Melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan sesuai tuntutan sunnah Rasul SAW tentunya akan menambah berkah di bulan yang penuh pahala ini. Ada banyak amal perbuatan yang bisa kita lakukan di bulan suci ini dan bisa mendatangkan pahala yang berkali-kali lipat. Kamu gak mau ya menyia-nyiakan kesempatan di bulan Ramadhan ini untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Ingat, umur kita gak ada yang tau. Belum tentu kan tahun depan kita bisa ketemu lagi dengan bulan Ramadhan,?

Nah, mumpung kita masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini, jalankanlah sunnah-sunnah yang dicontohkan oleh Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW demi mengejad pahala yang besar. Sang Nabi telah banyak memberikan contoh tentang amalan sunnah-sunnah yang kita dapat lakukan di bulan penuh berkah ini agar bisa mendapatkan pahala. Sudah tahukah kalian apa saja amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan sesuai tuntutan sunnah Rasul SAW? Berikut ini adalah daftar amalan ibadah di bulan Ramadhan:

Memperbanyak Sedekah

Bersedekah adalah hal yang wajib dilakukan, meski bukan dalam bulan Ramadhan. Namun, pada saat bulan Ramadhan, pahala yang kita dapatkan dari bersedekah akan berlipat ganda. Salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW pada saat bulan Ramadhan adalah memperbanyak sedekah. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA, jika kita mau menyedekahkan sebagian harta yang kita miliki, hal ini akan dianggap suatu hal yang sangat mulia. Rizki yang akan kamu terima saat bersedekah di bulan Ramadhan akan berlipat-lipat jumlahnya. Namun, saat bersedekah, sedekah kamu harus disertai dengan niat yang ikhlas dan tulus agar kamu tetap menerima pahala yang berlipat ganda.

Memperbanyak I’tikaf

Memperbanyak i’tikaf adalah salah satu amalan yang dianjurkan di bulan suci Ramadhan. Dengan beri’tikaf atau berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT, kita bisa lebih memperbanyak doa, ibadah, dan keimanan kita di bulan Ramadhan ini. Tentunya, i’tikaf juga akan menghindarkan kita dari perkara maksiat sehungga semua aktifitas yang kita kerjakan di bulan suci Ramadhan ini tidak akan berahir dengan sia-sia. Anjuran untuk beri’tikaf di bulan Ramadhan ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang sebelumnya telah diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

Shalat Tarawih Berjamaah

Berdasarkan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA, sholat tarawih berjamaah adalah salah satu ibadah sunnah yang akan menambah pundi-pundi pahala bagi yang melakukanya. Maka, jangan malas pergi ke masjid untuk melakukan shalat tarawih berjamaah, ya, karena pahala yang akan kamu dapatkan akan lebih berlipat ganda.

Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat berharga dan bahkan  lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar ini biasanya adalah 10 malam yang terakhir di bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil. Di malam-malam seperti ini, pahala yang kita dapatkan akan lebih besar jika kita mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat bagi iman kita seperti mengerjakan sholat malam, melakukan I’tikaf, dan memperbanyak do’a. Melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan lainnya juga akan menambah pahala di malam-malam seperti ini.

Baca : Spot Buka Puasa Gratis di Jakarta

Membaca Al-Qur’an

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada saat bulan Ramadhan adalah melakukan tadarus Al Qur’an. Kegiatan ini sangatlah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Pahala yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an saat bulan Ramadhan juga akan berlipat ganda. Oleh karena itu, banyak-banyaklah membaca bacaan Al Quran di bulan suci ini karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penuh berkah dan sangat mulia. Dengan membaca Al-Qur’an untuk mengisi waktu luang di saat bulan Ramadhan, ketaqwaan dan keimanan kita juga akan banyak bertambah.

Melaksanakan Ibadah Umroh

Bagi yang memiliki rejeki lebih, melaksanakan ibadah Umroh sebaiknya dilakukan di bulan suci Ramadhan ini. Ibadah Umroh saat Ramadhan merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW. Pahala yang didapatkan saat bisa melakukan ibadah Umroh di bulan Ramadhan akan sama dengan pahala yang didapatkan saat melakukan ibadah haji.

Memperbanyak Istighfar Pada Malam Akhir Ramadhan

Salah satu amalan ibadah di bulan Ramadhan yang juga dirasa sangat penting adalah meminta pengampuanan pada malam akhir Ramadhan. Allah SWT akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hambaNya di masa-masa tersebut.  Jika kamu meminta pengampunanNya dengan sungguh-sungguh dan tulus hati, maka kamu akan mendapatkan ampunan atas dosa-dosamu.  Hal ini sudah tertulis dalam hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar.

Bertaubat

Sama seperti point di atas, Allah SWT selalu membukakan pintu ampunan selebar-lebarnya bagi seluruh hambaNya selama bulan Ramadhan ini. Maka dari itu, di bulan Ramadhan ini ada kesempatan emas untuk kita jika mau bertaubat dan kembali ke fitrah kita. Di saat-saat inilah kita berkesempatan besar untuk hijrah dan juga menata kembali hidup kita yang sebelumnya kacau karena dosa-dosa yang kita perbuat di masa lalu.

Berdakwah

Kebanyakan orang di bulan Ramadhan kondisi ruhiyahnya sedang baik. Alhasil, mereka siap menerima nasihat. Karenanya, kita akan memiliki kesempatan berdakwah yang luas. Berdakwah di bulan Ramadhan banyak pahalanya karena Rasulullah SAW bersabda barangsiapa menunjuki kebaikan, baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun.

Beberapa amalan ibadah di bulan Ramadhan di atas bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan. Namun, Rasulullah SAW menganjurkan agar seluruh umat muslim dapat menjalankan amalan-amalan yang disebutkan di atas tadi. Ingat, mengamalkan hal-hal di atas tadi bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menyempurnakan pahala dan memperkokoh keimanan kita.

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost

9 Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Sunnah Rasul SAW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =