ilmu pengetahuannya.

9. Jurusan Ilmu Kamar Mayat

Yap, kalian gak salah baca kok. Memang ini judulnya jurusan ilmu kamar mayat alias mortuary science. Buat kalian yang emang gak pernah takut sama apapun, termasuk dengan jenasah, kayaknya salah satu jurusan kuliah paling aneh ini cocok deh buat kalian. Di jurusan ini, mahasiswanya mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan tentang jenasah. Mulai dari soal anatomi, teknik pembalseman, hingga tata cara pengurusan jenasah. Di luar negeri, funeral home atau rumah duka banyak banget jumlahnya karena memang gak umum di sana kalau jenasah dibawa ke rumah dulu sebelum dimakamkan. Alhasil, lulusan-lulusan dari jurusan ini bisa memiliki prospek besar saat bekerja di rumah-rumah duka atau di kamar-kamar mayat rumah sakit.

10. Jurusan Video Game

University of Central Florida mungkin adalah salah satu universitas di mana para penggemar video game akan ngantri untuk daftar. Yap, hal ini dikarenakan di universitas ini ada jurusan video game. Kuliah bisa jadi sesuatu yang jauh banget tuh dari kata boring. Secara, apa yang dipelajari selama kuliah gak jauh-jauh dari permainan video game. Di jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari banyak hal terkait dengan penciptaan video game, menciptakan desain, alur permainan, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia tadi 10 jurusan kuliah paling aneh yang bisa kalian temui di kampus-kampus luar negeri. Kalau di Indonesia sih jurusan kuliah masih yang itu-itu saja yang penting nanti saat lulus cepat dapat kerja. Kalau kalian pilih yang mana, nih? Kuliahnya nyenengin tapi soal cari kerja dipikir belakangan, atau kuliah boring gak apa-apa yang penting begitu lulus langsung kerja? It’s your choice!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

10 Jurusan Kuliah Paling Aneh yang “Mungkin” Gak Bakal Pernah Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eight =